DetikNews
Rabu 21 Februari 2018, 07:11 WIB

Partai Nasional Australia Barat Tarik Dukungan terhadap Barnaby Joyce

Australia Plus ABC - detikNews
Partai Nasional Australia Barat Tarik Dukungan terhadap Barnaby Joyce
Sydney -

Ketua Partai Nasional Australia Barat (WA), Mia Davies, mengatakan Barnaby Joyce telah kehilangan dukungan dari partainya di Australia Barat (WA) karena 'kerusakan yang terus berlanjut' yang dia ciptakan terhadap partai tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, Mia Davies mendesak Barnaby Joyce untuk mengundurkan diri sebagai pemimpin, dengan mengatakan bahwa dia telah menghubungi Joyce untuk memberitahukan keputusan dari cabang partainya tersebut.

"Tindakan Joyce telah menyebabkan rasa sakit bagi keluarganya, tapi kerusakan yang terus berlanjut yang telah diciptakan Joyce terhadap organisasi Partai Nasional-lah yang menjadi keprihatinan terbesar saya sebagai Pemimpin Partai Nasional di Australia Barat (WA)," kata Mia Davies.

"Para tokoh Partai Nasional di seluruh wilayah Australia Barat telah menderita sebagai akibat dari tindakan Joyce dan dia telah menjadi gangguan di tingkat federal dan negara bagian."

Barnaby Joyce
Skandal seputar kehidupan pribadi Barnaby Joyce telah menghancurkan kharisma dan otoritasnya.

Barnaby Joyce, yang sebagai pemimpin Partai Nasional menduduki peran sebagai Wakil Perdana Menteri, sedang mengambil cuti selama sepekan untuk menyelesaikan krisis pribadi yang berasal dari kegagalan pernikahannya dan calon bayi bersama mantan penasihat medianya, Vicky Campion.

Mia Davies menegaskan Barnaby Joyce harus mundur sebagai pemimpin Partai Nasional, karena posisinya sekarang tidak dapat dipertahankan.

"Rekan-rekan parlemen saya dan saya telah mendesak Barnaby Joyce untuk mempertimbangkan posisinya sebagai pemimpin demi kepentingan partai di tingkat federal maupun di tingkat cabang negara bagian," bunyi pernyataan tersebut.

"Ini adalah pandangan Partai Nasional Parlementer di Australia Barat bahwa posisi Joyce sebagai pemimpin federal tidak dapat dipertahankan lagi."

"Saya mengenal Barnaby Joyce berkat pelayanannya selama bertahun-tahun dan mengakui hasil kerjanya yang didedikasikan untuk masyarakat Australia di kawasan regional."
Barnaby balik menyerang.

Sebagai tanggapan atas pernyataan itu, Barnaby Joyce menyampaikan pesan singkat kepada Mia Davies, yang mempertanyakan komitmen cabang Australia Barat kepada Partai Nasional ditingkat federal.

Barnaby Joyce dalam sidang dengar pendapat
Barnaby Joyce telah membalas dengan keras kritik dari Partai Nasional Australia Barat (WA).

ABC News: Jed Cooper

"Saya mengakui kekhawatiran Anda, namun seharusnya pernyataan itu juga menyatakan bahwa Anda tidak memiliki anggota parlemen federal di Partai Nasional Australia, anggota terakhir Anda menghabiskan waktu mereka hampir secara eksklusif sebagai seorang independen dan hanya sekali atau dua kali menghadiri pertemuan internal Partai Nasional di parlemen federal," tulis Joyce.

"Saya juga mencatat, Anda tidak berada dalam sebuah Koalisi di Australia Barat (WA) dan para simpatisan Partai Nasional di WA membanggakan diri mereka pada sikap independensi mereka yang kuat."

"Oleh karena itu saya merasa heran sekali bahwa sebuah isu federal memiliki begitu banyak momentum di Australia Barat ketika orang-orang di kawasan timur di Partai Nasional memiliki pandangan mayoritas yang berbeda - dan jujur saya katakan, mereka jauh lebih pantas menyampaikan pendapatnya."

Partai Nasional di Australia Barat memang berafiliasi dengan Partai Nasional Australia namun memiliki struktur tersendiri.

Klaim 'mayoritas' Partai Nasional dukung Joyce

Senator Partai Nasional Matt Canavan, yang memberi Vikki Campion pekerjaan di kantornya setelah dipindahkan dari kantor Barnaby Joyce, membela posisi pemimpinnya.

"Saya pikir kepentingan Partai Nasional dan regional Australia masih dilayani oleh Barnaby yang bertahan di sana untuk memperjuangkan kawasan regional," katanya.

"Ini penilaian saya, sebagian besar kolega saya ingin melihat Barnaby bertahan dan ingin melihat dia memperjuangkan kawasan regional Australia."

Senator Canavan juga membela keputusannya memberi Vikki Campion sebuah pekerjaan di kantornya, dengan mengatakan bahwa dia tidak mengetahui hubungan Barnaby Joyce dengannya saat itu.

Dia mengatakan, "Vikki Campion" bekerja untuk saya untuk pekerjaan tertentu yang kami butuhkan. Dia memiliki kualifikasi untuk peran tersebut. "

Video Player failed to load.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.


(rna/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed