DetikNews
Jumat 29 Januari 2016, 13:52 WIB

Arsitek Dunia Zaha Hadid Jadi Perancang Gedung Kesenian Jabar di Bandung

Avitia Nurmatari - detikNews
Arsitek Dunia Zaha Hadid  Jadi Perancang Gedung Kesenian Jabar di Bandung Foto: Avitia Nurmatari
Bandung - Perancang Gedung Kesenian Jawa Barat dipastikan akan memakai tangan dingin arsitek dunia Zaha Hadid. Hari ini, Jumat (29/1/2019) Tim Zaha Hadid sudah bertemu langsung dengan Wakil Gubernur Deddy Mizwar dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Pertemuan digelar di Bandung Command Center, Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana.

"Kedatangan tim Zaha Hadid ini untuk memastikan bahwa kita akan memakai desain dari Zaha hadid untuk gedung kesenian," ujar Deddy.

Menurut Deddy, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sudah mengusulkan Zaha Hadid sebagai perancang gedung kesenian sejak tahun lalu.

"Jadi kesediaan Zaha Hadid ini ternyata diusulkan oleh Kang ridwan sekian lama (setahun) dan hari ini terwujud. Timnya khusus datang membahas masalah desain gedung kesenian Cikutra," beber Deddy.

Apa yang dibicarakan dalam pertemuan dengan tim arsitek dunia tersebut?

"Tadi membahas fungsi-fungsi dari ruangan ruangan. Ada berapa hektar yang memungkinkan dibangun gedung kesenian dan sarana pendukung lainnya," jelasnya.

Meski begitu, mantan aktor kawakan itu belum mau membeberkan berapa total dan yang akan digelontorkan untuk membangun Gedung Kesenian tingkat internasional tersebut. Apalagi dengan menggandeng arsitek dunia harganya tentu tidak murah.

"Harga enggak jadi masalah. Kalau duitnya tenang aja," kata Deddy.

Rencananya pembangunan tersebut akan melibatkan pihak ketiga yang menjadi partner. Sehingga tidak semua pendanaan berasal dari APBD Provinsi Jabar.

"Jadi mengikutsertakan pihak ketiga yang bisa mendukung untuk operasionalnya, perawatan bangunan itu sendiri. Sharing profit dari komersial," jelasnya sambi menambahkan bisa saja bangunan komersil itu hotel atau mal.

"Pokoknya sekarang ini menegaskan kesediaan Zaha Hadid bangun concert hall di Bandung. Udah gitu aja," pungkasnya


(avn/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed