DetikNews
Jumat 06 November 2015, 19:37 WIB

Murid di Sydney Nantinya akan Dibolehkan Menulis di Meja dan Dinding

Australia Plus ABC - detikNews
Jakarta -

Pemerintah New South Wales, Australia, mengungkapkan sedikit gambaran mengenai ruang kelas di sekolah-sekolah yang terdapat di wilayahnya di masa depan, dimana ruang kelas tersebut nantinya akan dilengkapi kursi bantal (beanbags) dan seluruh meja dan papan tulis akan diganti dengan teknologi layar sentuh.

Teknologi baru ini sekarang sedang diujicobakan oleh Unit Pendidikan Masa Depan dari Departemen Pendidikan di Taman Teknologi Australia - Australian Technology Park di Redfern, sebelum nantinya akan didistribusikan ke 1600 ruang kelas selama dekade mendatang.

Rancangan yang diujicobakan ini mencakup purwa rupa dari ruang kelas dimana murid dapat menulis di meja dan dinding.

Dan juga mesin proyektor digital baru yang dapat menampilkan gambar ke lantai sehingga murid dapat berkumpul ditengah ruangan dan menguasai apa yang ditampilkan di layar hanya dengan menyentakan pena interaktif.

Selain itu ruang kelas juga akan dilengkapi Wi-fi dan sambungan perangkat lunak yang memungkinkan seluruh alat elektronik didalam ruang kelas tersebut seperti tablet, laptop dapat berinteraksi satu sama lain.

Menteri Pendidikan NSW, Adrian Piccoli mengatakan cara anak-anak didik belajar terus mengalami evolusi seiring dengan berjalannya waktu.

"Apa yang anak-anak gunakan di rumah dengan teman-temannya dan apa yang mereka lihat di internet harus merefleksikan apa yang terjadi di ruangan kelas, jika tidak sekolah akan ditinggalkan," kata Menteri Piccoli.

"Saya memiliki murid yang mengatakan kepada saya sebelumnya kalau teknologi baru ini membuat ruang kelas mereka jauh lebih menyenangkan tidak hanya sekedar belajar, padahal anak itu memang sedang belajar," tambahnya.

Piccoli mengatakan akan ada kritik mengenai kelas yang tidak fleksibel, oleh karena itu pemerintah menyediakan kursi bantal atau beanbags dan bangku yang ringan sehingga lebih mudah untuk dipindah-pindahkan dibandingkan bangku sekolah sebelumnya.

Meski demikian, dia mengatakan itu artinya anak-anak akan lebih terhubung dengan apa yang sedang mereka pelajari.

"Jika seorang anak kecil membaca di beanbag, itu sangat bagus untuk mereka - karena faktanya mereka memang membaca tanpa mempedulikan dimana mereka melakukan aktivitas membacanya tersebut," jelasnya.

"Anda tidak bisa mengajarkan hal yang sama dengan menggunakan teknologi baru ini, Anda harus menggunakan teknologi baru ini dan Anda harus mengajar dengan cara berbeda," kata Piccoli.

Sekolah Menengah Arthur Phil yang baru di Parramatta akan menjadi sekolah pertama yang akan terintegrasi dengan teknologi ini dan desainnya akan dipublikasikan ketika dibuka pada tahun 2019.

Meski demikan, Piccoli mengatakan teknologi baru ini juga akan dipasang di ruangan kelas di sekolah lain termasuk Sekolah Menengah Ballina High dan Sekolah Negeri Ultimo yang kini tengah direhab dan diperbaharui.

Proyektor interaktif merupakan tipikal alat/media yang digunakan di ruang kelas di NSW.
Proyektor interaktif merupakan tipikal alat/media yang digunakan di ruang kelas di NSW.





(nwk/nwk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed