Ramah Lingkungan, Sido Muncul Raih Penghargaan Industri Hijau 2021

Advertorial - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 00:00 WIB
adv
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat (kiri) bersama GM Lingkungan Sido Muncul Hadi Hartojo saat menunjukan Sertifikat Industri Hijau di Kantor Sido Muncul Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (30/11/2021). Foto: Dea Duta Aulia/detikcom
Jakarta - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul (Tbk)kembali meraih Penghargaan Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian. Penghargaan tersebut merupakan keempat kalinya secara berturut-turut diraih oleh Sido Muncul.

General Manager (GM) Lingkungan Sido Muncul Hadi Hartojo, menjelaskan dalam ajang bergengsi tersebut, ada tiga aspek yang diperhitungkan oleh Kementerian Perindustrian yakni teknis, produksi, dan manajemennya. Dari ketiga aspek tersebut, Hadi mengatakan, Sido Muncul sukses meraih nilai yang sangat memuaskan.

"Ketiganya ini dinilai, kita keluar dengan nilai di atas 92," kata Hadi saat ditemui di Kantor Sido Muncul, Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (30/11/2021).

Kesuksesan Sido Muncul dalam meraih pencapaian tersebut tidak terlepas dari berbagai inovasi dan komitmen perusahaan untuk memberikan perhatian terhadap kelestarian lingkungan.

Hadi Hartojo menambahkan dalam menjalankan roda bisnis, Sido Muncul tak hanya memperhatikan aspek keuntungan saja, namun emisi dari proses produksi, pengelolaan limbah, kelestarian lingkungan juga mendapatkan perhatian yang serius.

"Untuk sumber daya alam ini kan sudah menjadi konsen terhadap sumber daya alam. Kita tidak hanya memproduksi namun juga memperhatikan emisi, pengelolaan limbahnya gimana, dan pengelolaan lingkungannya seperti apa," kata Hadi.

Dalam proses produksi misalnya, Sido Muncul selalu melakukan efisiensi mulai dari penggunaan air, listrik, hingga bahan bakar. Dengan menjalankan langkah tersebut, menurut Hadi, bukan hanya aspek ekonomi yang didapatkan, namun juga memberikan efek positif terhadap lingkungan.

Sementara itu, untuk pengelolaan limbah, Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat menjelaskan pihaknya memanfaatkan limbah padat sebagai salah satu sumber energi untuk menunjang kegiatan produksi.

advFoto: Dea Duta Aulia/detikcom

Penggunaan energi terbarukan yang digunakan oleh Sido Muncul tak hanya memanfaatkan limbah produksi. Perusahaan yang terkenal dengan produk Tolak Angin ini juga menggunakan panel surya sebagai sumber energi yang lebih ramah lingkungan.

Menurut Irwan, penggunaan panel surya tak terlepas dari realisasi komitmen Sido Muncul untuk menjaga kelestarian lingkungan.

"Kita memasang solar panel di pabrik Sido Muncul (Semarang). Ini sudah mulai bisa beroperasi di akhir tahun ini atau paling telat awal tahun depan," katanya.

Irwan menambahkan penggunaan energi terbarukan memberikan banyak efek positif seperti mengurangi beban penggunaan listrik yang bersumber dari bahan tak ramah lingkungan, serta tidak menghasilkan emisi gas buang sehingga lebih ramah lingkungan.

Terakhir, Irwan Hidayat memastikan pihaknya akan selalu berusaha untuk selalu menggunakan energi terbarukan demi tercapainya lingkungan yang bersih.

"Harapan kita, saat ini, goal itu mengurangi listrik makanya kita memasang solar panel itu untuk mengurangi pemakaian beban listrik. Kami akan terus berusaha menggunakan bahan bakar terbarukan," jelas Irwan Hidayat.

Upaya lainnya juga dengan mengadakan community development program (program pengembangan masyarakat) di sekitar pabrik Sido Muncul. Langkah tersebut sengaja dilakukan agar masyarakat sekitar pabrik merasakan manfaat langsung dari keberadaan pabrik Sido Muncul.

"Kami lakukan pada masyarakat sekitar yakni dengan community development program. Di mana membangun lingkungan kami ini supaya masyarakat (sekitar pabrik) mendapatkan dampak positif dari keberadaan kami. Kami membangun desa buah, rempah, dan wisata," pangkasnya. (adv/adv)