DetikNews
Selasa 20 Maret 2018, 05:35 WIB

Kereta Tanpa Masinis Diujicobakan di Sydney

Australia Plus ABC - detikNews
Kereta Tanpa Masinis Diujicobakan di Sydney
Sydney -

Dari luar, mereka terlihat sangat mirip dengan kereta lainnya, tapi jika Anda mengintip di jendela, ada perbedaan besar kereta ini memiliki sedikit kursi dan tidak ada masinis.

Poin utama:

Kereta Metro yang baru di Sydney sedang diujicobakan di wilayah Rouse Hill

Mereka memiliki kursi lebih sedikit, tapi memiliki jauh lebih banyak ruang untuk berdiri daripada kereta lain yang bertingkat dua

Kereta tanpa masinis ini akan berjalan setiap empat menit selama periode puncak

Pada tahun depan, kereta tanpa masinis yang baru di Sydney akan mengangkut puluhan ribu penumpang di jalur Metro Northwest antara wilayah Rouse Hill dan Chatswood.

Tiga kereta pertama diujicobakan di jalur di wilayah Rouse Hill, dan pada hari Senin (19/3/2018) diresmikan oleh Pemerintah New South Wales.

Menteri Utama, Gladys Berejiklian- memeriksa kereta baru tersebut pada Senin (19/3/2018) pagi dan mengatakan bahwa sangat menggembirakan untuk melihat bagaimana proyek ini berjalan.

"Untuk benar-benar memiliki kesempatan untuk menikmati kereta masa depan ini, untuk melihat apa yang akan dialami pelanggan pada jalur kereta api yang baru sebenarnya sangat menggembirakan, karena kami belum pernah memiliki layanan seperti ini sebelumnya di Australia," kata Berejiklian.

Kereta metro yang baru akan berjalan setiap empat menit di masa-masa puncak, sebelum jalur tersebut akhirnya diperpanjang di bawah area Pelabuhan hingga ke pusat kota dan, akhirnya, hingga ke Bankstown di tahun 2024.

Kursi kurang tapi ruang berdiri lebih banyak

Kereta baja karbon dan stainless steel ini memiliki panjang 132 meter dan memiliki berat 240 ton.

Di dalam kereta berlantai tunggal ini, ada lebih sedikit kursi dan ruang berdiri yang jauh lebih banyak daripada kereta berlantai ganda yang biasa dijumpai di Sydney.

Ini berarti beberapa penumpang mungkin perlu berdiri selama 40 menit untuk perjalanan dari Rouse Hill ke Chatswood.

Uji coba ini dilakukan di wilayah Rouse Hill.
Uji coba ini dilakukan di wilayah Rouse Hill.

Supplied: NSW Government

Menteri Utama mempertahankan keputusan untuk memiliki kursi yang lebih sedikit, dengan alasan kapasitasnya meningkat dan akan mengurangi waktu perjalanan dengan membuatnya lebih cepat bagi orang untuk naik dan turun di setiap stasiun.

"Ada cukup kursi untuk semua orang yang membutuhkannya," kata Berejiklian.

"Beberapa orang akan menempuh perjalanan hingga tujuan akhir tapi yang lainnya akan naik turun selama perjalanan."

Sementara itu, ribuan komuter yang menggunakan kereta bertingkat dua yang ada dari wilayah Macquarie Park ke Chatswood bersiap untuk penutupan jalur hingga tujuh bulan akhir tahun ini, untuk memungkinkan konversi jalur mengatasi metro baru ini.

Berejiklian mengatakan ketidaknyamanan ini akan sangat terbayar nantinya.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.




(nkn/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed