DetikNews
Selasa 23 Desember 2014, 00:00 WIB

Mau Beli Smartphone Baru? Cek Dulu Kapasitas Memorinya

- detikNews
Mau Beli Smartphone Baru? Cek Dulu Kapasitas Memorinya
Jakarta -

Banyak orang yang lupa memperhatikan detail spesifikasi ketika membeli sebuah smartphone. Belakangan barulah mereka mengeluhkan smartphone-nya itu lemot atau sering hang. Ini dikarenakan smartphone tersebut biasanya memiliki kapasitas memori terbatas.

Padahal sebuah smartphone butuh memori yang cukup besar agar seluruh aplikasi dapat berjalan dengan lancar. Apalagi umumnya aplikasi sekarang boros memori. Sebut saja Path, Firefox, Facebook, YouTube, Gmail dan Yahoo! Mail.

Padahal aplikasi-aplikasi tersebut termasuk yang paling penting dan sering digunakan orang-orang jaman sekarang. Jika satu smartphone hanya bisa di-install beberapa aplikasi, tentu fungsinya jadi tidak maksimal.

Perlu dipahami bahwa di dalam smartphone ada dua jenis memori berbeda. Fungsinya pun berbeda. Pertama, ROM alias memori untuk menyimpan OS, aplikasi dan data. Sebaiknya sebuah smartphone memiliki memori internal di atas 4GB dan slot micro SD eksternal agar bisa ditambah.

Kedua, RAM alias memori untuk menjalankan aplikasi. Semakin besar RAM yang ada di smartphone maka semakin cepat aplikasi dijalankan. RAM besar juga mendukung aktivitas multimedia berat seperti memutar video HD, main game 3D dan sebagainya. Sebaiknya RAM smartphone berukuran di atas 512MB.

Smartphone yang punya memori penyimpanan dan RAM berkapasitas cukup besar tentunya akan lebih siap menyambut kehadiran layanan jaringan 4G LTE di Indonesia. Dengan spesifikasi smartphone yang mumpuni dan kecepatan akses data super cepat, melakukan apa pun jadi lebih mudah.

Tunggu kehadiran Zap, 4G – 64 Bit.


(adv/adv)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed