DetikNews
Sabtu 24 Februari 2018, 05:40 WIB

Polisi New South Wales, Australia Bakar Ganja Sitaan Senilai Rp 125 M

Australia Plus ABC - detikNews
Polisi New South Wales, Australia Bakar Ganja Sitaan Senilai Rp 125 M
Jakarta -

Ganja sitaan senilai $ 12,5 juta (atau setara Rp 125 miliar) telah dibakar sebagai bagian dari operasi polisi di pantai utara negara bagian New South Wales (NSW), Australia.

Sejak November, program pemberantasan ganja Kepolisian NSW telah menangkap lebih dari 6.000 tanaman ganja yang ditemukan di lahan semak lebat yang mengelilingi distrik Tweed, Richmond dan Coffs Clarence.

Inspektur Detektif Peter McErlain mengatakan bahwa pengawasan udara telah menjadi taktik utama dalam menemukan banyak perkebunan ganja tersembunyi.

"Kami bekerja sangat erat dengan cabang penerbangan pendukung, dan PolAir adalah alat yang hebat untuk kami," katanya.

"Itu bisa membawa kami ke padang semak yang sangat padat yang biasanya tidak bisa kami masuki, dan ini memainkan peran yang sangat penting."

Ganja sitaan senilai jutaan dolar tersebut pada hari Jumat (23/2/2018) dikirim ke tempat pemotongan kayu yang dirahasiakan di sebelah barat Bellingen, di mana tanaman besar itu dipotong dan dimasukkan ke sabuk pengaman, kemudian dikirim langsung ke dalam incinerator (alat pembakar).

Satu-satunya tanda yang tersisa sesudahnya adalah segumpal besar asap ganja yang menggumpal di langit.

Keuntungan sebagian besar untukdanai kejahatan terorganisir

Inspektur McErlain mengatakan bahwa kualitas dan ukuran tanaman ganja yang disita "jauh lebih besar dan lebih sehat" dibandingkan dengan daerah lain di negara bagian itu, terutama karena iklim di daerah tersebut.

Ia mengatakan, sejumlah besar uang dari hasil panen langsung ditujukan ke kejahatan terorganisir.

Inspektur McErlain mengatakan, meski ada upaya terus-menerus dari polisi untuk menghentikan penanaman ganja ilegal, selalu ada persediaan konstan dari para pelaku untuk menggantikan mereka yang tertangkap.

Ketika ditanya mengapa begitu banyak sumber daya digunakan untuk melawan ganja dibandingkan dengan narkoba lain yang lebih keras, McErlain benar-benar menjawab tegas.

"Ganja, ada banyak perdebatan tentang ganja dan penggunaan ganja," sebutnya.

"Tapi pada akhirnya, ini adalah obat terlarang di bawah undang-undang NSW, dan kami akan menegakkan undang-undang tersebut."

Dari bulan Maret, akan ada tambahan sumber daya yang dimasukkan, dengan Skuad Penegakkan Kawasan yang baru dibentuk bekerja di seluruh pantai utara untuk memutus jaringan distribusi obat-obatan terlarang, termasuk ganja dan sabu.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.




(jor/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed