DetikNews
Selasa 11 Juli 2017, 10:59 WIB

Satu Tahun Kudeta Gagal, Menteri Turki Dilarang Masuk ke Austria

BBC World - detikNews
Satu Tahun Kudeta Gagal, Menteri Turki Dilarang Masuk ke Austria Nihat Zeybekci semula dijadwalkan menghadiri peringatan percobaan kudeta yang digelar di Austria. (Getty Images)
Jakarta - OtoritasAustria melarang masuk Menteri Ekonomi Turki,NihatZeybekci, yang sedianya hendak menghadiri acara peringatan satu tahun kudeta di Turki yang gagal.

Alasan larangan itu, sebagaimana disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar negeri Austria, kehadiran menteri ekonomi Turki dalam acara tersebut akan membahayakan "ketertiban dan keamanan umum".

"Saya dapat mengukuhkan bahwa Menteri Luar Negeri Sebastian Kurz sebenarnya telah melarang masuk menteri ekonomi Turki," kata Thomas Schnoll dalam wawanfara dengan radio ORF.

Namun demikian, ditambahkannya bahwa Zeybekci boleh masuk ke Austria dalam kunjungan bilateral.

Sejauh ini pemerintah Turki belum memberikan komentar tentang keputusan Austria.

Hubungan kedua negara selama ini sudah tegang karena Austria mengecam tindakan Turki dalam menangani upaya perebutan yang gagal pada 15 Juli 2016.

Erdogan Presiden Recep Tayyip Erdogan mendapat kritikan karena tindakannya menyusul kudeta militer yang gagal pada Juli lalu. (Reuters)

Lebih dari 50.000 telah ditangkap dan 140.000 diberhentikan atau diskors selama diberlakukan keadaan darurat sejak peristiwa itu.

Austria mendukung pembekuan perundingan Turki untuk masuk menjadi anggota Uni Eropa dan menjadi salah satu negara yang menyampaikan protes atas tindakan keras yang ditempuh pemerintah Turki menyusul upaya kudeta.

Austria juga melarang Presiden Recep Tayyip Erdogan berkampanye untuk referendum di hadapan komunitas Turki yang tinggal di Austria dengan alasan hal itu dapat memperparah perpecahan antara kubu pendukung Erdogan dan rakyat Turki dari etnik Kurdi.

Sejumlah negara Eropa juga mengambil tindakan terhadap rapat-rapat umum propemerintah Turki. Jumat lalu (07/07) Belanda mengatakan bahwa Wakil Perdana Menteri Tugrul Turkes dilarang menghadiri acara di kalangan komunitas Turki di negara itu.

Acara tersebut digelar untuk memperingati percobaan kudeta.


(ita/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed