DetikNews
Jumat 03 Juni 2016, 08:57 WIB

Diprotes Angkot, Bus Sekolah Gratis di Bandung Tetap Beroperasi Dikawal Polisi

Avitia Nurmatari - detikNews
Diprotes Angkot, Bus Sekolah Gratis di Bandung Tetap Beroperasi Dikawal Polisi Foto: Avitia Nurmatari
Bandung -

Pemkot Bandung tak gentar. Meski menuai protes dari sopir angkot, hari ini Bus Sekolah tetap beroperasi. Namun demi keamanan, bus dikawal oleh polisi.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Didi Ruswandi kepada detikcom melalui telepon, Jumat (4/6/2016).

"Bus tetap beroperasi sesuai dengan instruksi Pak Wali Kota. Namun untuk menghindari gesekan dengan angkot, bus dikawal kepolisian," kata Didi.

Didi menyayangkan sikap sopir angkot yang menilai Bus Sekolah gratis adalah saingan mereka. Dari penilaian Didi, pelajar yang naik bus sekolah itu bukan berasal dari pelajar yang menggunakan angkot.

"Yang naik bus itu yang asalnya diantar pakai motor. Tapi nanti akan kita tanya kepada pelajar yang naik bus. Mereka sebelumnya naik apa," ucapnya.

Didi menambahkan, setiap harinya rata-rata bus sekolah diisi sekitar 120 siswa. Baik saat berangkat maupun pulang sekolah.

"Rata-rata dengan yang naik dan turun itu 120 siswa. Kalau keliatan kosong itu karena bus baru selesai mengantar anak sekolah," terang Didi.

Bus sekolah yang diprotes sopir angkot yakni jurusan Cibiru-Asia Afrika dan Cibiru-Cibereum. Jam operasi bus berwarna kuning tersebut dibagi menjadi 3 shift. Yakni pukul 06.00 WIB, 11.00 WIB dan 17.00 WIB.

"Jadi enggak terus menerus, hanya jam anak pergi dan pulang sekolah saja. Setelah mengantar, bus kembali ke pool," tandasnya.




(avn/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed