DetikNews
Senin 19 Februari 2018, 09:53 WIB

Pemerintah Malaysia Dicemooh Soal Iklan Tahun Baru Imlek

Australia Plus ABC - detikNews
Pemerintah Malaysia Dicemooh Soal Iklan Tahun Baru Imlek
Kuala Lumpur -

Pemerintah Malaysia mendapatkan cemooh setelah memperlihatkan ayam jantan yang menggonggong dalam sebuah iklan merayakan Tahun Baru Imlek.

Tahun Ayam, berdasarkan penanggalan China baru saja berakhir, dan berganti menjadi Tahun Anjing.

Skip Twitter TweetBBC melaporkan iklan Kementerian Perdagangan tersebut mengucapkan Selamat Tahun Anjing yang Sejahtera, tapi menunjukkan seekor ayam jantan yang tampak seperti anjing yang menggonggong dalam bahasa China.

Kementerian Perdagangan Malaysia telah meminta maaf atas "kesalahan teknis" tersebut.

Masalah ini kemudian menjadi lebih kompleks setelah beberapa Muslim di Malaysia yang mengatakan anjing sebagai binatang yang najis.

Awal bulan ini, Reuters melaporkan sejumlah pemilik bisnis di Malaysia tidak terlalu menonjolkan simbol anjing, untuk menjaga perasaan warga mayoritas yang Muslim.

Di Malaysia, seperempat populasinya adalah keturunan China.

Banyak orang berpikir iklan yang dicetak di surat kabar berbahasa Mandarin tersebut adalah upaya salah untuk menghindari gambar anjing, terlepas jika masuk akal atau tidak.

Seorang pengguna Facebook mengatakan iklan tersebut "hanyalah sebuah kebodohan", sementara yang lain menyebutnya "memalukan bangsa".

Surat kabar berbahasa Inggris, The Star mengutip ketua biro kerukunan agama dari Asosiasi China Malaysia. Ia mengatakan beberapa orang mencoba "membuat orang China marah" atas kesalahan yang sederhana.

"Setelah permintaan maaf, kesalahan ini akan dilupakan dan tidak ada kekesalan di kalangan warga China karena mereka pragmatis dan santai," kata Datuk Seri Ti Lian Ker kepada The Star.

Ia menuduh partai oposisi DAP menebarkan rasa "kebencian, dendam dan kemarahan".

Simak laporannya dalam bahasa Inggris disini.




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed