DetikNews
Rabu 18 Juli 2018, 14:13 WIB

Dua Kelompok Media Besar Australia Setuju Berbagi Percetakan

Australia Plus ABC - detikNews
Dua Kelompok Media Besar Australia Setuju Berbagi Percetakan
Queensland -

Dua kelompok media terbesar di Australia, Fairfax Media dan News Corporation Australia mencapai kesepakatan untuk berbagi percetakan guna menghemat biaya di tengah persaingan media yang semakin ketat di era digital sekarang ini.

Kedua kelompok ini sebelumnya mendominasi media cetak di Australia dengan masing-masing memiliki surat kabar di banyak negara bagian.

Dahulu mereka masing-masing memiliki percetakan di setiap negara bagian, namun sekarang memutuskan untuk bekerja sama sehingga beberapa percetakan akan ditutup.

Pengumuman yang bersejarah ini setelah sebelumnya terjadi PHK besar-besaran di kedua kelompok tersebut akan berakibat penutupan percetakan milik Fairfax di Beresfield NSW dan di Ormiston di Queensland akan ditutup.

Dalam pernyataan kepada bursa saham Australia ASX, Direktur Eksekutif Fairfax Media Greg Hywood mengatakan berbagi percetakan ini akan menghemat dana $ 15 juta (sekitar Rp 150 miliar) bagi perusahaannya di paruh kedua tahun keuangan 2019.

"Berbagi percetakan ini akan membuat produksi surat kabar lebih efisien bagi kedua kelompok penerbit. Ini adalah inisiatif bersejarah." kata Hywood.

"Ini menunjukkan pendekatan rasional bagi masalah kompleks yang dihadapi industri ini." katanya.

Surat kabar dan media tradisional lain menghadapi masalah berkurangnya pendapatan dari iklan maupun penjualan koran dengan semakin meningkatnya kelompok bisnis digital seperti Google, Facebook dan Amazon.

Baik Fairfax Media and News Corp sudah menghentikan ribuan karyawan untuk merampingkan usaha mereka di tengah berubahnya pola baca.

Meski sudah ada kesepakatan berbagi percetakan, Hywood mengatakan persetujuan itu tidak mengubah distribusi surat kabar terbitan Fairfax Media namun ini 'memungkinkan kami menerbitkan surat kabar seterusnya."

Baru-baru ini ketika ditanya apakah surat kabar masih akan terus diproduksi di negara-negara bagian, Hywood mengatakan edisi harian The Age (di Melbourne) dan The Sydney Morning Herald (Sydney) akan tetap dicetak sepanjang masih menguntungkan.

Direktur Eksekutif News Corp Australasia Michael Miller mengatakan persetujuan dengan Fairfax menunjukkan adanya rasa percaya diri akan koran yang dicetak.

"Sebagai penerbit, kami sangat percaya dengan terus pentingnya peran surat kabar." katanya.

"Dengan kerangka berpikir seperti ini, kami terus mencari cara yang paling efektif dan efisien untuk memproduksi koran."

Dalam perjanjian ini, News Corp akan menyediakan percetakan bagi Fairfax di NSW and Queensland, sementara Fairfax akan mencetak produk News Corp dari percetakan North Richmond di NSW.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed