DetikNews
Jumat 09 Februari 2018, 08:34 WIB

ABC Meminta Maaf Kepada Mantan PM Kevin Rudd

Australia Plus ABC - detikNews
ABC Meminta Maaf Kepada Mantan PM Kevin Rudd
Canberra -

Pada tanggal 31 Januari 2018, ABC News melaporkan sebuah dokumen yang disiapkan pada bulan April 2009 untuk Komite Prioritas dan Anggaran Strategis (SPBC) tentang risiko kritis dalam peluncuran Paket Rumah Hemat Energi.

Dalam melaporkan dokumen tersebut, ABC tidak bermaksud untuk menunjukkan bahwa mantan Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd, telah dengan ceroboh mengabaikan risiko kritis dari skema isolasi rumah sebelum kematian empat anak muda yang bertugas melakukan pemasangan fasilitas itu, atau bahwa ia membohongi komisi kerajaan yang memeriksa kematian tersebut.

ABC menerima bahwa, sebagaimana yang ditemukan oleh komisi kerajaan, Kevin Rudd tidak diberi peringatan, dan tidak mengetahui risiko keselamatan kritis pada saat itu.

Komisi kerajaan telah menyatakan tidak ada temuan yang merugikan terhadap Kevin Rudd dan tidak ada indikasi bahwa Rudd berbohong kepada komisi tersebut.

ABC tanpa syarat meminta maaf kepada Rudd atas bahaya atau rasa malu yang diakibatkan dari masalah ini.

Artikel ABC

Pada artikelnya yang dipublikasikan tanggal 31 Januari 2018, ABC menurunkan laporan yang menyebutkan sebuah laporan yang disiapkan untuk sebuah komite kabinet termasuk Kevin Rudd, Julia Gillard dan dua menteri senior Perburuhan telah memperingatkan tentang "risiko kritis" dari skema isolasi rumah beberapa bulan sebelum skema itu diresmikan peluncurannya.

Insiden kematian 4 pemuda yang melakukan pemasangan isolasi tersebut memicu dihentikannya skema ini pada Februari 2010.

Pemerintah Abbott kemudian mendirikan sebuah komisi kerajaan untuk menyelidiki apakah kegagalan skema tersebut dapat dicegah dan apakah pemerintah telah diberi peringatan mengenai bahaya tersebut.

Dalam penyelidikan oleh komisi kerajaan tersebut, Kevin Rudd mengatakan bahwa peluncuran tersebut akan ditunda jika saja kabinet telah diberitahukan mengenai risiko keselamatan.

"Sampai Februari 2010 ... setiap laporan bulanan mengatakan bahwa program Efisiensi Energi pemerintah sudah berjalan," katanya.

Kevin Rudd juga mengatakan bahwa dirinya tidak tahu mengapa pejabat di pemerintahan tidak mengangkat masalah mengenai keamanan dari skema ini.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.




(nvc/nvc)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed