DetikNews
Sabtu 24 Februari 2018, 05:08 WIB

Dugaan Pelecehan Seksual Wakil PM Australia Tersebar, Pelapor Kesal

Australia Plus ABC - detikNews
Dugaan Pelecehan Seksual Wakil PM Australia Tersebar, Pelapor Kesal
Jakarta -

Perempuan Australia Barat (WA) yang mengajukan gugatan pelecehan seksual terhadap Wakil Perdana Menteri Australia, Barnaby Joyce, marah karena kekhawatirannya itu dipublikasikan tak sesuai keinginannya.

Poin utama:

Barnaby Joyce mencari nasehat hukum setelah adanya tuduhan pelecehan seksual. Juru bicara Joyce mengatakan tuduhan itu "palsu dan memfitnah"

Perempuan di belakang tuduhan itu memiliki profil tinggi di Australia Barat. Juru bicara Joyce mengatakan, "klaim" dari perempuan WA itu "palsu dan memfitnah".

Pada hari Jumat (23/2/2018), Joyce membenarkan bahwa ia telah meminta hal tersebut untuk dirujuk ke polisi. "Saya telah meminta hak orang yang mengajukan tuduhan itu dan saya telah meminta hak saya untuk membela yang akan dirujuk ke polisi," sebutnya.

Joyce menolak untuk membahas tuduhan tersebut lebih lanjut. Dari informasi yang dihimpun, laporan, yang dibuat oleh seorang perempuan Australia Barat, itu "serius" dan berkaitan dengan dugaan pelecehan seksual.

Pengacara yang bertindak untuk perempuan tersebut mengatakan bahwa ia marah karena keluhannya telah dipublikasikan. Perempuan lain yang sadar akan kasus ini juga sangat marah karena, saat ini, kasus tersebut berada di arena publik.

Informasi yang beredar mengungkap, perempuan, yang memiliki profil tinggi di WA, tersebut memilih untuk menyampaikan kekhawatirannya secara langsung kepada Partai Nasional dan siap untuk membela klaimnya.

Setidaknya satu anggota Parlemen dari Partai Nasional menghubungi presiden federal partai tersebut, yakni Larry Anthony, pada minggu ini untuk menanyakan apakah partai tersebut memiliki proses yang memadai untuk mempertimbangkan dugaan sebelumnya dan masa depan dari perilaku yang tidak pantas itu, jika muncul kembali.

ABC menghubungi Anthony untuk memverifikasi proses internal partai tersebut, dan untuk menanyakan apakah ada masalah lain yang diajukan mengenai Barnaby Joyce.

Anthony mengatakan bahwa ia "tidak memiliki komentar lebih lanjut".

Larry Anthony ditanya apakah Partai Nasional telah memperhitungkan upaya untuk mengatasi tuduhan di masa depan.
Larry Anthony ditanya apakah Partai Nasional telah memperhitungkan upaya untuk mengatasi tuduhan di masa depan.

ABC News: Simon Beardell

Joyce Cari Nasehat Hukum

Barnaby Joyce mendapat tekanan yang meningkat setelah partainya memastikan telah menerima tuduhan pelecehan seksual tersebut. Joyce telah mengatakan kepada media lain bahwa ia mencari nasihat hukum.

Ia sudah di bawah tekanan untuk mengundurkan diri setelah publikasi sebuah cerita yang mengonfirmasi bahwa ia berselingkuh dengan stafnya, Vikki Campion, dan mereka sekarang sedang menantikan seorang bayi laki-laki.

Pelaksana Perdana Menteri Australia, Mathias Cormann, mengatakan, hal yang tidak pantas mengomentari tuduhan pelecehan seksual terhadap Joyce. "Tuduhan pelecehan seksual apapun sangatlah serius," kata Senator Cormann.

"Barnaby Joyce telah membantah tuduhan tersebut, namun penyelidikan itu diselidiki. Dan mengingat hasil penyelidikan tersebut, tentu saja, langkah-langkah yang tepat akan menyusul."

Pada hari Kamis (22/2/2018), anggota Parlemen Partai Nasional, Andrew Broad, menjadi anggota Parlemen pertama dari partai itu yang meminta Joyce untuk mengundurkan diri.

Fraksi Partai Nasional akan bertemu pada hari Senin (26/2/2018), namun pada tahap ini hanya mencakup anggota DPR karena sidang anggaran Senat akan terus berlanjut.

Beberapa politisi Partai Nasional telah mengatakan secara pribadi bahwa mereka frustrasi dengan kerusakan yang telah dilakukan Joyce kepada partainya.

Saat memimpin delegasi besar ke Amerika Serikat, PM Turnbull ditanya dua kali mengenai apakah ia masih mendukung Joyce dan mengatakan kepada wartawan bahwa hal itu tak bergantung padanya.

"Barnaby Joyce adalah pemimpin Partai Nasional Australia, sebagai pemimpin Partai Nasional Australia di sebuah Pemerintahan Koalisi, ia adalah Wakil Perdana Menteri saya," ujarnya.

Anggota Parlemen dari Partai Nasional, Andrew Board, meminta Barnaby Joyce untuk mengundurkan diri secara publik.
Anggota Parlemen dari Partai Nasional, Andrew Board, meminta Barnaby Joyce untuk mengundurkan diri secara publik.

ABC News: Nick Haggarty

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.




(jor/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed