detikNews
Minggu 29 Maret 2015, 17:40 WIB

Mulai Senin Besok, Warga Kota Bandung Diimbau Tak Makan Nasi

- detikNews
Mulai Senin Besok, Warga Kota Bandung Diimbau Tak Makan Nasi Dok Detikcom
Bandung - Mulai Senin (30/3/2015) besok, setiap hari Senin warga Bandung diimbau tidak makan nasi. Hal itu dalam rangka mendukung program Satu Hari Tanpa Nasi yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Jabar.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat ditemui di Taman Film Bandung, Jalan Tamansari, Bandung, Minggu (29/3/2015).

"Ini penting untuk diumumkan. Setiap Senin warg Bandung diimbau tidak makan nasi. Jadi Pemkot Bandung ikut menyukseskan program provinsi satu hari tanpa nasi," ujar pria yang akrab disapa Emil itu.

Menurut Emil, program satu hari tanpa nasi ini dalam rangka melatih gaya hidup manusia perkotaan agar menyantap nasi secukupnya. "Satu hari tanpa nasi ini agar Indonesia tidak krisis pangan. Dari hasil riset, orang Indonesia itu 1,5 sampai 2 kali lebih banyak konsumsi nasi dibandung Malaysia dan Jepang. Intinya boros lah," ucap Emil.

Emil menjelaskan dipilihnya hari Senin tanpa nasi karena bertepatan dengan kebisaan warga muslim yang kerap puasa sunah setiap hari Senin dan Kamis.

"Tiap Senin kan suka ada yang puasa, biar sekalian saja. Bagi yang non muslim juga bisa ikut tidak makan nasi saja satu hari itu," ucap Emil.

Meskipun masih bersifat imbauan, pihaknya akan memulai kebiasaan ini mulai dari dirinya sendiri dan level PNS Kota Bandung. "Namanya imbauan mudah-mudahan bisa diikuti. Kita mulai dulu di level PNS dan pelajar yang bisa dikontrol. Nanti malem saya ngetwit juga untuk pemberitahuan," jelasnya.

Orang nomor satu di Bandung tersebut juga memberikan alternatif agar bisa satu hari tanpa makan nasi. Apa saja contohnya? "Misalnya beras singkong, atau jagung dan umbi-umbian," tutupnya.

Kebijakan serupa sudah diterapkan di Depok, Jawa Barat dan beberapa daerah lainnya. Wali Kota Nur Mahmudi Ismail mengimbau menamai programnya One Day No Rice (ODNR). Kebijakan ini mulai berlaku pada 10 Februari 2011 lalu. Sedangkan di Pekalongan, Jawa Tengah dan Tanggamus, Lampung, berlaku setahun lalu dan tahun ini.

  • Mulai Senin Besok, Warga Kota Bandung Diimbau Tak Makan Nasi
    Dok Detikcom
  • Mulai Senin Besok, Warga Kota Bandung Diimbau Tak Makan Nasi
    Dok Detikcom

(avi/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com