DetikNews
Senin 20 Mar 2017, 14:20 WIB

Lapangan Parkir Diubah Jadi Taman Senilai Rp 600 M di Melbourne

Australia Plus ABC - detikNews
Lapangan Parkir Diubah Jadi Taman Senilai Rp 600 M di Melbourne
Melbourne -

Bila di tempat lain, taman atau ruang terbuka diubah menjadi gedung tinggi, di salah satu sudut kota Melbourne, pemerintahan lokal akan menjadikan lapangan parkir seluas 9 ribu meter persegi menjadi taman.

Sebuah taman multi fungsi senilai AUD $ 60 juta (sekitar Rp 600 miliar) akan dibangun di Prahran, oleh Pemkot City of Stonnington untuk memberikan ruang hijau dan terbuka bagi warga di kawasan tersebut.

Prahran adalah salah satu kawasan paling padat penduduknya di dalam kota Melbourne, dan sekarang sebuah lapangan parkir akan dijadikan taman dengan ruang terbuka.

Pengumuman ini muncul di saat perbincangan semakin sering dilakukan mengenai bagaimana Melbourne masalah semakin meningkatnya jumlah penduduk, semakin tingginya harga rumah dan semakin meningkatnya tingkat hunian di apartemen.

Di kota praja Stonington, ruang terbuka per jumlah penduduk adalah yang paling rendah kedua di negara bagian Victoria.

Rencana taman yang akan diberi nama Cato Square ini dan terletak di Chapel St dan dekat dengan Prahran Market, akan berisi air mancur, zona hijau, cafe dan sembilan kawasan terbuka untuk warga melakukan kegiatan santai.

Walikota City of Stonnington Jami Klisaris mengatakan proyek ini merupakan bagian dari kota praja untuk mengantisipasi semakin meningkatnya jumlah penduduk di kawasan mereka.

"Warga di daerah kami akan meningkat 30 ribu orang dalam 15 tahun mendatang,menciptakan ruang terbuka sekarang sangat penting dilakukan untuk melindungi kenyamanan di masa depan." katanya.

Taman ini akan dibangun lapangan parkir sekarang dan akan selesai tahun 2019, sementara fasilitas parkir akan dibangun di bawah tanah, dengan kapasitas parkir ditingkatkan dari 100 tempat sekarang ini menjadi 500 tempat.

Sekarang ini tempat parkir itu gratis bagi pengguna selama beberapa jam, namun di masa depan, kemungkinan pengguna harus membayar.

Jumlah penduduk Melbourne diperkirakan akan meningkat dari sekarang ini 4,5 juta orang menjadi delapan juta orang di tahun 2051.

An artist's impression of a planned park for Melbourne's Chapel Street precinct.
Penampakkan TamandiChapelStreet setelah selesai di tahun 2019. (Supplied:CityofStonnington)

Diterjemahkan pukul 10:50 AEST 20/3/2017 oleh Sastra Wijaya dan simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini


(nwk/nwk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed