DetikNews
Senin 05 Juni 2017, 10:21 WIB

Kantung Jantung Sapi Dijadikan Implan Katup Jantung Manusia

Australia Plus ABC - detikNews
Kantung Jantung Sapi Dijadikan Implan Katup Jantung Manusia
Queensland -

Ternak sapi asal Queensland dan New South Wales, Australia, bisa menjadi bahan utama dalam teknologi medis yang dapat menyelamatkan nyawa pasien jantung. Semua ini dimungkinkan berkat jaringan halus dari kantung yang berada di sekitar jantung sapi.

Jaringan tipis tapi tahan lama ini adalah bagian kunci dari implantasi katup aorta transkatheter (TAVI) yang digunakan dalam pengobatan stenosis aorta.

Stenosis aorta adalah suatu kondisi dimana pembukaan katup aorta menyempit karena adanya tumpukan kalsium atau kolesterol.

Katup jantung TAVI didalam jantung
Darren Walters mengatakan TAVI merupakan pengubah keadaan bagi dokter dan pasien. (Landline: Kathleen Calderwood)

Ini membatasi aliran darah dan bisa menyebabkan pingsan, nyeri dada dan sesak napas.

Direktur Kardiologi dari Rumah Sakit Prince Charles Hospital, Darren Walters mengatakan bahwa TAVI adalah sebuah terobosan yang tampaknya akan membawa perubahan besar bagi dokter dan pasien.

"Masalah dengan kondisi Stenosis aorta ini adalah pasiennya seperti tercekik secara perlahan-lahan," kata Profesor Walters.

"Pasien dengan kondisi ini - kita tidak bisa mengobatinya. Kita akan melihat mereka sekarat perlahan di depan kita, tidak ada pengobatannnya," jelasnya.

"Karenanya ini akan menjadi kematian yang sangat menyedihkan dan luar biasa mengganggu bagi para dokter karena hanya bisa menyaksikan kondisi tersebut berlangsung dan itu sangat membuat frustrasi," tambahnya.

"Ketika teknologi ini hadir, itu sama seperti langit menjadi sangat cerah, awan hujan telah berlalu dan ini adalah hari yang baru," ujarnya.

Sebuah perusahaan pemrosesan di Australia telah membantu teknologi pionir ini untuk melakukan diversifikasi usaha mereka dengan menyediakan jaringan dari kantung di sekitar jantung sapi ini sebagai teknologi yang dapat menyelamatkan nyawa manusia.

Pasien

Mantan pengusaha penggemukan ternak, Sue Barker menjalankan usaha pemuliaan kucing di Murphy's Creek, dekat Toowoomba di barat daya Queensland, namun hubungannya dengan ternak sapi masih berlangsung dan mendalam.

Dua tahun yang lalu Sue Barker, menderita stenosis aorta, dan dipasangkan TAVI didalam jantungnya melalui sayatan kecil di bawah tulang selangka.

Kondisi Sue Barker sangat parah, tapi dia terlalu berisiko tinggi menjalani operasi bedah jantung terbuka.

Satu-satunya gejala yang dirasakannya adalah pusing, tapi kondisi ini cukup mempengaruhi kehidupan kesehariannya, dan dia harus mempekerjakan seseorang untuk membantunya menjalankan usaha pembiakan kucingnya pada masa sibuk.

"Dengan kondisi jantung yang saya derita, pekerjaan ini menjadi terlalu berat untuk bisa saya kerjakan semuanya sendiri," katanya.

Sue Barker mendapatkan pengobatan implan TAVI
Sue Barker dipasangkan implan katup jantung TAVi kerena dia terlalu berisiko tinggi untuk menjalani operasi bedah jantung terbuka. (Landline: Kathleen Calderwood)

TAVI itu dimasukkan melalui sayatan kecil di bawah tulang selangka, namun sebagian besar dimasukkan ke jantung melalui arteri femoralis di selangkangan.

"Katup ini tidak seperti katup bedah, kami bisa menggantinya tanpa melakukan pembedahan pada dada," kata Profesor Walters.

"Dalam kebanyakan situasi, kita bisa memasukan katup ini melalui kaki dan menanamnya dalam posisi yang tepat, mengganti jaringan sebelumnya atau mendorong jaringan degeneratif keluar dari katup tersebut.

"Hal ini menciptakan jalur baru agar darah dapat mengalir melalui katup dan keluar dipompakan ke seluruh tubuh, melepaskan katup yang sudah mengeras dan uzur dari tempatnya."

Dengan memberikan alternatif dari operasi bedah jantung terbuka, orang-orang seperti Sue Barker sekarang memiliki pilihan pengobatan yang efektif, dimana sebelumnya hanya sedikit yang bisa dilakukan.

"Saya memiliki ratusan pasien sekarang yang secara teratur kembali ke klinik menceritakan kalau mereka sekarang bisa memiliki kehidupan yang produktif, bahagia dan berguna ... saya pikir ini benar-benar membuat perbedaan besar," kata Profesor Walters.

Ladang

Sue Barker mengatakan dia sangat tertarik untuk mempelajari tentang asal mula katup jantung yang berhasil menyelamatkan nyawanya, mengingat karirnya dahulu sebagai seorang penggemukan ternak.

Jaringan yang digunakan di katup jantungnya berasal dari peternakan sapi seperti Canning Downs South, dekat Warwick, hanya beberapa jam di sebelah barat rumah kediaman Sue Barker.

Latar belakang dari usaha penggemukan ternak itu adalah merupakan salah satu peternakan pertama yang mendapatkan akreditasi untuk menjadi pemasok jaringan perikardium ke produsen obat-obatan Edwards Lifesciences, tujuh tahun yang lalu.

Ternak dari Canning Down South
Jaringan perikardium dari kantung jantung sapi berasal dari peternakan seperti Canning Downs South. (Landline: Kathleen Calderwood)

Sekarang usaha penggemukan ternak ini merupakan satu dari lebih 40 peternakan di Australia yang memasok jaringan perikardium dari ternak sapi melalui prosesor sapi di Brisbane yakni Australian Country Choice (ACC).

Operasinal di peternakan sapi tersebut tidak perlu banyak berubah untuk bisa memenuhi persyaratan dari pabrikan Edwards Lifesciences - satu-satunya persyaratan yang diberlakukan untuk mempertahankan akreditasinya adalah melalui audit tahunan yang dilakukan oleh Edwards dan ACC.

Chris Shaw, yang mengelola Canning Downs South, mengatakan bahwa proses audit tersebut tidak menjadi masalah.

"Mereka ingin tahu bahwa peternaka penggembalaan yang kita jalankan itu secara lingkungan aman, mereka ingin tahu kandang ternak kita bersih, bahwa ternak kita sehat, dan kemudian sisanya benar-benar adalah seputar masalah administratif - mereka ingin menyelidiki semua pembukuan anda ... semua catatan Anda diarsipkan dengan benar dan peternakan anda memenuhi persyaratan yang mereka tetapkan," kata Shaw.

Prosesornya

ACC telah memasok jaringan perikardium sapi ke produsen medis Edwards Life Sciences sejak tahun 2004.

Mereka masih memproses sapi untuk produk daging sapi, tapi alih-alih membuang kantung dari jantung sapi untuk dikuliti, kantung jantung itu disimpan dan dipersiapkan untuk dikirim ke Edwards Lifesciences.

Para pekerja di pemrosesan daging sapi Australia Country Choice (AAC)
Lemak yang melekat pada kantung jantung sapi secara hati-hati dibersihkan oleh staf terlatih. (Landline: Kathleen Calderwood)

"Ternak yang diperuntukkan bagi produk mereka itu berkesesuaian kondisinya dengan yang kita persiapkan untuk dipasok ke jaringan Supermarket Coles," kata manajer penjualan eksternal ACC, Alan Kropp.

"Hewan itu harus berumur muda, di bawah usia 24 bulan ... dan harus sangat sehat."

"Kita harus memiliki kepemilikan dari ternak sapi dengan kualitas seperti itu, kita harus memiliki data ketertelusuran kembali ternak sapi itu ke masa awal pembiakannya dan mendokumentasikan keseluruhan proses itu serta mencatatnya sejak awal sampai pengiriman ke pabrik ACC di Brisbane sini."

Lemak yang menempel pada kantong jantung dilepaskan dengan hati-hati oleh staf terlatih, dan memastikan jaringan yang halus itu tidak rusak.

Kantung jantung sapi yang sudah dibersihkan
Ternak sapi diproses serupa dengan ternak yang utamanya ditujukan untuk diambil produk dagingnya, tapi kantung jantung sapi disimpan untuk dibersihkan. (Landline: Kathleen Calderwood)

Kantung jantung sapi itu kemudian mengalami proses pembersihan yang panjang sebelum dikemas dan dikirim dengan kargo udara berpendingin ke Edwards Lifesciences di California.

Di California, jaringan ini akan diuji untuk melihat kekurangannya sebelum melalui proses yang mirip dengan penyamakan kulit.

Kemudian jaringan itu akan dijahit dengan tangan kedalam katup buatan dalam proses perakitan yang memakan waktu 12-18 jam untuk setiap katup.

Permintaan untuk jaringan katup jantung ini terus meningkat selama 13 tahun terakhir dan sekarang ada tiga prosesor di Australia yang memasok jaringan ini ke Edwards Lifesciences.

Diterjemahkan pada pukul 19:00 WIB, 4/6/2017 oleh Iffah Nur Arifah, Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed