DetikNews
Minggu 10 Januari 2016, 18:18 WIB

Investasi Mainan Klasik Lego dan Star Wars Lebih Untung Ketimbang Investasi Saham

Australia Plus ABC - detikNews
Investasi Mainan Klasik Lego dan Star Wars Lebih Untung Ketimbang Investasi Saham Mainan figur Star Wars kuno Darth Vader dan Luke Skywalker.
Jakarta -

Berinvestasi dalam bentuk mainan klasik seperti lego dan tokoh film StarWars ternyata jauh lebih tinggi keuntungannya daripada berinvestasi berinvestasi di saham

Mainan klasik tampaknya menjadi bentuk investasi yang semakin menjanjikan.

Mereka yang pernah membeli sejumlah set lego dan replika tokoh StarWars pada tahun 1980an mendapati berinvestasi pada mainan jauh lebih tinggi dibandingkan berinvestasi di saham
Bulan lalu, media Inggris, Telegrap melaporkan satu set lego yang dibeli pada tahun 2000, dan disimpan dalam kondisi utuh, harganya naik 12 persen setiap tahun
Dibandinglkan dengan saham FTSE 100, yang memberikan para investor laporan keuangan tahunannya hanya 4,1 persen rata-rata per tahun pada periode yang sama.
Namun menurut Mashable, Lego bukan hanya satu-satunya barang koleksi yang memilik nilai tinggi seiring dengan waktunya.
Tokoh film Star Wars juga memiliki nilai yang bagus seiring berjalannya waktu – bahkan model action figure yang langka dari Star Wars bisa dihargai sampai diatas $12 ribu.
Bahkan model biasa dari tokoh film swasta seperti figure Bobba Fett yang tahun 1983 harganya hanya $3, tahun ini harganya bisa mencapai lebih dari $1400 — rata-rata naik 20%- jika dibandingkan dengan saham S&P 500 yang pada periode yang sama hanya naik 8,4 %, demikian laporan Mashable.
Menurut Surat Kabar Telegraph, set dari mainan Star Wars-yang bertema merupakan 10 dari 20 set mainan yang paling mahal dan menempatkan mereka sebagai jenis koleksi lego yang paling populer.
Ed Maciorowski, pendiri Pedoman Investasi Lego BrickPicker.com, mengtakan film StarWars Force Awaken akan menimbulkan lonjakan minta orang yang ingin membeli memorabilia kuno dari film tersebut.
Maciorowski juga mengatakan ketika Film Seri terakhir dari Petualangan Harry Potter dirilis hal itu memberi dampak yang sama dimana orang banyak mencari miniature asli dari tokoh Harry Potter.
Sementara set mainan My Little Pony juga memiliki kenaikan yang sangat menggiurkan sejak tahun 1980-an, hal ini didorong oleh fenomena bronies, yakni penggemar My Little Ponny pria berusia paruh baya.
Menurut Mashable, sejumlah set edisi terbatas My Little Pony bisa memiliki nilai keuntungan balik sebesar 33 persen. Sementara permainan Gameboy yang masih dalam kemasan original memiliki nilai keuntungab bali dibawan 6 persen.
Warga yang berminat berinvestasi mainan, ada baiknya mulai membeli lego set yang Anda lihat.
Dan sama seperti berinvestasi di pasar modal, investasi dalam bentuk mainan dan barang koleksi juga memerlukan kejelian untuk memilih apa yang akan populer dalam waktu beberapa dekade mendatang.
Namun James Gallo dari Toy Heaven — mentatakan action figure asli yang populer sebagian karena "tidak ada yang berpikir tentang menyelamatkan mereka,'
karena mereka hanya mainan
"Saya selalu memberitahu orang-orang tidak pernah membeli memorabilia untuk potensi investasi, apakah itu baru atau lama," katanya kepada Chicago Tribune.
"Anda hanya harus membelinya jika itu adalah sesuatu yang memberi Anda kesenangan."



(nwk/nwk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed