5 Tips Hemat Belanja Bulanan biar Nggak Kalap & Bikin Kantong Jebol

5 Tips Hemat Belanja Bulanan biar Nggak Kalap & Bikin Kantong Jebol

Advertorial - detikNews
Kamis, 01 Des 2022 00:00 WIB
adv
Foto: Shutterstock
Jakarta - Belanja merupakan salah satu kegiatan yang penuh dengan godaan, apalagi jika dilakukan awal bulan tepat setelah gajian. Kadang-kadang bisa membuat lupa diri dan mengeluarkan lebih banyak uang dari yang seharusnya.

Barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan seringkali diborong dan barang penting malah terlupa. Untuk itu, perlu siasat agar kegiatan belanja bulanan tidak menjadi sebuah ajang pemborosan.

Bagi yang suka kebablasan saat belanja bulanan, berikut 5 tips yang bisa membantu menekan pengeluaran agar belanja menjadi lebih hemat.

1. Bandingkan Harga

Tidak semua produk dijual dengan harga yang sama, meski produknya serupa. Karena itu, selalu bandingkan harga produk kamu butuhkan sebelum membelinya.

Hal ini sangat penting, karena barang yang sama bisa saja dijual dengan harga berbeda. Misalnya saja beras, minyak goreng, telur dan lain-lain. Faktor-faktor seperti merek, kuantitas hingga musim biasanya mempengaruhi harga jual produk-produk tersebut.

Dengan jeli dalam membandingkan harga dan promosi yang ada , kamu bisa mendapatkan produk yang dibutuhkan dengan harga yang lebih murah.

2. Beli dalam Jumlah Banyak

Khusus untuk produk-produk yang dikonsumsi secara rutin setiap hari, seperti beras, minyak goreng dan bumbu dapur, sebaiknya langsung dibeli dalam jumlah banyak. Selain menghemat waktu, kamu juga bisa menghemat ongkos yang dikeluarkan karena tidak perlu bolak-balik ke supermarket membeli barang.

3. Jadi Member Toko

Saat ini, banyak toko maupun supermarket yang menawarkan membership atau keanggotaan. Salah satu keuntungan menjadi member adalah mendapatkan beragam potongan harga serta promo menarik seperti penukaran poin, membeli produk dengan belanja produk dan lain-lain.

Seperti menjadi member Alfamart yang memiliki banyak keuntungan, selain poin reward , ada harga special untuk produk tertentu , dan banyak sekali program berhadiah yang bisa diikuti oleh member.

4. Hindari Makanan Siap Saji

Kamu tentunya pernah melihat supermarket menjual makanan siap saji seperti sandwich, bento, salad dan lain-lain. Makanan-makanan seperti ini sering kali membuat tergoda karena praktis dan bisa disantap tanpa perlu repot.

Namun, makanan siap saji biasanya dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Karena itu, membeli bahan makanan yang bisa diolah menjadi beberapa hidangan lebih baik ketimbang makanan siap saji yang hanya sekali santap.

5. Manfaatkan Diskon dan Cashback

Toko atau supermarket sering mengadakan diskon untuk menarik perhatian konsumen, apalagi di tanggal-tanggal tertentu seperti akhir atau awal bulan. Manfaatkan kesempatan ini untuk membeli barang-barang kebutuhan bulanan kamu.

Selain diskon, supermarket tertentu juga kerap mengadakan promo cashback untuk setiap pembelian dengan nominal tertentu. Dengan adanya promo cashback ini, belanja bulanan tentunya bisa menjadi lebih hemat.

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menghemat pengeluaran saat belanja bulanan. Selalu manfaatkan setiap penawaran dan promo yang ditawarkan oleh toko atau supermarket untuk bisa menekan pengeluaran sebesar mungkin.

Misalnya saja seperti program Bukti Kasih Untuk Anda (BKUA) dari Alfamart. Lewat program ini, kamu bisa mendapatkan cashback pada setiap pembelian produk sponsor dan produk terpilih di program Cashback Extra Pasti Dapat (CEPAT) di Alfamart & Alfagift.

Bukti Kasih Untuk Anda

Program ini berlaku dari 16 November hingga 31 Desember 2022. Selama periode program, kamu bisa mendapatkan voucher cashback pada setiap pembelian produk sponsor dengan nominal tertentu baik atas transaksi di toko Alfamart atau transaksi online di Alfagift. Voucher tersebut bisa kamu temukan di bagian bawah struk belanja untuk transaksi di toko alfamart dan bisa ditukarkan di toko Alfamart, untuk belanja lewat aplikasi Alfagift cashback yang diperoleh bisa di lihat di menu Voucher , dan bisa di tukar pada pembelanjaan berikutnya di Alfagift, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Promo cashback ini berlaku untuk berbagai kategori, mulai dari snack, personal care, kebutuhan bayi (kecuali susu bayi di bawah umur 1 tahun), produk kecantikan dan perawatan tubuh, dan masih banyak lagi lainnya. Eitss, voucher cashback-nya juga cukup besar loh, sampai dengan Rp 15.000.

Maka dari itu, jangan sampai ketinggalan promo cashback program Bukti Kasih Untuk Anda dari Alfamart ini ya. Yuk, belanja kebutuhan bulanan di Alfamart ataupun Alfagift dan dapatkan cashback yang melimpah! (adv/adv)