DetikNews
Rabu 22 Agustus 2018, 12:16 WIB

2 Kambing Keluyuran, Jalur Kereta Bawah Tanah New York Terganggu

BBC Magazine - detikNews
2 Kambing Keluyuran, Jalur Kereta Bawah Tanah New York Terganggu Dua ekor kambing ini keluyuran di jalur kereta bawah tanah (Metropolitan Transportation Authority)
New York -

Ketika di Indonesia, puluhan ribu kambing disiapkan untuk dipotong pada Hari Raya Kurban, dua ekor kambing New York malah keluyuran di tempat berbahaya, membuat sebuah jalur rel kereta bawah tanah terganggu di jam-jam sibuk.

Bagi banyak warga New York, perjalanan Senin pagi dengan kereta bawah tanah adalah pengalaman yang akan mereka hindari dengan senang hati.

Tapi tampaknya tidak ada yang memberitahukan hal ini kepada para kambing kota itu.

Dua dari herbivora itu santai saja keluyuran di jalur rel kereta bawah tanah di Brooklyn, hingga sempat mengganggu perjalanan subway jalur N sejak Senin pagi itu.

Pasangan itu kemudian diselamatkan dengan bantuan komedian AS Jon Stewart dan istrinya Tracey, yang kemudian mengangkut mereka ke tempat penampungan hewan di dekatnya.

Jon Stewart, mantan pembawa acara terkenal The Daily Show, sudah lama menjadi aktivis kesejahteraan hewan. Dia dan istrinya adalah pendukung tempat penampungan hewan Farm Sanctuary di New York tempat yang kemudian menampung kambing-kambing nakal itu, dan sebelumnya pernah mengadopsi kuda yang mengalami perlakuan buruk dan seekor banteng yang kabur dari rumah jagal.

Mereka juga membuka tempat penampungan sendiri di peternakan mereka di New Jersey pada tahun 2015.

Otoritas Transportasi Metropolitan (MTA), yang mengelola kereta bawah tanah New York, mengatakan telah memanggil polisi dan petugas penanganan hewan untuk menangani dua ekor kambing, yang terlihat di jalur rel antara stasiun Fort Hamilton dan New Utrecht.

"Kami dilapori bahwa mereka mengunyah rumput-rumput di sana," kata Jon Weinstein, juru bicara MTA.

Staf kereta dan polisi berhasil mengangkut dua hewan pelarian berbulu putih dan cokelat itu ke jalur aman; kemudian hewan-hewan itu dibius dan dibawa pada sekitar pukul 13:00 waktu setempat (23:00 WIB), kata MTA.

Akun media sosial kereta bawah tanah New York City melihat sisi lucu dan bercuit bahwa kambing-kambing itu adalah "Dua bocah yang sangat bengaaaaal", dan memasang foto mereka.

https://twitter.com/NYCTSubway/status/1031564998529699840

Para pengguna media sosial juga ramai mengunggah komentar-komentar mereka.

https://twitter.com/Ali_Warshavsky/status/1031568810673938434

https://twitter.com/VelvetSparrow/status/1031568174729158657

https://twitter.com/that_darn/status/1031726637203767297

Video yang beredar di media-media sosial menunjukkan Jon Stewart sedang melakukan penyelamatan kambing itu, lalu membantu hewan-hewan itu masuk ke dalam truk.

https://twitter.com/NY1/status/1031703651260276736

Tidak jelas bagaimana kambing-kambing itu bisa tiba di jalur rel itu, meskipun di sekitar daerah itu terdapat sejumlah rumah jagal, dan kasus hewan kabur dari sana juga sudah sering terjadi.

Kedua kambing itu berasal dari jenis yang diternakkan untuk diambil dagingnya, kata Meredith Turner-Smith dari Farm Sanctuary.

Jika dua ekor kambing jantan itu benar-benar adalah para pemberani yang sukses melakukan pelarian, tampaknya mereka dapat berharap untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah bersama hewan ternak lainnya yang diselamatkan di tempat penampungan.

Kini mereka bahkan sudah diberi nama oleh pengurus penampungan yang akan menjadi rumah baru mereka. Nama kedua kambing mujur itu adalah Billy dan Willy.

Mungkin kisah mereka akan menjadi inspirasi bagi para kambing lain di masa depan.




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed