DetikNews
Kamis 08 Februari 2018, 14:31 WIB

Ginjal Wanita India Dicuri Suaminya Sebagai Pengganti Mas Kawin

BBC World - detikNews
Ginjal Wanita India Dicuri Suaminya Sebagai Pengganti Mas Kawin Korban menuduh suaminya telah mengangkat ginjalnya tanpa sepengetahuan dirinya. (Getty Images)
New Delhi - Seorang suami dan kakak ipar dari seorang perempuan India ditangkap setelah sang istri melapor ke polisi, menuduh mereka mencuri salah satuginjalnya sebagai pengganti mas kawin yang tak dibayarkan

Media setempat melaporkan bahwa suami dari perempuan asal Bengal Barat itu dituduh berkomplot dengan dokter seakan melakukan operasi usus buntu saat istrinya menderita sakit perut dua tahun yang lalu.

Pada akhir tahun 2017, dua pemeriksaan medis berbeda menunjukkan bahwa ia ternyata telah kehilangan salah satu ginjalnya.

Sang isteri mengatakan, suaminya sering menuntut mas kawin yang tak dibayarkan.

Dalam tradisi lama India, pihak perempuan harus membayar dowi atau mas kawin kepada pihak mempelai pria. Tradisi ini telah dilarang di India sejak tahun 1961, namun masih banyak dilakukan secara diam-diam.

Berbicara kepada media India, korban yang bernama Rita Sarkar itu mengatakan bahwa selama bertahun-tahun ia menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga terkait persoalan mas kawin.

Suatu hari, saat menderita sakit perut, "suami saya membawa saya ke sebuah panti jompo di Kolkata, lalu ia dan staf medis mengatakan bahwa saya mengalami radang usus buntu, dan perlu operasi, dan akan baik-baik saja setelahnya," tulis media Hindustan Times mengutipnya.

"Suami saya memperingatkan saya agar tidak mengungkapkan operasi yang dilakukan di Kolkata itu kepada siapapun."

Beberapa bulan kemudian, ia merasa tidak sehat dan dibawa ke dokter oleh kerabatnya. Hasil pemindaian mengungkapkan bahwa ginjal kanannya sudah tak ada, katanya. Lalu dilakukan pemeriksaan medis kedua untuk memastikan diagnosisnya.

"Saya kemudian mengerti mengapa suami saya meminta saya untuk tutup mulut tentang operasi itu," tuturnya pada Hindustan Times.

"Ia menjual ginjal saya karena keluarga saya tidak dapat memenuhi permintaannya untuk mas kawin (saat menikah dulu)."

Surat kabar The Telegraph India mengutip polisi Udayshankar Ghosh yang mengatakan: "Kasus itu disidik berdasarkan pidana tentang transplantasi organ dan jaringan tubuh manusia."




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed