DetikNews
Rabu 27 Desember 2017, 00:00 WIB

Kembali Hadir, Bitcoin SegWit2X Jamin Pemegang BTC Terima B2X

advertorial - detikNews
Kembali Hadir, Bitcoin SegWit2X Jamin Pemegang BTC Terima B2X
Jakarta -

SegWit2x atau segregated witness, merupakan update pada sistem Bitcoin Utama yang dimaksudkan untuk mengatasi masalah pembatasan ukuran blok yang mengurangi kecepatan transaksi Bitcoin, setelah sempat dinyatakan suspend pada awal November lalu. Namun Bitcoin SegWit2X dikabarkan akan muncul kembali dengan hard fork pada 28 Desember 2017.

Di beberapa bursa berjangka, fork ini sudah diperdagangkan dan dapat dicek pergerakannya di https://coinmarketcap.com/. Lalu biayanya bertambah hingga tiga kali lipat, setelah adanya pengumuman dimulainya kembali proyek tersebut.

SegWit2X sendiri muncul akibat pengembang program Bitcoin yang mengusulkan untuk upgrade ukuran blok dan meningkatkan skalabilitas Bitcoin. Faktanya, semakin tingginya transaksi Bitcoin membuat blockchain semakin terbebani.

Setiap blok hanya bisa menampung 1MB. Data menjadi semakin lambat karena volume transaksi jauh melebihi daya tamping blok. Akibatnya, konfirmasi menjadi lebih lama karena butuh beberapa blok agar input dimasukkan dalam blok dan disimpan dalam blockchain.

Segwit hadir kembali bersama tim pengembang baru yang beranggotakan 4 orang dan dipimpin oleh Jaap Terlow yang merupakan pimpinan startup dan penambang Bitcoin. Block No. 501451 direncanakan diproduksi pada 28 Desember 2017. Hal ini sekaligus menjadi kado Natal untuk seluruh komunitas kripto.

Tim pengembang yang berpengalaman menyatakan mereka akan melanjutkan kegiatannya berdasarkan peluncuran proyek yang ditangguhkan pada situsnya. Namun perdagangan berjangka masih dilakukan di sejumlah bursa kripto dengan harga mendekati 0.01 BTC. Selain menetapkan Segregate Witness, tim pengembang juga telah menetapkan:

- Peningkatan ukuran blok hingga 4MB
- Kecepatan transaksi 2,5 menit
- Format alamat yang unik
- Perhitungan ulang kompleksitas setiap blok
- Perlindungan terhadap transaksi berulang
- Menggunakan alogaritma enskirpsi X11

Berikut perubahan positif yang direncanakan:

- Kode offline
- Dukungan untuk lightning network, transaksi instan
- Zksnark
- Ethereum smart contracts
- Transaksi anonim.

Selama hard fork di blok 501451, Bitcoin SegWit2X tidak hanya menghidupkan kembali dirinya sendiri, tetapi juga akan membuat jaringan lebih baik. Selain itu, Bitcoin SegWit 2X menjamin semua pemegang BTC akan menerima Bitcoin baru Swgwt2x dengan rasio 1: 1 jika mereka menyimpan dana di bursa yang sudah ditentukan pada saat fork. Akan ada juga kemungkinan untuk mendapatkan koin dengan mengekstrak kunci pribadi di dompet Bitcoin Swgwt2x. Tetapi pilihan ini baru akan tersedia beberapa saat setelah diadakan pengujian.

Selain itu Fork tersebut sudah didukung beberapa perubahan seperti:

- Munculnya hitBTC yang akan mendukung kerja BTC hard fork dan IGNIS airdrop.

- Perkaran dengan jumlah yang sangat besar dengan omzet lebih dari USD 1 miliar per hari yang dapat dilakukan antaranya di link berikut : https://exrates.me; https://yobit.net; https://zumminer.com; dan www.webmoney.ru, bitcoin.co.id

Jika dompet pertukaran bitcoin tidak mendukung fork ini dan tidak menghasilkan uang dari pengguna, itu berarti menjadi tanggung jawab pengguna sendiri. Untuk itulah dukungan dari masyarakat pengguna kripto sangat penting terhadap sistem ini jika semua orang ingin mendapatkan bonus tahun baru.

Untuk ikuti perkembangan Bitcoin SegWit2X di sini atau media sosial SegWit2x Https://Bitcointalk.org/index.php?Topic=2595620, Https://t.me/Segwit2_X, dan Https://twitter.com/Segwit_2X, https://m.facebook.com/Segwit2xReload/.


(adv/adv)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed