DetikNews
Kamis 01 Juni 2017, 17:30 WIB

12 Penemuan dari Australia yang Mengubah Dunia

Australia Plus ABC - detikNews
12 Penemuan dari Australia yang Mengubah Dunia
Canberra -

Australia terkenal karena semangat inovasi dan para penemu asal negara ini telah memberikan dampak besar terhadap bagaimana kehidupan di dunia berjalan seperti sekarang ini.

Mulai dari lemari es hingga mobil truk ute, buku catatan hingga kotak hitam perekam penerbangan, berikut adalah beberapa tokoh penemu asal Australia yang telah berjasa pada dunia.

1. Lemari es
lemari es
Sebuah lemari es atau kulkas di pedalaman Australia. (ABC Open: Kim Piddington)

Bisakah anda bayangkan sebuah rumah tanpa lemari pendingin atau kulkas? Bagaimana anda dapat menyimpan makanan, susu dan daging segar?

James Harrison memproduksi mesin pembuat es praktis pertama di dunia dan lemari pendingin dengan sistem kompresi udara/gas pada tahun 1856.

Ketika dia pertama kali menciptakan, lemari pendingin itu tidak terlihat seperti lemari pendingin yang ada sekarang ini ketika itu ukurannya jauh lebih besar.

2. Penisilin

Pada tahun 1939 Howard Florey, seorang ilmuwn dari Adelaide mengembangkan penicillin antibiotik pertama di dunia. Penicilin kemudian diproduksi secara masal dan digunakan untuk membantu untuk membantu mereka yang sakit selama Perang Dunia II.

Sekarang ini, penisilin telah berhasil menyelamatkan jutaan orang, terutama dengan mencegah infeksi.

3. 'Kotak Hitam' perekam penerbangan
Kotak hitam pesawat
'Kotak hitam' dekoder penerbangan (ABC licensed, National Transportation Safety Board (NTSB))

Penemuan lain yang diciptakan oleh warga Australia yang mungkin anda tidak pernah lihat tapi berhasil menyelamatkan banyak nyawa adalah 'Black Box' atau kotak hitam penerbangan yang diciptakan oleh Dr David Warren pada tahun 1958. Kotak hitam penerbangan ini merekam semua rincian instrument penerbangan dan percakapan para pilot.

Ketika hal buruk terjadi di angkasa, para penyidik mampu menemukan apa yang terjadi dan bagaimana mencegah kecelakaan di masa depan, semua berkat penemuan ini.

4.Koklea buatan
Telinga bionik
Ilustrasi telinga bionik, atau dengan kata lain dikenal sebagai implan koklea. (ABC News)

Peristiwa yang paling membahagiakan bagi Rod Saunders mungkin terjadi pada tahun 1979. Dia adalah penderita tunarunggu alias tuli, tapi kemudian dia mendengar suara untuk pertama kalinya berkat koklea implant di telinga yang diciptakan oleh Professor Graeme Clark di Rumah Sakit Royal Victorian Eye and Ear di Melbourne.

Telinga buatan ini bisa jadi merupakah salah satu penemuan terbesar di Australia, mengingat penemuan ini telah mengubah kehidupan orang yang memiliki masalah-masalah dengan pendengaran mereka.

5. TeknologiWiFi
Wifi mulai muncul pada akhir tahun 1990-an dan sekarang hampir mengikuti kita kemanapun kita pergi.
Wifi mulai muncul pada akhir tahun 1990-an dan sekarang hampir mengikuti kita kemanapun kita pergi. (ABC News: Nic MacBean)

Sekarang ini akan sulit rasanya hidup tanpa koneksi WiFi. Kemanapun kita pergi, kita pasti akan bertanya apakah ada sambungan WiFi gratis?"

Pada awal tahun 1990-an, seorang astronom radio Australia, John O'Sullivan secara tidak sengaja menemukan potensi dari WiFi saat sedang melakukan riset mengenai fenomena lubang hitam atau black holes

6.GoogleMaps

Berkat Google Maps, kini sudah tidak ada lagi cerita seseorang tersesa. Pada tahun 2003, Dua bersaudara keturunan Denmark- Australia, Lars dan Jens Rasmussen menciptakan sebuah program pemetaan di sebuah perusahaan teknologi milik mereka yang berlokasi di Sydney.

Setahun kemudian, Google Inc. mengakuisisi perusahaan itu dan mentransformasikan program pemetaan itu menjadi sebuah aplikasi web yang digunakan setiap hari oleh jutaan orang.

7. Mesin bor listrik
Mesin bor listrik
Mesin bor listrik (freeimages.com: Liv2b)

Bahkan jika anda bukan seorang yang menyukai perkakas, bor listrik ini tidak bisa dipungkiri lagi adalah sebuah penemuan yang cerdas.

Alat ini dipatenkan pada 1889 oleh Arthur James Arnot, yang merupakan seorang teknisi listrik ini berasal dari Melbourne.

Mulainya bor listrik dirancang untuk menggali minyak dan batubara, tapi bor listrik kini ditemukan di kantung pinggang perkakas dan bengkel-bengkel di seluruh dunia.

8. Buku Catatan

Sulit membayangkan waktu sebelum diciptakannya notepad, dan butuh imajinasi seorang pemilik toko alat-alat tulis di Tasmania, JA Birchall untuk mewujudkan dan menghadirkan notepad ke dunia.

Dia mengambil lembaran kertas yang dapat dilepaskan atau loose leaf, memotongnya menjadi dua dan menambahkan karton tebal keras dibelakangnya dan mengelem bagian atasnya.

Tidak hanya penciptaan notepad telah berhasil merevolusi penulisan, tapi tekniknya juga telah memunculkan penerbitan buku-buku yang bisa ditulis bolak balik dengan harga terjangkau dan juga buku-buku novel.

9. Filmficer
Ned Kelly, 1880
Ned Kelly di malam eksekusi dirinya pada tahun 1880 (Arsip Nasional Australia. Licensed under Public Domain via Commons)

Jika kali berikutnya anda mengudap popcorn dan menonton film ficer, berterimakasihlah kepada Charles Tait, yang pada tahun 1906 menciptakan Kisah Geng Penjahat Ned Kelly. Ini merupakan film ficer panjang pertama.

Film tersebut masih dalam bentuk film bisu dan berdurasi selama lebih dari 60 menit, tapi ketika itu film ficer tersebut menghadirkan perbedaan yang sangat besar dari tipikal film-film berdurasi pendek yang tidak banyak menggunakan narasi.

Bisa juga dikatakan bahwa film ficer ini adalah film laga blockbuster pertama: kisah seorang bushranger dan gengnya yang menghabiskan biaya $1000 untuk memproduksinya dan menghasilkan keuntungan sebesar $ 25.000.

10. Trukute
Dua wanita dengan truk ute Ford di sebuah pabrik kayu di Powelltown, pada 1939.
Dua wanita dengan truk ute Ford di sebuah pabrik kayu di Powelltown, pada 1939. (Perpustakaan Negara Bagian Victoria: Percy Sims)

Entah benar atau tidak, disebutkan bahwa perancang muda, Lewis Brandt adalah orang yang melihat kelebihan dari gagasan mobil yang bisa pergi ke gereja dan membawa babi ke pasar, dan mulai mendalami gagasannya itu.

Pada tahun 1934 kendaraan jenis 'utilitas coupe' mulai diproduksi oleh pabrik Ford di Geelong.

Kendaraan ini menuai sukses dan bahkan berhasil dipasarkan sampai ke Amerika Serikat, di mana Henry Ford sempat dijuluki 'Kangaroo Chaser'.

Desain truk ute ini sendiri telah mengalami sedikit perubahan selama bertahun-tahun, tapi masyarakat Australia tetap menyukai kendaraan yang satu ini.

11. Mesin pemotong rumput

Mesin pemotong rumput memang bukan alat yang menyenangkan ketika suaranya membangunkan anda pada Hari Minggu pagi, tapi alat ini tidak diragukan lagi sangat berguna.

Di dunia memang sudah pernah ada yang menciptakan mesin pemotong rumput, tapi bukan mesin pemotong rotary yang diciptakan oleh Mervyn Victor Richardson dari Sydney.

Sebelum ia menciptakan mesin pemotong rumput ini, tugas memotong rumput adalah adalah pekerjaan yang harus dilakukan oleh dua orang.

Purwa rupa dari model mesin pemotong rumput 'Victa' menampilkan wadah kosong dari timah berwarna orange sebagai tangki bahan bakar. Syukurlah alat ini sudah mengalami evolusi sedikit sejak pertama kali diciptakan. Dan perusahaan ini telah menjual lebih dari 8 juta mesin pemotong rumput di seluruh dunia.

12. Toilet dengan sistem penyiram ganda
Toilet dan tisu gulung di dinding.
Toilet dan tisu gulung di dinding. (Supplied)

Benda yang satu ini mungkin memang bukan benda yang sangat menarik dalam daftar penemuan-penemuan oleh warga Australia ini, tapi pembilas ganda toilet merupakan sebuah benda pengubah kondisi yang sangat siginifikan.

Sistem ini diciptakan oleh sebuah perusahaan di Australia Selatan, Caroma, yang didorong oleh bantuan industri dari Pemerintah Negara Persemakmuran untuk mencari cara menghemat air.

Diluncurkan pada tahun 1981, sistem pembilas toilet ganda ini menuai sukses dan dengan segera diberlakukan UU untuk menjadikan penggunaan sistem pembilas toilet ganda sebagai hal yang wajib di bangunan-bangunan baru.




(ita/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed