DetikNews
Minggu 24 Mei 2009, 10:18 WIB

Bandung Oral History

Membaca Jejak Indie Bandung Melalui Album Kompilasi

- detikNews
Membaca Jejak Indie Bandung Melalui Album Kompilasi
Bandung - Banyak hal yang bisa digali dari Kota Bandung, tidak hanya cafe factory outlet yang menjamur, Bandung pun mempunyai banyak karya-karya musik spektakuler yang terlahir dari para musisi jalur independent (indie) Bandung. Jejak mereka terekam dalam album kompilasi yang pernah ditelurkan.

Bandung adalah salah satu kota yang menjadi acuan perkembangan musik di indonesia, terutama pada jalur musik independent. Diperkiraan sejak tahun 1997 berbagai macam
jenis musik lahir di kota Bandung dengan muatan ideologi dan semangat indie atau mandiri.

Karena itulah, muncul ide yang dicetuskan oleh kelompok belajar sejarah Bandung Oral History untuk mengulas dinamika scene musik indie Bandung melalui Pameran Kompilasi Komunitas Musik Independent Bandung, di Common Room, Jalan Kiai Gede Utama, Sabtu (23\/5\/2009).

Menurut Kimung, eks basist band Burger Kill dan kini aktif di Bandung Oral History, salah satu yang penting dalam album kompilasi adalah membuat album kompilasi kembali,

\\\"Dengan demikian dapat memicu para musisi di Bandung yang lainnya untuk medokumentasikan karya mereka melalui album kompilasi,\\\" jelas Kimung di sela perbincangan dengan detikbandung di Common Room.

Ditambahkan Kimung, Pameran Kompilasi Komunitas Musik Independent Bandung adalah satu bentuk penyebaran informasi dan ilmu pengetahuan. Riset yang dikembangkan mencoba merekonstruksi semangat para musisi-musisi pada zaman saat kompilasi itu dibuat.

Ditemui di Common Room, Idhar sebagai pelaksana Bandung oral history menyebutkan, pendokumentasian album kompilasi musik indie dalam kurun waktu 11 tahun ini diharapkan bisa menginformasikan kepada masyarakat bahwa selama kurun waktu tersebut terdapat banyak hal yang terjadi menyangkut peralihan teknologi, nilai sosial, pengembangan jaringan sosial, dan ekspresi budaya yang dikembangkan.

\\\"Diharapkan dari acara ini kita bisa menginspirasi anak-anak muda, bisa lebih mengenal sejarah musik indie dan sadar pentingnya pendokumentasian,\\\" kata Idhar.



Ayo ngobrol seputar Kota Bandung di Forum Bandung.<\/strong><\/em><\/a>



(ahy/ahy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed