Hasil Survei soal Teknologi di ASUS OLED, Seperti Apa Responsnya?

- - detikNews
Minggu, 24 Okt 2021 00:00 WIB
adv
VivoBook Ultra 15 OLED (K513) (Foto: ASUS)
Jakarta - detikcom baru-baru ini melakukan sebuah survei dengan metode kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui pandangan pengguna laptop terhadap teknologi layar ASUS OLED. Survei tersebut dilakukan pada bulan Agustus yang lalu.

Hasil dari survei tersebut menemukan sebanyak 66,50% responden berada di depan layar laptop selama 5-10 jam setiap harinya. Walau begitu, 68,10% responden mengaku tahu akan bahaya yang dapat diberikan oleh radiasi sinar biru yang dipancarkan oleh layar laptop.

Selain itu, 66,50% responden setuju adanya radiasi cahaya biru di laptop juga mempengaruhi pilihan mereka dalam memilih model laptop.

Di sisi lain, para responden juga menuturkan kualitas warna dan detail visual pada layar laptop sangat penting untuk menunjang aktivitas mereka. Alhasil, 80,20% responden pada survei ini setuju akan hal tersebut.

Memang, faktor-faktor tersebut menjadi beberapa alasan orang dalam memilih laptopnya. Untuk itu, ASUS menjawab keinginan para responden tersebut dengan menghadirkan teknologi layar laptop ASUS OLED.

adv

ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) (Foto: ASUS)

Laptop yang sudah menggunakan layar ASUS OLED hadir dengan kualitas visual terbaik dan diciptakan untuk para profesional di industri kreatif, sehingga tampilan layarnya lebih jernih dan ciamik. Tak hanya itu, ASUS OLED juga mampu mengurangi tingkat radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata hingga 70%. Hasilnya, mata pengguna laptop dengan layar ASUS OLED tidak akan mudah letih.

Meski begitu, pada awalnya 48,70% responden tidak tahu akan teknologi layar ASUS OLED dan 40,10% responden juga tidak mengetahui teknologi HDR. Namun, setelah diberikan informasi mengenai kelebihan ASUS OLED di dalam survei, 90,60% dari responden tertarik untuk menggunakan teknologi layar laptop teranyar dari ASUS ini.

adv

ZenBook Pro 15 OLED (UX525) (Foto: ASUS)

Oleh karena itu, detikcom kembali melakukan sebuah survei kualitatif kepada 10 orang yang sudah menggunakan laptop yang menggunakan ASUS OLED. Secara keseluruhan laptop ASUS OLED mendapatkan review yang baik dari pengguna

Dari kualitas layar, 9 dari 10 user setuju ASUS OLED tidak membuat kelelahan atau ketidaknyamanan mata saat menggunakannya selama bekerja seharian. Tingkat brightness dan warnanya juga sesuai sehingga mampu membuat mata nyaman.

10 dari 10 user juga setuju laptop ini mampu memberikan kenyamanan pada saat menonton video hingga film dengan layar yang memberikan detail visual baik dari segi warna maupun gambar. Mereka juga setuju layar ASUS OLED merupakan fitur esensial untuk membantu keseharian mereka dalam bekerja maupun hiburan.

9 dari 10 user juga setuju produktivitas mereka sebagai content creator di dunia digital meningkat, sebab mereka nyaman lebih lama berada di depan laptop, karena kualitas dari layar ASUS OLED. Para user juga takjub dengan performa dari ASUS OLED yang sangat mumpuni

ASUS OLED juga memiliki fitur-fitur yang membantu para content creator untuk menghasilkan sebuah konten. Fitur tersebut antara lain tingkat reproduksi warna yang sangat tinggi berstandar industri dengan color gamut 100% DCI-P3.

ASUS OLED juga memiliki tingkat akurasi warna terbaik yang tersertifikasi PANTONE Validated Display, serta dukungan teknologi HDR terbaik dengan rasio kontras hingga 1:1.000.000. Semuanya membantu content creator untuk menciptakan karya terbaik.

Content creator juga mengatakan laptop dengan layar ASUS OLED menjaga kesehatan mata, tidak menyebabkan mata lelah dikarenakan ada teknologi Eye Care bersertifikat TÜV Rheinland. Bagi content creator, laptop dengan layar ASUS OLED sangat ideal digunakan dalam jangka panjang tanpa khawatir akan menimbulkan kerusakan yang fatal pada mata.

adv

ZenBook 13 OLED (UX325) (Foto: ASUS)

Didukung fitur HDR, laptop dengan layar ASUS OLED dapat menghadirkan gambar dengan warna yang sangat jelas dan kaya. Mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR True Black, layar ASUS OLED mampu menampilkan warna hitam yang sebenarnya, sehingga ideal untuk menciptakan konten terbaik atau menikmati berbagai sajian multimedia dengan nuansa menonton seperti di bioskop.

Beberapa laptop yang telah mengadopsi teknologi layar ASUS OLED dan telah tersedia saat ini adalah ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513), ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582), ZenBook Pro 15 OLED (UX535), dan ZenBook 13 OLED (UX325).

VivoBook Ultra 15 OLED (K513), ASUS membekali laptop ini dengan prosesor hingga 11th Intel® Core™ i5 dan Intel® Iris® Xe graphics. ASUS juga membekali laptop ini dengan RAM bawaan berkapasitas 8GB yang masih bisa di-upgrade hingga 24GB.

VivoBook Ultra 15 OLED (K513) juga dibekali dengan teknologi NanoEdge display yang menampilkan bezel ultra-tipis sehingga laptop ini tampil dengan screen-to-body ratio hingga 85% untuk pengalaman visual yang lebih imersif.

Sedangkan ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) dibekali dengan layar sentuh beresolusi 4K. Laptop ini juga hadir dengan layar kedua ScreenPad™ Plus yang juga dilengkapi dengan fitur touchscreen beresolusi 4K.

ScreenPad™ Plus memungkinkan pengguna laptop ini untuk melakukan multitasking secara lebih nyaman dan telah dilengkapi dengan software yang dapat menghadirkan panel kontrol khusus untuk aplikasi editing dari Adobe, seperti Photoshop, Lightroom, After Effect, dan Premiere.

Laptop ini juga didukung hingga prosesor 10th Gen Intel® Core™ i9 high performance processor dan GPU NVIDIA® GeForce RTX™ 3070.

Di sisi lain, ZenBook Pro 15 OLED (UX535) dilengkapi dengan layar ScreenPad™ 2.0 yang revolusioner. Sementara di bagian jeroan laptop ini ditanami hingga 10th Gen hingga Intel® Core™ i7 high performance processor dan GPU NVIDIA® GeForce® GTX 1650 Ti.

Laptop ini juga dibekali layar berukuran 15,6-inci, beresolusi 4K, dan mengusung teknologi NanoEdge Display dengan screen-to-body ratio hingga 88%.

Ada juga ZenBook 13 OLED (UX325) yang memiliki berat hanya 1,14 kg dengan profil setipis 13,9 mm. Meski tipis dan mungil, laptop ini tetap memiliki port HDMI, Thunderbolt™ 4 USB-C®, USB Type-A dan microSD card reader.

Soal performa, laptop ini dibekali Prosesor hingga 11th Gen Intel® Core™ i7 yang telah dilengkapi dengan chip grafis terintegrasi Intel® Iris® Xe yang powerful untuk kebutuhan sehari-hari namun sangat hemat daya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai teknologi canggih ASUS OLED dan jajaran laptop ASUS OLED, Anda bisa cek di sini. (-/-)