DetikNews
Rabu 18 April 2018, 00:00 WIB

Sering Longsor, Basarnas Bangun Pos SAR di Tasikmalaya

Kabar Basarnas - detikNews
Sering Longsor, Basarnas Bangun Pos SAR di Tasikmalaya Basarnas mendirikan pos SAR baru di Tasikmalaya (Foto: Dok Basarnas)
Jakarta -

Basarnas mendirikan pos SAR baru di Tasikmalaya. Pos SAR baru ini langsung diresmikan oleh Kepala Basarnas Marsekal TNI M Syaugi.

Pendirian pos baru ini dilatarbelakangi wilayah Tasikmalaya yang rawan musibah dan bencana, khususnya wilayah Priangan Timur.Potensi kerawanan itu meliputi longsor, gunung meletus, gempa bumi, banjir, dan tsunami.

Adapun sarana pada pos baru ini meliputi kendaraan rescue car, peralatan SAR, water rescue, high angle rescue, montenering. Akan ada juga perahu untuk evakuasi korban tenggelam di Tasikmalaya Selatan dan daerah Pantai Selatan.

Sering Longsor, Basarnas Bangun Pos SAR di Tasikmalaya

Basarnas mendirikan pos SAR baru di Tasikmalaya (Foto: Dok Basarnas)

Pihak SAR menyatakan terima kasihnya kepada Pemda Tasikmalaya karena sudah difasilitasi lahan. Diharapkan dengan adanya Pos SAR ini petugas bisa merespons lebih cepat saat bencana datang, membantu penanganan korban bencana, serta mempersingkat waktu evakuasi.

Selain itu dengan berdirinya Pos SAR dapat mempererat sinergitas antarinstansi di bidang pencarian dan pertolongan sehingga masyarakat lebih merasa aman dan tenang.

Jika dibutuhkan, masyarakat bisa menelepon bebas pulsa ke pos ini dengan nomor 115 atau 0265-7541115.


(adv/adv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed