DetikNews
Senin 25 September 2017, 09:30 WIB

Australia Bentuk Badan Antariksa Nasional

Australia Plus ABC - detikNews
Australia Bentuk Badan Antariksa Nasional
Canberra -

Australia akan membentuk badan antariksa sendiri dalam upaya mendatangkan uang senilai $AUD 240 miliar (Rp 2.502 triliun) dari industri aeronautika serta menciptakan ribuan lapangan kerja baru.

Sebagian besar negara maju memiliki badan antariksa sendiri, termasuk Selandia Baru. Kini ada kekhawatiran bahwa Australia tidak memanfaatkan industri yang sedang berkembang ini.

Pemerintah Federal akan menjelaskan rincian rencana tersebut pada Kongres Astronautika Internasional ke-68 di Adelaide. Pihak Partai Buruh yang beroposisi juga akan mengungkapkan rencananya sendiri.

Pejabat Menteri Perindustrian Michaelia Cash mengatakan sektor ini berkembang pesat secara global sehingga Australia perlu ambil bagian.

"Sebuah badan antariksa nasional akan memastikan kita memiliki rencana strategis jangka panjang yang mendukung pengembangan dan penerapan teknologi ruang angkasa serta menumbuhkan industri antariksa dalam negeri," katanya.

"Badan itu akan menjadi patokan koordinasi domestik kita dan ajang bagi keterlibatan kita secara internasional," jelasnya.

Penjelasan dari kantor Senator Cash menyebutkan umpan balik dari review atas industri ini menunjukkan adanya kebutuhan sebuah badan antariksa nasional.

Secara terpisah astrofisikawan Alan Duffy berharap pengumuman tersebut akan membawa keuntungan bagi jumlah pekerjaan Australia di luar angkasa.

"Kita memiliki hubungan jangka panjang dengan NASA, mengeksplorasi ruang angkasa bersama-sama dan menghasilkan semua pekerjaan ini. Itulah inti dari rencana pemerintah dan Partai Buruh. Ini badan yang mendahulukan lapangan pekerjaan," katanya kepada ABC News Breakfast.

"Badan ini dirancang untuk membuat satelit dan penggunaan baru gambar-gambar yang berasal dari satelit tersebut. Yang saya maksud bukanlah satelit berukuran bus seperti tahun 60-an dan 70-an," katanya.

"Berkat ponsel pintar, wahana seukuran pemanggang roti sudah memiliki kemampuan sama dengan sejumlah peluncuran bersejarah tersebut. Jadi, kita bisa ke angkasa dengan lebih murah dan kita bisa berbuat lebih banyak saat berada di sana," jelas Duffy.

Untungkan Australia Selatan
Space shuttle Atlantis soars to orbit
Dengan memiliki badan antariksa sendiri Australia akan mengurangi ketergantungan pada lembaga miliki negara lain seperti NASA. (Foto: NASA/Kenny Allen)


Pemerintah belum mengumumkan dimana lokasi badan antariksa tersebut. Namun senator Simon Birmingham asal Australia Selatan mengatakan bahwa negara bagian ini akan mendapatkan keuntungan.

"Dengan geografi unik, kita bisa yakin bahwa Australia Selatan akan dijadikan pusat dan merupakan penerima manfaat utama dari pertumbuhan terkait dengan aktivitas badan antariksa," katanya.

Pekan lalu, Menteri Utama (premier) Australia Selatan Jay Weatherill mengumumkan sebuah pusat industri antariksa di negara bagian itu serta mengisyaratkan pembentukan badan nasional bisa segera dilakukan.

"Kita tahu bahwa industri antariksa di negara ini dan di seluruh dunia tumbuh sekitar tiga kali lipat dibandingkan tingkat pertumbuhan industri ekonomi dunia lainnya," katanya.

Oposisi mendukung

Partai Buruh hari Senin (25/9/2017) ini mengumumkan rencana untuk meningkatkan industri antariksa Australia dua kali lipat dalam waktu lima tahun dengan membentuk Badan Antariksa dan Ilmu Pengetahuan Australia.

Jurubicara oposisi urusan sains dan riset Kim Carr mengatakan badan baru tersebut akan menciptakan ribuan lapangan kerja baru di Australia.

Kepada ABC dia menjelaskan bahwa industri dalam negeri memiliki keterampilan dan teknologi untuk menghasilkan uang dalam industri bernilai miliaran dolar ini, namun berisiko ketinggalan dari negara lain.

"Kita bergantung pada negara lain yang bisa memilih kepentingan nasional mereka sendiri jauh di atas kepentingan kita," kata Senator Carr.

"Kita jelas harus bisa melindungi kepentingan domestik kita, perlu membangun kemampuan industri kita dan perlu mengamankan pekerjaan masa depan untuk Australia," katanya.

Senator Carr menyambut baik pengumuman Pemerintah ini namun mengatakan bahwa hal itu "terlambat". Dia menyebut banyak pihak di komunitas sains yang mengatakan hal itu sudah terlambat.

Para ilmuwan terkemuka, termasuk astronot kelahiran Australia Andrew Thomas, juga menyerukan pembentukan badan antariksa nasional.

Industri antariksa tumbuh sekitar 10 persen setiap tahun sejak akhir 1990an.

Australia terlibat secara signifikan dalam kegiatan ruang angkasa secara nasional dan internasional. Namun sebuah badan khusus akan membantu pengembangan program ruang angkasa yang kohesif dan memberikan platform kolaborasi internasional yang lebih kuat.

Diterbitkan oleh Farid M. Ibrahim dari artikel ABC News di sini.




(nvc/nvc)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed