DetikNews
Kamis 17 Mei 2018, 08:01 WIB

Otoritas Queensland Selidiki Foto Pria dengan Bangkai Buaya 4 Meter

Australia Plus ABC - detikNews
Otoritas Queensland Selidiki Foto Pria dengan Bangkai Buaya 4 Meter
Queensland -

Departemen Lingkungan sedang menyelidiki kematian akibat penembakan terhadap buaya berukuran 4,3 meter di Queensland utara setelah foto itu diunggah di media sosial.

Foto itu, yang sejak saat itu telah dihapus, menunjukkan seorang lelaki berdiri di samping bangkai seekor buaya berukuran besar di tepian Sungai Johnstone Selatan di sebuah peternakan di Wangan, selatan Cairns.

Pria itu diyakini tidak terkait dengan kematian buaya itu.

Seorang juru bicara Departemen Lingkungan dan Sains Queensland (DES) mengatakan buaya itu ditembak bulan lalu dan polisi dipanggil untuk memulihkan bangkainya.

Buaya adalah spesies yang dilindungi di Queensland, di mana membunuh buaya secara ilegal di negara bagian ini bisa diancam hukuman maksimal $ 28.383 atau sekitar Rp300 juta.

Awal tahun ini petani Errol Copley, 69 tahun, didenda $500 atau Rp5 juta di sebuah pengadilan jauh di utara Queensland setelah dia menjebak buaya berukuran tiga meter di propertinya di Deeral, selatan Cairns.

Buaya itu telah tenggelam, dan bangkainya ditemukan melekat pada perangkap oleh petugas Patroli dan Perikanan Queensland pada 18 Januari.

DES menyiapkan kamera pengintai di daerah itu, yang menangkap Copley mengeluarkan bangkai itu dari jebakan.

Polisi sejak itu mengajukan banding atas hukuman yang dikenakan pengadilan, dengan alasan denda $500 bagi Copley tanpa dicatatkan jejak kejahatannya tidak akan membuat petani itu jera untuk membunuh buaya.

The Katter's Australian Party (KAP) telah memperkenalkan rancangan undang-undang untuk membentuk otoritas buaya Queensland baru yang berwenang untuk memusnahkan buaya.

Sebuah komite parlemen akan melaporkan RUU itu pada akhir September nanti.

Anggota parlemen Queensland dari KAP, Shane Knuth, yang pemilihnya mencakup wilayah itu, mengatakan warga menjadi muak dengan "ledakan" populasi buaya dan mengambil tindakan sendiri untuk menangani satwa itu.

"RUU itu dirancang untuk mengendalikan kembali saluran air kita dari ancaman buaya, terutama di Queensland utara," katanya.

DES meminta informasi tentang pembunuhan buaya terbaru untuk menghubungi mereka di 1300 130 372.

Pada bulan April, Pemerintah Queensland mengatakan pemusnahan bagi seluruh permasalahan terkait buaya bukanlah solusi dan akan memberi publik rasa aman yang keliru.

Pemerintah Negara Bagian melakukan survei selama tiga tahun untuk mendata populasi buaya di Queensland utara.

Sejauh ini, lebih dari 1.200 kilometer saluran air telah disurvei sejak proyek ini dimulai pada tahun 2017.

Pemerintah mengatakan data dari survei akan dirilis ketika program pemantauan telah selesai dan hasilnya telah dianalisis dengan benar.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed