DetikNews
Selasa 20 Juni 2017, 00:00 WIB

Hobi Balap? Perhatikan Teknik Menikung yang Gesit dan Aman

Advertorial - detikNews
Hobi Balap? Perhatikan Teknik Menikung yang Gesit dan Aman Yamaha All New R15 / Foto: dok. Yamaha Indonesia
Jakarta -

Bagi orang yang gemar memacu adrenalin, balap motor menjadi salah satu hobi yang pas untuk didalami. Jika itu memang hobi Anda, maka tidak tak asing dengan teknik menikung saat balapan.

Ada teknik menikung yang harus Anda ketahui agar kendaraan gesit dan tetap aman mengendarainya. Perlu diketahui, menikung atau dikenal dengan cornering adalah salah satu faktor pendukung menangnya pembalap.

Utamanya, Anda membutuhkan keseimbangan yang mumpuni. Lalu pastikan pandangan mata fokus ke arah tujuan.

Ketika hendak menikung, arahkan motor dari sisi luar lintasan. Setelah terlihat tikungan, lakukan ancang-ancang dengan menuju sisi dalam lintasan. Teknik yang dikenal dengan nama out to in ini akan memberikan Anda ruang dan sudut pandang luas saat menikung.

Sebaiknya jangan menambah atau mengurangi kecepatan sepeda motor secara tiba-tiba, dengan kata lain harus stabil. Jika mau mengerem, maka lakukan dengan halus dan secara perlahan.

Kemudian sebisa mungkin tidak melakukan perpindahan gigi karena memungkinkan motor jatuh. Hal ini bisa terjadi karena roda tidak siap dengan perubahan yang terjadi tiba-tiba.

Apalagi untuk pengendara motor sport, disarankan tidak menarik tuas kopling ketika menikung. Ini dikarenakan bisa membuat pengendara kehilangan kontrol.

Untuk makin memaksimalkan hobi balap, hendaknya Anda memilih motor super sport yang tepat. Yamaha All New R15 bisa menjadi jagoan balap Anda. Rangka deltabox yang dilengkapi dengan New Design Alumunium Rear Arm serta bobot yang ringan menjadikan pengendalian motor sangat stabil.

Yamaha All New R15 / Foto: dok. Yamaha IndonesiaYamaha All New R15 / Foto: dok. Yamaha Indonesia Foto: adv yamaha


Hebatnya lagi, ada fitur Assist and Slipper Clutch yang membuat pengoperasian kopling sangat ringan dan membuat perpindahan gigi lebih halus. Jadi pengendara semakin nyaman ketika mengoperasikan kopling dan akselerasinya lebih cepat.

Saat mengendarai All New R15, Anda juga akan mendapatkan pengalaman balap yang seru karena mesin barunya sangat responsif. Perpindahan giginya bahkan bisa dilakukan dengan mudah ketika motor dalam akselarasi maksimum.

Mengerem pun lebih maksimal karena dilengkapi Wide Front Disc Brake. Rodanya dibuat tapak lebar sehingga handling makin lebih sempurna.

Tidak hanya dari segi mesinnya yang mumpuni, All New R15 menjadi motor andalan karena sangat irit bahan bakar. Sebab motor ini dilengkapi dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA).

Untuk dipakai balap pun, All New R15 akan memberi kesan gagah dan elegan. Desain bodinya ramping dan aerodinamis.

Cek keunggulan All New R15 lainnya di sini.


(ad/ad)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed