Hyundai CRETA Bawa Inovasi Canggih & Bisa Didesain Sesuai Keinginan

Advertorial - detikNews
Kamis, 16 Des 2021 00:00 WIB
adv hyundai
Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Pada gelaran GIIAS 2021 kemarin, Hyundai memajang satu buah SUV yang tampil sporty dengan grill lebar khas Hyundai. SUV tersebut adalah Hyundai CRETA, sebuah mobil buatan pabrik Hyundai di Indonesia yang baru diluncurkan di gelaran GIIAS 2021.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Makmur mengatakan Hyundai CRETA adalah sebuah SUV yang didesain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, berpenampilan mewah, serta dilengkapi dengan fitur Hyundai SmartSense.

Makmur menambahkan CRETA didukung oleh Hyundai Bluelink sebagai Connected Car Service serta My Own CRETA yang dapat memenuhi keinginan pelanggan dengan desain CRETA sesuai selera pelanggan.

"Produk ini akan menjadi terobosan yang kami hadirkan untuk semakin memperkuat posisi kami sebagai game-changer di industri otomotif Indonesia dan kami berharap agar CRETA mendapatkan tempat yang istimewa di hati masyarakat Indonesia," kata Makmur dalam keterangannya.

President Director PT Hyundai Motors Indonesia SungJong Ha ingin mengucapkan terima kasih atas perhatian dan sambutan yang diterima dari pelanggan Indonesia, karena itu Hyundai meluncurkan Hyundai CRETA.

"Kami dengan bangga menandai pencapaian baru dalam membawa visi kami ke Indonesia melalui produk perdana dari pabrik Hyundai di Indonesia. Hyundai CRETA buatan Indonesia untuk Indonesia tentunya akan memberikan pengalaman berkendara yang baru bagi pelanggan kami," imbuhnya.

Eksterior

Dari tampilannya, CRETA memang terlihat mengusung kesan stylish dan sporty tetapi tetap dibalut dengan kemewahan khas Hyundai. Ini terlihat dari grill pada CRETA yang cukup lebar untuk mobil yang tidak terlalu besar.

Keunikannya terletak pada lampu dari CRETA yang dipasangi Parametric Jewel Hidden-Type DRL. Karakteristik tersebut juga dapat terlihat pada High Mounted Stop Lamp (HMSL) di sisi belakang yang semakin menambahkan kesan futuristik.

Bagian kaki, Hyundai membekali CRETA dengan tampilan sporty berkat 17-inch Diamond Cut Alloy Wheels. Kesan SUV dari CRETA juga dipertegas dengan penggunaan fender serta lengkungan garis pada pillar C.

Interior

Kemewahan dari Hyundai CRETA bisa terlihat dari deretan fitur canggih yang ada pada interiornya. Fitur canggih tersebut antara lain Cooled Glove Box, sebuah laci pada dashboard yang bisa digunakan untuk membuat makanan dan minuman tetap segar.

Ada juga fitur Ambient Mood Lamp dan Panoramic Sunroof yang memberikan kesan mewah selama berada di dalam CRETA. Ditambahkan juga dengan Ventilated Seat yang memungkinkan pengguna untuk mengatur suhu dan kesejukan pada kursi.

Multi information displaynya CRETA dibekali Full TFT LCD Meter Cluster berukuran 10,25 inci dengan tampilan digital yang bisa memberikan akses ke berbagai pengaturan fitur kenyamanan, termasuk pengaturan warna tampilan pada panel instrument cluster. Unit tersebut juga dapat berubah saat menyesuaikan mode berkendara atau driving mode.

Dari entertainment unit, CRETA dilengkapi dengan layar Display Audio berukuran 8 Inch dengan berbagai fitur dan dapat terhubung ke smartphone. Perangkat ini terhubung ke 8 (delapan) unit speaker BOSE Premium Sound System yang memberikan suara jernih dan kenyamanan yang sempurna.

Performa

Dari segi performa, CRETA dilengkapi dengan mesin bensin Smartstream 1.5L yang dilengkapi dengan sistem transmisi manual 6-percepatan atau Intelligent Variable Transmission (IVT). Fitur tersebut memungkinkan mobil ini memaksimalkan efisiensi bahan bakar dan secara bersamaan memberikan pengalaman berkendara yang lebih mulus dan responsif.

Dengan teknologi tersebut memungkinkan CRETA mencapai tenaga maksimum hingga 115 ps/6.300 rpm dengan torsi maksimum hingga 143,8 Nm/4.500 rpm. CRETA juga memiliki empat jenis mode berkendara atau Drive Mode untuk membantu menentukan gaya berkendara yang paling sesuai, yaitu Eco, Comfort, Smart, dan Sport.

Fitur Keamanan & Hyundai SmartSense

Hyundai CRETA juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan seperti Hill-Start Assist Control (HAC), Emergency Stop Signal (ESS) dan Vehicle Stability Management (VSM). Hyundai CRETA juga dilengkapi dengan Hyundai SmartSense.

SmartSense adalah sistem bantuan pengemudi Hyundai yang diciptakan untuk memberikan

keamanan dan kenyamanan. Sistem ini akan terus memantau area sekitar dan membantu memberikan keamanan lebih dari potensi bahaya pada saat mengemudi.

Salah satu fitur dari Hyundai SmartSense adalah Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yaitu sebuah sistem yang secara otomatis memperingatkan potensi risiko tabrakan dari depan. Selain itu, ada pula Lane Keeping & Lane following Assist (LKA & LFA) yang akan membantu mobil tetap berada di dalam marka jalan melalui informasi visual dan audio.

Fitur keselamatan juga ditingkatkan dengan adanya Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) yang mampu mendeteksi dan memantau kendaraan yang datang dari belakang untuk menghindari potensi tabrakan. Sistem keamanan ini juga mencakup situasi saat pelanggan melakukan parkir paralel.

Selanjutnya terdapat juga Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) yaitu fitur yang berfungsi saat mobil melakukan posisi parkir mundur yang akan mendeteksi kendaraan yang mendekat dari kiri atau kanan belakang, memberikan peringatan audio, dan secara otomatis mengaktifkan rem bila diperlukan.

Teknologi

Lebih lanjut, Hyundai Motors Indonesia juga menghadirkan teknologi inovatif terbarunya yaitu Hyundai Bluelink. Teknologi ini memungkinkan pelanggan untuk selalu terhubung dengan mobil mereka melalui smartphone.

Hyundai Bluelink juga memberikan akses penuh kepada pemilik CRETA untuk fitur-fitur penting, seperti mengetahui kondisi kendaraan saat ini, menghidupkan/mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci/membuka kunci pintu, menyalakan klakson, menyalakan/mematikan lampu, untuk mengetahui di mana kendaraan diparkir.

Teknologi ini juga akan menyediakan keamanan dan kenyamanan, karena melalui Hyundai Bluelink, pelanggan dapat memperoleh akses ke berbagai fitur canggih, seperti Stolen Vehicle Notification & Stolen Vehicle Tracking.

Fitur-fitur tersebut kemudian juga didukung oleh Stolen Vehicle Immobilization, ACN (Auto Collision Notification), tombol SOS/Emergency Assistance, dan Roadside Assistance (RSA).

Teknologi ini juga telah dilengkapi dengan Manual/Automatic Diagnostic Report yang secara otomatis akan melakukan diagnosa jika terjadi kejanggalan pada mobil.

Selain itu, Bluelink juga memiliki Geo-Fence Notification, Speed Notification, Time-Fence Notification, Valet Mode dan Idling Time Notification.

Keunikan dari CRETA adalah pelanggan bisa memilih fitur dari CRETA ketika membeli satu unit mobil ini karena adanya My Own CRETA. Layanan spesial ini khusus disediakan untuk varian Trend dari CRETA.

Hyundai CRETA juga memiliki beragam program penjualan maupun layanan purna jual yang menarik, di antaranya Hyundai Owner Assurance Program, Pre-booking Benefits (November 2021 - January 2022), dan Smart Deal Financing.

Terdapat 4 (empat) tipe Hyundai CRETA yang tersedia, yaitu: Active, Trend, Style, dan Prime (OTR Jakarta):

- Hyundai CRETA Active MT 6-speed: IDR 279,000,000

- Hyundai CRETA Trend MT 6-speed: IDR 299,000,000

- Hyundai CRETA Trend IVT: IDR 319,000,000

- Hyundai CRETA Style IVT: IDR 359,000,000

- Hyundai CRETA Prime IVT: IDR 397,500,000

- Hyundai CRETA Prime IVT Two Tone Roof: IDR 399,000,000

Untuk informasi lebih lanjut soal Hyundai CRETA bisa dilihat di tautan berikut ini. Sedangkan untuk informasi soal My Own CRETA di platform Click-to-Buy dapat diakses melalui website resmi HMID, www.hyundai.com/id/id. (bgh/adv)