Kisah Sukses Konten Kreator Manfaatkan Platform TikTok Shopping

Advertorial - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 16:00 WIB
ADV TIKTOK
Foto: Shilvia Tan
Jakarta - Semakin terbiasanya masyarakat untuk berbelanja secara online, berbagai platform digital pun mulai menyediakan beragam cara seru untuk berbelanja, termasuk TikTok. Platform dengan lebih dari 240 juta pengguna di Asia Tenggara ini menghadirkan solusi TikTok Shopping yang menampilkan kolaborasi brand dan kreator dalam mendongkrak penjualan produk.

Pada platform ini, peran kreator tidak main-main, sebab mereka memanfaatkan interaksi yang dinamis bersama pengguna lainnya untuk melakukan review produk, menarik respon langsung selama live, dan memberikan berbagai promo menarik. Kegiatan live stream sales ini pun dimanfaatkan oleh kreator untuk lebih mengenal pengikutnya serta membangun loyalitas pengguna.

Selama Harbolnas tahun ini, mulai dari 9.9, 10.10, hingga 11.11, ada banyak kreator yang sudah berkolaborasi dengan brand untuk menghadirkan sesi live stream sales yang seru. Keseruan livestream ini bahkan bisa membantu meningkatkan GMV hingga 439% selama livestream di program TikTok Shopping 11.11 yang baru berakhir minggu lalu.

Total livestream yang dilakukan selama periode tersebut mendapatkan 97 juta views dan durasi livestream mencapai 40,000 jam. Hal ini didukung oleh keseruan voting yang dilakukan pengguna untuk memilih kreator livestreamer favorit mereka, dengan begitu para kreator bisa membangun fanbase mereka di TikTok.

Program TikTok Shopping juga telah menampilkan banyak kreator yang memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing dalam melakukan livestream sales, mulai dari kreator untuk produk rumah tangga, kecantikan, hingga teknologi.

Banyak kreator ini yang merupakan orang biasa, namun dengan konten yang interaktif dan relatable, membuat mereka diikuti banyak pengguna lain, termasuk pada saat livestream di TikTok Shopping.

Salah satunya adalah kreator Shilvia Tan dengan akun shilvia_tan1688. Ia mengurus anak balita sambil menjalankan bisnis beauty brand IPPEUNE miliknya, membuat Shilvia mencari berbagai cara untuk bisa mengurus kebutuhan rumah tangganya.

Ia pun seringkali memberikan tips atau lifehacks, yang akhirnya menjadi ciri khas kontennya. Tips yang relatable dan disampaikan dengan cara kreatif ini pun membuat pengguna ingin ikut mencoba produk rumah tangga dan perawatan tubuh yang Shilvia promosikan.

Konten kreatif Shilvia ini berhasil ditangkap oleh tim TikTok dan ia pun terpilih untuk menjadi salah satu kreator yang bisa mengikuti program inkubasi TikTok Shopping. Sudah ada banyak brand yang berkolaborasi dengan Shilvia, mulai dari Mito, Aceskin, Deerma, dan lainnya.

Shilvia pun terpilih menjadi kreator paling populer di TikTok Shop. Pada saat TikTok Shopping 10.10, sesi livestreaming Shilvia bisa mendapatkan 184 ribu views, dan menjual 5,000 produk serta membukukan total Rp 342 juta penjualan.

ADV TIKTOK

Foto: Fahira Amira

Kreator lain yang suka membagikan tips kesehariannya adalah Fahira Amira. Dengan gaya yang santai dan apa adanya, Fahira yang juga seorang aktris dan entrepeneur ini, gemar memberikan tips dan review produk lifestyle serta kecantikan yang juga ia gunakan sehari-hari. Banyak pengikut setia konten livestream review dari Fahira yang juga sering dibarengi dengan banjir diskon menarik.

Dengan mendapatkan dukungan dari tim TikTok di program TikTok Shopping, personal branding Fahira menjadi lebih kuat, dan ia pun bisa memperoleh lebih banyak pengikut serta meningkatkan kepercayaan viewers terhadap produk rekomendasinya.

Selain itu, melalui program TikTok Shopping bagi kreator, Fahira bisa lebih mudah terhubung dengan brand ternama yang cocok dengan personal branding Fahira sebagai beauty influencer. Sudah ada banyak brand yang berkolaborasi dengan Fahira, termasuk juga L'Oreal dan Wowbeauty.

ADV TIKTOK

Foto: Tasya Farasya

Kreator lainnya yang berhasil membangun audiens di TikTok Shopping adalah Tasya Farasya. Beauty influencer terkenal ini kerap membagikan review terpercaya untuk berbagai produk skincare dan makeup.

Dengan passion ingin membantu para perempuan menemukan produk terbaik dan tepat untuk tampil cantik, Tasya pun sering mencoba berbagai produk kecantikan, dan membawanya mendapat julukan Queen of Makeup. Sudah ada banyak brand yang berkolaborasi dengan Tasya, antara lain Maybelline, MAC, LA Girl, Wardah, dan masih banyak lagi.

ADV TIKTOK

Foto: Kohcun

Untuk urusan produk teknologi, nama kreator Kohcun sudah banyak dikenal. Dengan tagline 'Kalau Kohcun lagi Live, semua HP, semua gadget jadi murah!', Kohcun kerap memberikan review menarik tentang gadget dan produk teknologi terbaru.

Bukan hanya itu, Kohcun bahkan memberikan berbagai promo menarik bagi pengguna. Setelah bergabung dengan TikTok Shopping, Kohcun berhasil mendapatkan hampir 300 ribu followers baru dalam jangka waktu 5 bulan.

Konten reviewnya yang menarik dan informatif ini membuat banyak brand ingin berkolaborasi dengan Kohcun, antara lain brand JD.id, Infinix, Oppo, dan Akulaku. Kohcun berhasil menjadi salah satu kontributor GMV utama di program TikTok Shopping, termasuk saat 11.11 saat ia mengalami peningkatan GMV tiga kali lipat dibandingkan periode lainnya. Ia pun membantu banyak brand untuk dikenal oleh masyarakat dan mempromosikan penjualan.

Masih banyak kreator lainnya yang sangat menginspirasi lewat pencapaian mereka pada live streaming event di TikTok Shopping! Selain berhasil memecahkan rekor penjualan, kreator juga memperluas kerjasama dengan brand, dan berhasil membangun kepercayaan dari audiens.

Untuk mendapatkan informasi terkini mengenai program TikTok Shopping, ikuti akun resmi TikTok Indonesia.

(adv/adv)