Peta dan Infografis Pasien Corona di Indonesia dan Dunia

BBC World - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 16:25 WIB
Jakarta -

Virus corona baru yang pertama muncul di provinsi Hubei China kini menyebar luas ke seluruh dunia.

Jumlah kasus secara global kini hampir mencapai 1.500.000. Lebih dari 88.000 orang meninggal dunia dan lebih dari 330.000 orang telah sembuh, menurut hitungan Johns Hopkins University.

Jumlah kasus terbanyak ada di Amerika Serikat; sedangkan Italia mencatat angka kematian terbesar.

Di Indonesia, angka kasus positif Covid-19 yang dilaporkan pemerintah mencapai 3.293 orang per Kamis (9/4). Adapun jumlah orang yang pulih dari Covid-19 mencapai 252 orang dan yang meninggal dunia 280 orang.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, mengatakan pergerakan Orang Tanpa Gejala (OTG), orang yang terinfeksi virus corona namun tak menunjukkan gejala Covid-19, dipercaya sebagai penyebab utama masih tingginya angka penularan di Indonesia.

"Kita yakini banyak kasus positif Covid-19 dengan gejala minimal, yang secara subyektif dirasakan tidak ada gejala, dan berada di sekitar kita," kata Yurianto dalam keterangan pers pada Rabu (8/4)

Yurianto menambahkan, "Pemerintah memberikan kesempatan kepada pemerintah daerah untuk mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk meningkatkan efektivitas physical distancing."

Pemberlakuan PSBB dikuatkan dengan 'gerakan masker untuk semua'.

"Kita wajib pakai masker ketika berada di ruang publik, di luar rumah. Karena kita tidak pernah tahu bahwa orang yang di sekitar kita apakah menderita Covid-19 tanpa gejala atau yang kita sebut OTG," tegas Yurianto.

Virus corona menyebabkan penyakit yang disebut Covid-19. Penyakit infeksi pernafasan ini dimulai dengan demam dan batuk kering dan setelah sekitar satu minggu, dapat menyebabkan sesak napas.

Secara global, virus ini telah menginfeksi orang di lebih dari 200 negara.

BBC Indonesia merangkum data perkembangan di Indonesia berdasarkan keterangan Kementerian Kesehatan.

Jumlah kasus virus corona di Indonesia. Dari 2.956 pasien: 222 pasien sembuh dan 240 meninggal dunia. .

Berdasarkan data terkini, virus corona telah menyebar ke 32 provinsi di Indonesia. Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Dalam data 69 orang pasien awal yang dirawat karena positif virus corona di Indonesia hingga 13 Maret 2020, lebih dari separuhnya berusia lebih dari 40 tahun.

Namun Kementerian Kesehatan tidak membeberkan usia dan jenis kelamin pasien tambahan yang dikonfirmasi sebagai pasien positif virus corona baru setelah tanggal 13 Maret 2020.

Sebaran pasien virus corona menurut usia di Indonesia. . .

Benarkah laki-laki lebih rentan terjangkit virus corona seperti analisa para pakar kesehatan?

Di Indonesia lebih dari separuh pasien (data hingga 13 Maret 2020) berjenis kelamin laki-laki.

Pasien virus corona menurut jenis kelamin. . .

Berikut ini gambaran perkembangan kasus Covid-19 di dunia termasuk Indonesia.

Click here to see the BBC interactive

Data infografis ini diperbaharui sesuai perkembangan yang terjadi.

(ita/ita)