DetikNews
Senin 21 Mei 2018, 13:17 WIB

Serangan Seksual Meningkat di Gold Coast

Australia Plus ABC - detikNews
Serangan Seksual Meningkat di Gold Coast
Gold Coast -

Pelecehan seksual di Gold Coast, Australia mengalami peningkatan tajam setahun terakhir. Separuh serangan justru terjadi di tempat bernama Safe Night Precincts di Surfers Paradise dan Broadbeach.

Lonjakan serangan seksual menjadi perhatian Kepala Kepolisian Gold Coast, Asisten Komisaris Brian Codd, yang mendesak wanita sebaiknya berkelompok dan tidak bepergian sendirian saat keluar pada malam hari.

Menurut dia, ada 198 pemerkosaan dan percobaan perkosaan di Gold Coast tahun ini, dibandingkan dengan 157 kasus pada periode yang sama tahun lalu.

Dari jumlah tersebut, sekitar setengah kasus terjadi di kawasan Safe Night Precincts - area yang justru dimaksudkan untuk mengurangi kekerasan terkait minuman keras.

"Kami coba memahami apa yang sedang kami hadapi," kata Asisten Komisaris Codd.

Dia mengatakan jika melihat data yang ada terungkap bahwa kasus kekerasan seksual di tempat-tempat clubbing meningkat sekitar 40 persen.

"Bisa saya katakan bahwa kita tidak berurusan dengan para 'penguntit malam', yaitu seorang pria yang secara acak keluar malam dan mencari sasaran di rumah para korbannya," katanya.

"Semakin banyak kita lihat wanita yang rentan, mungkin sebagian mabuk, menjadi sasaran dari orang-orang yang menyerang mereka secara seksual," tambahnya.

Apa yang bisa dilakukan?

Asisten Komisaris Codd mendesak para wanita untuk tetap kelompok ketika mereka keluar pada malam hari.

Surfers Paradise on the Gold Coast from above Kepolisian Gold Coast menyarankan jika wanita bepergian di malam hari sebaiknya tidak sendirian. (ABC Gold Coast: Damien Larkins)

"Jelas kami ingin menemukan para pelaku. Tapi yang kami lebih suka yaitu melihat tidak ada lagi yang diserang," katanya.

"Wanita punya hak untuk keluar dengan bebas dan aman. Tapi kita semua bisa mengambil langkah yang membuat pelaku lebih sulit melakukan aksinya. Saya minta masyarakat memperhatikan hal itu, seperti misalnya tetap berkelompok," papar Codd.

Dia mengatakan polisi bekerja sama dengan pengelola pub dan klub dalam mencegah serangan lebih lanjut.

"Kami juga akan berbicara dengan beberapa tempat keramaian yang juga mendukung," katanya.

"Mereka tidak mau hal ini terjadi di tempat mereka dan mereka akan bermitra dengan kami untuk mencegahnya. Jika pun hal ini terjadi, mereka siap membantu kami menangkap pelaku," ujar Asisten Komisaris Codd.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di ABC Australia.




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed