DetikNews
Kamis 15 Februari 2018, 16:18 WIB

Perayaan Tahun Baru Imlek di Australia

Australia Plus ABC - detikNews
Perayaan Tahun Baru Imlek di Australia Sepupu Charlotte dan Amelia dengan paket merah mereka. (ABC News: Jennifer Wong)
Canberra -

Hari Jumat (16/2/2018) sekitar 1,5 miliar orang di seluruh dunia termasuk di Indonesia merayakan Imlek dengan Tahun Baru memasuki Tahun Anjing.

Perayaan ini intinya adalah tentang menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman, berpesta dengan makanan dengan makna simbolis, pemberian hadiah dan harapan baik.

Berikut ini adalah gambaran bagaimana Tahun Baru Imlek dimulai, dan beberapa cara atau kebiasaan warga dari latar belakang China, Korea, dan Vietnam akan merayakannya di Australia.

Mengapa itu Tahun Anjing?
Dekorasi anjing Tahun Baru Imlek
Tahun dekorasi Anjing di Chinatown Sydney. (ABC News: Jennifer Wong)

Kalender lunar memiliki siklus 12 tahun dengan hewan yang berbeda setiap tahunnya.

Legendanya adalah bahwa Kaisar Langit di China mengadakan sebuah perlombaan untuk mengalokasikan 12 tempat dalam zodiak untuk ke-12 binatang, dan inilah urutan yang mereka dapatkan: tikus, sapi / kerbau, harimau, kelinci atau kucing (tergantung pada apakah itu orang China atau Zodiak Vietnam), naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam jago, anjing, dan babi.

Mengapa Tahun Baru dirayakan pada bulan Februari tahun ini?

Tahun Baru Imlek biasanya terjadi sekitar bulan Januari dan Februari. Setiap tahun jatuh pada tanggal yang berbeda dikarenakan kalender Lunar berjalan berdasarkan siklus bulan.

Tahun ini, Malam Tahun Baru akan jatuh pada hari Kamis, 15 Februari. Pada malam itu, itu hari kita mengucapkan selamat tinggal pada Tahun Ayam, dan mengucapkan selamat datang ke Tahun Anjing keesokan harinya.

Apakah Tahun Baru Imlek sama dengan Tahun Baru China?

Sementara Tahun Baru Imlek juga bisa disebut Tahun Baru China, namun Tahun Baru Imlek tidak hanya berarti tahun baru bagi orang Tionghoa.

Penari singa di Festival Tahun Baru Imlek di Springvale
Penari singa di Festival Tahun Baru Imlek di Springvale, Victoria. (ABC News: Jennifer Wong)

Ini dikarenakan banyak negara lain di dunia juga menggunakan kalender lunar di samping kalender Gregorian, misalnya, untuk mengamati hari demi festival dan ritual, dan terkadang bahkan ulang tahun.

Jadi Tahun Baru Imlek hanya mengacu pada perayaan tahun baru di manapun kalender lunar digunakan.

Ada perayaan serupa yang diadakan pada hari yang sama oleh orang yang berbeda, misalnya Festival Musim Semi di China dan Tet di Vietnam.

Makanan dengan makna simbolis

Bagi keluarga Korea, ada satu makanan yang wajib dihidangkan pada tahun baru Imlek karena makanan itu benar-benar akan membuat usia anda bertambah.

Sup kue beras tteokguk - yang juga dimakan sepanjang tahun - merupakan bagian besar dari tahun baru dimana sapaan pada Hari Tahun Baru adalah, "Sudahkah Anda makan sup nasi?".

Kue sajian nasi panggang Tahun Baru Imle
Ucapan yang populer di Hari Tahun Baru adalah, "apakah Anda sudah makan sup nasi?". (Wikipedia)

Setelah Anda memakan sup itu, Anda menjadi satu tahun lebih tua.

"Anda juga mendapatkan keuntungan jika Anda makan sup nasi," kata koki Heather Jeong.

"Beruntung mengonsumsi kue beras karena warnanya putih. Ini menandakan kebersihan dan kemurnian, dan ini tentang membawa keberuntungan sampai akhir tahun ini."

Dalam tradisi Vietnam, satu harapan bagus sepanjang tahun ini adalah cu va xi, yang berarti "berdoa agar Anda memiliki kecukupan untuk tahun ini".

Pepatah ini juga terdengar seperti nama empat jenis buah.

Cuu terdengar seperti apel custard dan juga "doa", va (kelapa) dan (pawpaw) keduanya terdengar seperti kata-kata untuk "cukup", dan xi (mangga) terdengar seperti "bagimu".

Pangsit disajikan pada perayaan Tahun Baru Imlek
Pangsit adalah makanan yang beruntung di tahun baru, bukan berarti Anda perlu alasan untuk menikmati kue pangsit ini. (ABC News: Jennifer Wong)

Sementara di dalam menu China, perjamuan menampilkan hidangan dengan nama-nama yang baik, seperti lumut laut dan tiram kering (f ci ho sh), yang terdengar sama dengan kemakmuran dan bisnis yang baik (f ci ho sh), dan seluruh ikan kukus, karena suara ikan seperti "surplus" - mungkin Anda sudah cukup setiap tahun.

Dan di rumah, keluarga-keluarga berkumpul untuk membuat kue bersama sebelum pesta Tahun Baru, dianggap beruntung karena pangsit berbentuk seperti ingot perak, bentuk tradisional mata uang.

Berbagi hadiah melalui angpao
angpau yang dikaruniai Tahun Baru Imlek
Hari Tahun Baru sibuk dengan pemberian dan penerimaan angpau. (ABC News: Jennifer Wong)

Apakah Anda menyebutnya amplop merah, lai see, ang pao, hong bao, atau li xi, waktu favorit dalam setahun ini bagi orang muda dan tua adalah penerimaan uang tunai.

Tapi mungkin orang muda lebih banyak mendapatkan keuntungan ini - secara tradisional kakek dan neneknya, dan pasangan suami istri yang memberi paket merah kepada kaum muda dan belum menikah.

Dalam tradisi Vietnam, Korea, dan China, anak-anak akan menyapa orang tua dan kakek mereka pada Hari Tahun Baru dengan harapan yang baik, misalnya, mengharapkan kesehatan dan umur panjang mereka yang baik.

Para tetua kemudian akan memberi paket merah kepada mereka dengan harapan yang baik untuk mereka sendiri, misalnya, untuk kesuksesan dalam studi mereka dan keinginan mereka untuk menjadi kenyataan.

angpau dari Hanoi
Amplop angpau dari Hanoi dengan berbagai desain Year of the Dog. (Disertakan: Sheila Pham)

Dalam tradisi Korea, uang itu diberikan dalam amplop polos.

Anak tertua menerima lebih banyak uang daripada yang lahir kedua dan yang ketiga lahir dan seterusnya.

"Ini adalah sisa hirarki," kata Heather Jeong.

"Karena anak tertua memiliki tanggung jawab lebih besar daripada adik-adiknya, semuanya akhirnya berhasil."

Orang-orang yang merayakan Tahun Baru Imlek mengirim paket merah ke WeChat
Tahun lalu sekitar 46 miliar paket merah dikirim via WeChat. (ABC News: Jennifer Wong)

Sementara itu, aplikasi media sosial seperti WeChat telah mengubah cara banyak orang menukar paket merah.

Pada tahun baru, teman dan keluarga menggunakan WeChat untuk mengirim uang satu sama lain dalam jumlah yang menguntungkan dan berarti.

Misalnya RMB $ 8,88 (sekitar $ 1,80) terdengar seperti "b b b", yang terdengar seperti "makmur, makmur, makmur".

Dan RMB $ 52 (sekitar $ 10.45) terdengar seperti "Aku cinta kamu" (w r terdengar seperti w i n).

Berdoa untuk tetua dan leluhur
Makanan untuk nenek moyang pada Tahun Baru Imlek
Sebelum makan malam Tahun Baru, makanan tersebut sering ditawarkan kepada leluhur untuk memberi makan jiwa mereka. (Disediakan: Erin Chew)

Pada intinya, Tahun Baru Imlek adalah sebuah reuni keluarga. Menyampaikan rasa hormat kepada orang tua bentuknya bisa beragam, mulai dari membungkuk kepada orang tua dan kakek-nenek untuk memastikan mereka mendapatkan bebek panggang pertama saat makan malam.

Bagi banyak orang, ini mungkin satu-satunya saat di mana mereka mengunjungi sebuah kuil untuk menghormati nenek moyang dengan cara menyalakan dupa dan membuat persembahan, dan berdoa kepada para dewa.

Ini adalah bagian dari memastikan awal yang baik untuk tahun ini bagi semua orang, dan menyingkirkan tahun yang lalu untuk sebuah awal yang baru.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed