DetikNews
Kamis 19 Oktober 2017, 07:59 WIB

Populasi Warga Keturunan India Melonjak di Canberra

Australia Plus ABC - detikNews
Populasi Warga Keturunan India Melonjak di Canberra
Canberra -

Komunitas India di Canberra meningkat pesat dalam 25 tahun terakhir. Mereka membawa keterampilan berharga dan getaran Bollywood ke ibu kota Australia tersebut.

Data sensus dari tahun 1991 menunjukkan populasi penduduk kelahiran India hanya 0,4 persen, namun pada tahun 2016 jumlah tersebut meningkat menjadi 2,6 persen.

Mahasiswa S-2, Shefali Sehgal (24), lahir di New Delhi dan pernah tinggal di Rusia, Seychelles dan Amerika Serikat - namun kini memilih Canberra sebagai tempat terbaik untuk melanjutkan studi dan kariernya.

"Saya jatuh cinta dengan daerah-daerah yang hijau ... dan saya sangat menyukai irama kota ini," katanya.

Sebagai mahasiswa teknologi informasi, Sehgal berencana mengembangkan perangkat lunaknya sendiri dan percaya Canberra adalah tempat dimana impiannya itu bisa terwujud.

"Karena saya telah banyak berpindah-pindah tempat sepanjang hidup saya ... saya pikir sekarang saatnya untuk menetap," katanya.

"Saya pikir ada banyak potensi di sini, terutama bagi seseorang yang memiliki sebuah ide dan memiliki orang-orang di sekitar Anda untuk membantu Anda mengembangkannya."

Dokter gigi menciptakan rumah dan teman baru

Sementara itu dokter gigi, Henna Bhardwaj (33), datang ke Canberra dari India melalui Brisbane setelah melangsungkan pernikahan yang diatur dengan suaminya Manu, yang juga orang kelahiran India namun dibesarkan di Australia.

"Saya sangat terikat dengan keluarga saya dan bahkan tidak pernah terpikir kalau saya bisa hidup begitu, jauh dari mereka," kata Dr Bhardwaj.

Dr Henna Bhardwaj
Dr Henna Bhardwaj di klinik gigi tempatnya berpraktik di Canberra, Oktober 2017. (ABC)


Tapi setelah menemukan pekerjaan di klinik praktik gigi di Weston Creek dan tengah menantikan kelahiran anak keduanya, dia "tidak ingin pergi ke tempat lain".

"Semuanya sangat nyaman dan rasanya seperti komunitas yang erat," katanya.

Dr Bhardwaj bergaul dengan anggota komunitas India, tapi juga memiliki teman dari latar belakang lain.

"Sisi positif tinggal di Australia adalah Anda bisa bertemu dengan orang-orang dari banyak budaya."

Dari teknisi militer sampai agen migrasi

Hasib Khan telah tinggal di Canberra sejak 1993, saat dia tiba dari Lucknow sebagai teknisi militer berusia 46 tahun.

Setelah 17 tahun bersama Departemen Pertahanan bekerja pada radar dan senjata berpemandu, Khan sekarang menjadi agen migrasi.

Sejak dia tiba, dia memiliki pekerjaan, akomodasi, dan membeli mobil dengan gaji pertamanya.

Hasib Khan di rumahnya di Canberra
Hasib Khan datang ke Australia sebagai teknisi tentara. (ABC)


Tapi menurutnya kehidupan tidak begitu mudah bagi beberapa migran India sekarang, yang masih kesulitan menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian mereka, bahkan jika mereka telah memenuhi syarat sebagai migran yang terampil.

"Pekerjaan mereka pada dasarnya ada dalam daftar," kata Khan. "[Tapi] begitu mereka datang ke sini, mereka tidak menemukan pekerjaan tersebut."

Hasib Khan menyaksikan perubahan besar selama bertahun-tahun, dengan meningkatnya jumlah asosiasi India, festival publik dan sekolah menari Bollywood.

Dia juga bangga dengan banyaknya kalangan profesional kelahiran India yang bekerja di bidang kesehatan, teknik, pendidikan dan perdagangan seperti memasak dan tata rambut.

"Masyarakat India sebenarnya banyak memberi kontribusi," katanya.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.




(nvc/nvc)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed