DetikNews
Rabu 21 Maret 2018, 09:46 WIB

Permudah Sumbangan, Gereja dan Masjid Inggris Pakai Cara Baru

BBC Magazine - detikNews
Permudah Sumbangan, Gereja dan Masjid Inggris Pakai Cara Baru
London -

Pengelola gereja di Inggris menawarkan cara baru donasi yang lebih nyaman, dengan menerima sumbangan melalui Apple Pay dan Google Pay.

Dengan metode ini, jemaah yang ingin menyumbang hanya perlu menyebutkan jumlah, petugas akan mengetik jumlah tersebut pada mesin kecil dan kemudian jemaat tinggal menempelkan kartu atau telepon genggam pintar pada mesin itu.

Model yang biasa disebut contactless payment ini mudah, cepat, dan sangat nyaman.

Church of England, organisasi resmi yang mewadahi gereja Anglikan, mengatakan lebih dari 16.000 gereja di Inggris akan menawarkan metode pembayaran ini.

Pengurus Church of England mengatakan selain untuk memberi kemudahan, pemanfaatan teknologi ini juga untuk mengakomodasi jemaat yang sering kali tidak membawa uang kontan saat hadir di gereja.

Keputusan ini diambil setelah 40 gereja melakukan uji coba pembayaran instan dengan kartu bank dan telepon genggam pintar pada pertengahan lalu.

Untuk sementara, donasi dengan kartu bank atau ponsel pintar ini ditawarkan ketika gereja menggelar acara pernikahan, pembaptisan, dan acara-acara lain.

Meski sudah mengadopsi teknologi baru, penarikan sumbangan cara lama dengan mengedarkan piring atau tas ke jemaah untuk menerima uang tak dihapus sama sekali.

Cara tradisional ini masih akan dipertahankan.

Makin populer

John Preston, pengurus Church of England, mengatakan pihaknya ingin semua orang, dari beragam generasi bisa dengan mudah melakukan sumbangan ke gereja.

"Dengan memanfatkan teknologi (contactless) ini, sumbangan (ke gereja) bisa dilakukan dengan mudah dengan menggunakan kartu bank," kata Preston.

Sebelumnya, sejumlah masjid di Inggris telah memanfaatkan pembayaran instan melalui kartu kredit dan kartu debit.

Menurut pantauan BBC Indonesia, contactless payment antara lain tersedia di Masjid Greenwich di London tenggara dan Masjid Raya London Timur di kawasan Whitechapel.

Biasanya, beberapa petugas dengan mesin contactless payment berdiri di pintu keluar atau di tengah aula utama setelah salat Jumat.

Jemaah yang ingin menyumbang secara elektronik hanya perlu menghampiri petugas tersebut.

Bagi yang membawa uang kontan, ember dan kotak sumbangan tetap tersedia di masjid.

Teknologi baru pembayaran mengakomodasi kecenderungan perubahan perilaku masyarakat yang makin jarang membawa uang kontan.

Dan sepertinya pembayaran elektronik ini makin lama makin populer, setidaknya seperti yang terlihat di Masjid Greenwich dan Masjid Raya London Timur.




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed