DetikNews
Rabu 21 Februari 2018, 03:50 WIB

Perusahaan Queensland Akan Produksi Rover Mars untuk NASA

Australia Plus ABC - detikNews
Perusahaan Queensland Akan Produksi Rover Mars untuk NASA
Jakarta -

Sebuah perusahaan yang berbasis di Gold Coast, Queensland, dapat membantu NASA mengekstrak air di Mars, setelah sukses meraih kesepakatan dengan badan antariksa Amerika Serikat ini yang diyakini sebagai pencapaian pertama yang diperoleh perusahaan Australia.

NASA akan membantu Gilmour Space Technologies untuk mengembangkan dan membangun rover atau kendaraan eksplorasi ruang angkasa di Planet Mars untuk mengambil air dari planet merah tersebut.

Perusahaan yang berbasis di Pimpama, Queensland, itu mengatakan bahwa mereka menjadi perusahaan swasta pertama di Australia yang menandatangani Perjanjian Antariksa dengan NASA.

Rover NASA

Keingintahuan Kendaraan penjelajah ruang angkasa Rover milik NASA telah banyak mengajari kami, namun para ilmuwan mengatakan masih ada lagi yang akan datang.

"Ini adalah sesuatu yang cukup menarik ... untuk memiliki kesepakatan dengan NASA merupakan tonggak sejarah yang signifikan," kata pendiri perusahaan James Gilmour.

"Maaf, tapi ini langkah kecil bagi tujuan perusahaan kami."

Perusahaan ini telah menciptakan sebuah prototip dalam kemitraan dengan mahasiswa di Singapura, di mana perusahaan tersebut juga memiliki sebuah basis.

"Intinya, ini adalah rover [kendaraan penjelajah ruang angkasa] dengan maksud mengekstrak hidrogen dari Regolith, yang merupakan istilah keren untuk tanah di Mars untuk mengekstrak air," kata Gilmour.

"Menurut saya, ini adalah kunci fundamental dan kunci untuk mempertahankan dan bertahan hidup, tanpa air, sangat sulit bagi kita untuk mempertahankan periode keterlibatan jangka panjang, kita melihat ini sebagai kunci utama."

Mars
Rover dirancang untuk mengambil air dari planet ini.

NASA

"Jadi ini proyek yang cukup seru."

Rencana pembuatan robot ini menarik perhatian badan antariksa Amerika tersebut setelah perusahaan Australia itu memenangi hadiah utama pada kompetisi 'Merancang untuk Masa Depan' di AS.

Sekarang, Gilmour Space Technologies ingin melibatkan mahasiswa Australia untuk menciptakan rover sesungguhnya.

"Kami sudah melakukan prototipe awal, tapi kami bukan ahli," katanya.

"Kami akan meminta bantuan dan kami ingin melibatkan UNSW di Sydney untuk membantu dalam beberapa hal mengenai desain dan pengembangan."

Setelah dibangun, rover itu akan diuji di NASA Space Center di Florida, Amerika Serikat yang memiliki lingkungan Mars tiruan.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.




(ams/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed