Unilever Indonesia Sinergikan Purpose Perusahaan, Brand, & Konsumen

Advertorial - detikNews
Rabu, 18 Agu 2021 16:30 WIB
adv unilever
Foto: Dok. Unilever Indonesia
Jakarta - Di masa penuh ketidakpastian seperti sekarang ini, Unilever Indonesia mengajak masyarakat untuk tetap menjadi heroes dengan menyebarkan kebaikan melalui cara sederhana, misalnya dengan memilih brand yang baik dan memberikan manfaat positif bagi kita, keluarga, dan Indonesia. Ajakan disampaikan Unilever Indonesia melalui kampanye Every U Does Good atau Setiap U Beri Kebaikan.

Dalam menentukan brand, konsumen harus cerdas memilih produk dan brand yang memberi kebaikan pada lingkungan dan masyarakat dengan memperhatikan empat hal.

Pertama adalah sumber bahan baku. Apakah bahan baku yang digunakan dalam produk tersebut berasal dari sumber yang bertanggung jawab. Kedua, apakah produk tersebut memberi manfaat sosial atau manfaat kepada masyarakat.

Ketiga, apakah produk tersebut memiliki upaya pelestarian lingkungan. Keempat, apakah produk tersebut memiliki purpose yang nyata.

Adapun kampanye ini sejalan dengan strategi global 'The Unilever Compass' yang menjadi dasar komitmen Unilever Indonesia untuk terus menjadi perusahaan yang purpose-led dan future-fit. Dalam hal ini, Unilever Indonesia percaya bahwa bisnis memiliki peran untuk menjadi bagian dari solusi atas permasalahan yang dihadapi dunia, termasuk permasalahan lingkungan sosial.

Diketahui, ada tiga fokus pilar kebaikan dalam 'The Unilever Compass' untuk diterapkan oleh brand-brand Unilever yang telah menjadi bagian dari keseharian masyarakat Indonesia.

adv unilever

Foto: Dok. Unilever Indonesia

Pertama adalah pilar lingkungan lebih lestari yang menjadi fokus brand Love and Beauty Planet serta Rinso.

Love and Beauty Planet mendukung upaya pelestarian lingkungan dengan menggunakan 100% botol daur ulang pada kemasannya. Produk ini juga mengajak masyarakat ikut menjaga planet dimulai dari hal-hal yang sederhana setiap harinya seperti merawat diri.

Sementara itu, produk Rinso telah mengurangi penggunaan plastik melalui berbagai inovasi, salah satunya peluncuran produk dalam kemasan hasil daur ulang baru-baru ini. Rinso juga mengajak konsumen untuk mengurangi penggunaan plastik melalui kampanye 'Yuk, Mulai Bijak Plastik'.

Pilar selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Fokus pada pilar ini dipenuhi oleh Lifebouy yang mendukung edukasi cuci tangan, Pepsodent yang mendukung edukasi perawatan gigi, dan Vaseline yang fokus pada perawatan dan kesehatan kulit.

adv unilever

Foto: Dok. Unilever Indonesia

Masih di pilar kedua, ada produk Royco yang mengedukasi orang tua untuk memasak menu lezat bergizi, Buavita untuk gaya hidup sehat, Dove agar perempuan lebih percaya diri, SariWangi yang memfasilitasi keharmonisan pasangan, Wall's yang mampu menghadirkan kebahagiaan di Indonesia, dan Clear sebagai pendukung bagi anak muda dalam mengasah diri.

Pilar terakhir dalam upaya kebaikan yang diusung Unilever Indonesia adalah kontribusi untuk mewujudkan masyarakat yang lebih adil dan inklusif. Produk-produk yang mendukung pilar ini, yakni Bango yang mengembangkan praktik pertanian berkelanjutan, Rexona untuk mendukung masyarakat Indonesia aktif bergerak, Sunsilk sebagai pendukung pengembangan diri perempuan, Glow & Lovely yang memberikan beasiswa kepada perempuan Indonesia, dan Sunlight untuk mendorong wanita menjadi pengusaha makanan.

Dengan memilih produk yang memiliki purpose, maka konsumen juga bisa menjadi heroes. Hal ini karena secara langsung konsumen turut berkontribusi dalam upaya-upaya berkelanjutan untuk memberikan dampak baik kepada lingkungan dan masyarakat.

Unilever percaya bahwa perubahan yang baik bagi masyarakat dan lingkungan bisa didapatkan dengan tujuan mulai dari brand sekaligus masyarakat tersebut.

(adv/adv)