DetikNews
Selasa 22 Agustus 2017, 17:38 WIB

Partai Seks Australia Ganti Nama Jadi Partai Alasan

Australia Plus ABC - detikNews
Partai Seks Australia Ganti Nama Jadi Partai Alasan
Jakarta -

Apalah arti sebuah nama? Menurut pendiri Partai Seks Australia yang juga Anggota Parlemen asal Negara Bagian Victoria, Fiona Patten, nama hanya memiliki sedikit arti, tak banyak. Patten kini menata ulang partainya dan melakukan reformasi di bawah bendera baru.

Setelah 2,5 tahun sukses di Parlemen Victoria dan berkiprah di politik federal, Partai Seks Australia akan berubah menjadi Partai Reason (Alasan).

Patten mengatakan bahwa partai baru tersebut akan memiliki seperangkat kebijakan yang lebih luas untuk menarik pemilih "rasional" di saat pendulum politik Australia bergerak ke arah yang paling kanan dan kiri.

"Para ekstrimis benar-benar memimpin dalam politik Australia saat ini dan kecuali jika kami mengisi kekosongan itu dengan sesuatu yang lain, mereka akan terus mengambil alih politik," kata Patten.

"Jadi saya berharap ada suara yang masuk akal yang mewakili masyarakat."

Ia menjelaskan, "Anda hanya perlu melihat apa yang sedang terjadi dalam politik federal minggu lalu dan dalam beberapa bulan terakhir, melihat bahwa warga akan benar-benar terlepas dari politik, bahkan lebih dari sebelumnya."

"Dan perlu ada suara lain dalam keributan itu."

Patten menikmati kesuksesan sebagai Senator di Parlemen Victoria, mengamankan zona netral di seputar isu klinik aborsi dan menekan Pemerintah untuk melegislasi Uber.

Ia berharap bisa mendapatkan lebih banyak anggota Parlemen di Senat Victoria pada Pemilu negara bagian tahun depan, dan juga maju mengejar kursi Senat saat Pemilu Federal Australia berikutnya diadakan.

Dukungan partai berdasarkan kebijakan

Patten mengatakan, partainya akan terus menjadi sekuler, bekerja dengan semua pihak dengan cara yang tidak partisan dan siap untuk mendengar semua gagasan.

Masalah klasik seperti euthanasia (suntik mati) sukarela dan reformasi obat-obatan akan tetap penting bagi platform partai.

Pakar politik memeringatkan, mengganti nama Partai Seks bisa menghilangkan suara partai dari pemilih yang beranggapan bahwa hal yang lucu untuk memilih partai dengan nama yang mengandung "seks".

Tapi Patten mengatakan bahwa ia tak merasa terganggu.

"Sungguh luar biasa melihat warga khawatir bahwa Partai Seks yang masuk akal akan bersikap radikal dengan akal sehat," sebutnya.

"Saya pikir, kebanyakan orang yang telah memilih saya atau partai ini di masa lalu telah memilih secara dominan karena kebijakan kami."

Partai Seks memenangi 1,55 persen anggota Senat di negara bagian Victoria pada Pemilu Federal Australia tahun lalu, sementara pada Pemilu Negara Bagian 2014, partai ini memenangi 2,6 persen di kursi Senat.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterbitkan: 16:20 WIB 22/08/2017 oleh Nurina Savitri.




(ita/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed