Siapa Bilang Mengambil Foto Estetis Itu Sulit? Begini Tips & Triknya

Samsung - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 00:00 WIB
adv samsung
Foto: Shutterstock
Jakarta - Siapa sih yang tidak suka foto-foto? Kegiatan seru yang satu ini memang sudah menjadi hobi yang digandrungi banyak orang di seluruh dunia.

Bahkan, para generasi Z dapat memanfaatkan hobi foto-foto untuk menciptakan konten dan menjadi terkenal. Karena itu tidak heran jika mereka berlomba-lomba menciptakan foto-foto yang unik, menarik, dan estetis untuk di-upload ke media sosial.

Mungkin banyak dari kalian yang berpikir menciptakan foto yang estetis itu sulit. Namun, dengan teknik yang tepat kamu bisa menghasilkan foto estetis kapan pun dan di mana pun, bahkan di tempat dengan kondisi yang tidak mendukung.

Penasaran bukan? Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips-tips yang bisa kamu terapkan agar foto hasil jepretan kamu selalu tampak estetis.

1. Gunakan Pencahayaan Alami

Ini merupakan salah satu hal krusial yang perlu kamu perhatikan saat mengambil foto. Pencahayaan dapat menjadi faktor yang membedakan antara sebuah mahakarya dan kegagalan.

Misalnya saja cahaya lampu flash, yang dapat menurunkan tingkat saturasi warna dari objek yang kamu foto. Jika kamu ingin menciptakan foto estetis yang colorful, maka cahaya flash adalah musuh terbesar kamu.

Jika kamu ingin foto hasil jepretan tampak lebih vibran dan penuh warna, maka cahaya matahari pada pukul 9 pagi adalah pencahayaan yang kamu butuhkan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menciptakan foto bernuansa sendu dan melankolis dengan memanfaatkan pencahayaan saat matahari tenggelam.

2. Tentukan Tema

Banyak dari content creator di media sosial seperti Instagram dan Pinterest setia pada satu tema saat mereka mengambil foto. Dalam dunia fotografi, sesuatu yang konstan lebih sering dinikmati ketimbang hal random yang hanya sesekali menarik perhatian.

Karena itu hal ini kerap menjadi aturan tidak tertulis dalam menciptakan foto dan konten yang estetis. Itulah sebabnya banyak fotografer dan content creator memilih satu tema yang menjadi ciri khas mereka.

3. Pilih Angle Terbaik

Sama dengan pencahayaan, angle atau sudut pandang juga merupakan faktor penting dalam mengambil foto. Satu objek yang sama dapat menghasilkan kualitas foto yang berbeda jika diambil dari angle yang berbeda pula.

Definisi angle terbaik biasanya berbeda-beda pada setiap orang. Karena itu kamu harus bereksperimen berkali-kali untuk dapat menemukan angle yang tepat dan sesuai untuk hasil foto yang kamu inginkan.

4. Jangan Takut Edit Foto

Banyak yang berpikir bahwa editing merupakan sesuatu yang haram dan merusak keindahan asli dari sebuah foto. Padahal, sedikit sentuhan pada warna, exposure, dan pencahayaan bisa meningkatkan kualitas dan estetika dari foto yang diambil.

Editing juga bisa meningkatkan ketajaman foto dan menciptakan ilusi bahwa kamu menggunakan kamera profesional, meski pada kenyataannya kamu mengambil foto tersebut menggunakan kamera smartphone biasa.

5. Jelajahi Fitur Kamera yang Kamu Miliki

Bagi para penikmat fotografi yang gemar menjepret dengan kamera smartphone, mengetahui fitur-fitur apa saja yang dimiliki oleh kamera smartphone dapat mendukung kamu dalam menghasilkan foto yang diinginkan.

Apalagi, smartphone zaman sekarang sudah dilengkapi sejumlah fitur kamera yang membuatnya tidak kalah dengan kamera profesional. Dengan segudang kelebihan di genggaman tangan, kamu bisa mengambil foto estetis kapan pun dan di mana pun dengan mudah.

Jika kamu sedang mencari smartphone yang dapat mengeskpresikan hobi foto yang kamu miliki, maka Samsung Galaxy S21 FE 5G adalah salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan.

adv samsungFoto: Samsung

Dengan Triple Pro Grade Camera yang terdiri dari 12MP kamera Ultra Wide, 12MP kamera Wide Angle, dan 8MP kamera Telephoto kamu bisa menciptakan foto-foto estetis dengan mudah. Tidak lupa kamera selfie 32MP yang akan membuat kualitas swafoto kamu lebih superior dan realistis.

Kamera canggih Galaxy S21 FE 5G juga didukung berbagai fitur penunjang lain, seperti Mode Portrait yang bisa memberikan efek dramatis dengan background pilihan pada foto, dan AI Photo Remaster yang dapat meningkatkan kualitas foto lama menjadi lebih epic.

Galaxy S21 FE 5G juga memiliki fitur Object Eraser yang dapat menghilangkan manusia atau benda yang tidak diinginkan pada background, sehingga foto yang ambil tampak lebih terfokus pada objek yang diambil.

Untuk yang suka berkreasi di malam hari, Galaxy S21 FE 5G dilengkapi dengan fitur Night Mode yang dapat mengambil foto bahkan di tempat dengan pencahayaan yang minim. Menciptakan foto estetis di malam hari sekarang tak lagi jadi soal.

Galaxy S21 FE 5G pun sudah diperkuat dengan beragam teknologi terkini seperti chipset Exynos 2100, layar Dynamic AMOLED 2X refresh rate 120Hz, serta all-day battery 4.500mAh Super Charging berdaya 25W yang bakal mendukung berbagai aktivitas kamu kapan pun dan di mana pun.

Samsung Galaxy S21 FE 5G dibanderol dengan harga Rp 8.999.000 untuk varian 128GB dan Rp 9.999.000 untuk varian 256GB. Samsung juga memberikan kemudahan dengan opsi cicilan 0% dan konsumen dapat melakukan tukar tambah smartphone Samsung Galaxy lama atau smartphone lain untuk ditukarkan dengan Galaxy S21 FE 5G.

Jadi buat para Gen Z yang mencari smartphone berkelas flagship dengan harga yang terjangkau untuk menemani keseharian gaming, maka Galaxy S21 FE 5G menjadi salah satu seri yang sayang untuk kamu lewatkan! Dapatkan Samsung Galaxy S21 FE 5G di link berikut ini. (-/-)