DetikNews
Rabu 29 Mar 2017, 21:35 WIB

Buntut Badai Siklon Debbie, Brisbane Bersiap Diguyur Hujan Lebat

Australia Plus ABC - detikNews
Buntut Badai Siklon Debbie, Brisbane Bersiap Diguyur Hujan Lebat
Brisbane -

Badan Meteorologi Australia (BOM) memeringatkan, wilayah Queensland Tenggara bersiap menghadapi cuaca yang basah pada Kamis (30/3) dengan curah hujan diperkirakan mencapai 200 milimiter di sejumlah kawasan yang terlokalisasi.

Peringatan cuaca buruk berupa angin yang berpotensi merusak dan curah hujan tinggi saat ini berlaku di sebagian besar wilayah Queensland Tenggara. Cuaca buruk ini berkaitan dengan Badai Topan Debbie, yang diperkirakan akan terus bergerak ke arah selatan di bagian tengah Queensland sebelum mengarah ke tenggara pada Kamis (30/3).

Prakirawan cuaca dari BOM, Brett Harrison, mengatakan Brisbane mengalami cuaca hujan yang merata sepanjang hari Rabu (29/3)/2017, tetapi masih akan menghadapi hujan lebat pada hari Kamis (30/3/2017) karena Badai Topan Debbie bergerak ke bagian tenggara.

"Curah hujan tertinggi diperkirakan akan terjadi pada penghujung Kamis (30/3) siang dan malam di mana kita bisa melihat beberapa daerah mengalami curah hujan hingga lebih dari 100mm dan tentu saja lebih dari 200mm di beberapa daerah terlokalisasi yang tak bisa dikesampingkan," katanya.

Prakirawan cuaca senior BOM, Matt Bass, mengatakan curah hujan rendah diperkirakan terjadi di sebelah barat Emerald sepanjang Rabu (29/3/2017) malam sebelum mengarah ke tenggara melewati Dalby pada Kamis (30/3/2017).

"Kemudian ketika memasuki hari Kamis malam (30/3/2017) hingga Jumat pagi (31/3/2017), curah hujan melanda wilayah tenggara yakni Brisbane dan Sunshine Coast, dan kemudian bergerak menuju lepas pantai pada Jumat (31/3/2017) pagi buta," katanya.

"Pada tahap ini hembusan angin diperkirakan mencapai kecepatan 100kph terutama di wilayah-wilayah pesisir dan sekitarnya."

"Kawasan-kawasan di sepanjang Moreton Bay, Sunshine Coast dan Gold Coast lebih berpeluang untuk dilewati angin kencang tersebut."

Menteri Utama Queensland, Annastacia Palaszczuk mengatakan rencana darurat sudah disiapkan.

"Kami akan mengawasi pergerakan cuaca dengan seksama seiring dengan pergerakan mereka ke arah pantai secara bertahap" katanya.

"Dan apa yang ditunjukan kepada anda adalah bahwa negara bagian kami sangat besar ... dan ini adalah kondisi cuaca yang akan mendatangkan malapetaka di sepanjang wilayah pesisir."

BOM juga memperingatkan bahwa curah hujan itu cenderung akan memicu banjir sungai besar di wilayah yang luas, minggu ini.

Status waspada banjir berlaku untuk kawasan penyangga pesisir antara Gladstone dan perbatasan New South Wales, dan meluas hingga ke pedalaman hingga ke sejumlah wilayah Dataran Tinggi Queensland Tengah dan Coalfields, Central West, Maranoa dan Warrego, dan distrik Darling Downs serta Granit Belt.

Diterjemahkan pada pukul 19:25, 29/3/2017 oleh Iffah Nur Arifah dari artikel Bahasa Inggris disini.


(nwk/nwk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed