Sampah yang Dibuang di Taman Nasional Thailand Akan Dikembalikan ke Pembuangnya

BBC Indonesia - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 13:52 WIB
Jakarta -

Bila Anda membuang sampah di taman nasional Thailand ini - bersiap saja - karena sampah yang Anda buang akan dikembalikan ke Anda sendiri.

Sampah yang ditinggalkan pengunjung akan dikirimkan kembali ke rumah orang yang membuang sebagai peringatan bahwa bila orang berada di alam, maka sampah yang dihasilkan perlu dibersihkan.

Pemerintah di taman nasional Khao Yai National Park, di dekat Bangkok akan mulai mengirimkan sampah ke mereka yang bertanggung jawab membuangnya, kata menteri lingkungan Thailand.

Mereka yang buang sampah sembarangan ini juga akan dilaporkan ke polisi.

Para pengunjung harus melaporkan alamat mereka, sehingga para penjaga dengan mudah akan melacak mereka bila mereka ketahuan buang sampah.

Menteri Lingkungan Varawut Silpa-archa mengunggah foto sampah - yang dikumpulkan dalam kotak dan siap dikirimkan ke mereka yang bertanggung jawab - di akun Facebooknya.

"Sampah Anda - kami kirimkan kembali ke Anda," tulisnya dalam unggahan itu dan mengingatkan orang bahwa buang sampah di taman nasional adalah pelanggaran dan dapat dihukum maksimum lima tahun penjara dan denda tinggi.

Selain botol plastik, kaleng dan bungkus makanan, kotak di unggahan Facebook itu juga berisi tulisan, "Kamu lupa barang-barang ini di Taman Nasional Khao Yai National."

Pihak taman nasional mengatakan sampah yang ditinggalkan bisa berbahaya bagi binatang yang mencoba makan.

Taman Nasional Khao Yai National membentang lebih dari 2.000 kilometer persegi dan sangat popular di Thailand bagi para pendaki.

Taman nasional ini adalah yang paling tua di Thailand dan dikenal dengan air terjun, satwa liar dan pemandangan indah.

Sudah pernah menyimak saluran YouTube BBC Indonesia? Silakan berlangganan

https://www.youtube.com/watch?v=UFSg66hbnTA&feature=youtu.be

https://www.youtube.com/watch?v=R_NXnQYSa_E&feature=youtu.be

https://www.youtube.com/watch?v=EJb082dBR1s&feature=youtu.be

(ita/ita)