DetikNews
Selasa 17 Juli 2018, 18:01 WIB

Dokter Australia di Insiden Thailand Akan Diberi Penghargaan Resmi

Australia Plus ABC - detikNews
Dokter Australia di Insiden Thailand Akan Diberi Penghargaan Resmi
Canberra -

Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull, mengatakan, dokter dan penyelam Australia yang terlibat dalam penyelamatan luar biasa di gua Thailand akan diberi penghargaan dalam waktu dekat.

Pensiunan dokter hewan asal Perth, Craig Challen, dan ahli anestesi asal Adelaide, Dr Richard Harris, dipanggil oleh pihak berwenang untuk membantu menyelamatkan 12 anak sekolah dan pelatih sepak bola mereka, yang terjebak hingga 18 hari dalam gua di Thailand utara.

PM Turnbull memuji upaya mereka dan mengindikasikan bahwa pengakuan formal untuk pasangan itu sedang dipertimbangkan.

"Itu adalah salah satu aksi kepahlawanan, profesionalisme, disiplin, kerja tim yang paling luar biasa," kata PM Turnbull kepada stasiun radio Melbourne 3AW.

"Itu adalah contoh bagi kita semua, sebuah tim yang dibawa dari seluruh dunia, menunjukkan apa yang bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki itikad baik dan disiplin serta keberanian ketika mereka bekerja bersama."

PM Turnbull memiliki pujian ekstra untuk Dr Harris, yang memiliki peran memberikan status medis yang jelas untuk setiap evakuasi dan pemberian anestesi kepada bocah laki-laki yang diselamatkan tersebut.

Anak-anak Wild Boars dan pelatih mereka dijadwalkan keluar dari rumah sakit akhir pekan ini.
Anak-anak Wild Boars dan pelatih mereka dijadwalkan keluar dari rumah sakit akhir pekan ini. (AP: Chiang Rai Prachanukroh Hospital)

Ia adalah orang terakhir yang keluar dari gua.

"Ia adalah salah satu contoh terbesar dari setiap nilai Australia yang kami pegang teguh," kata Turnbull.

Para penyelam Australia diberi kekebalan diplomatik menjelang misi berisiko itu, jika ada yang salah selama penyelamatan

Anak-anak lelaki, yang berusia antara 11 dan 16 tahun, tersebut tetap di rumah sakit setelah tragedi mengerikan itu dan telah memberi penghormatan kepada Angkatan Laut Thailand yang meninggal selama operasi penyelamatan.

Dr Challen dan Dr Harris berencana untuk berangkat melakukan perjalanan melintasi Dataran Nullarbor, di perbatasan Australia Barat dan Australia Selatan, ketika mereka mendapat telepon dari Pemerintah Thailand.

Hanya beberapa jam setelah misi penyelamatan selesai, berita tentang kepergian ayah Dr Harris mencuat padahal ia masih berada di dalam gua.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed