Ini Cara Paling Murah Putus Rantai COVID-19

Advertorial - detikNews
Rabu, 24 Mar 2021 00:00 WIB
adv mayora
Foto: Shutterstock
Jakarta - Sudah setahun lebih virus Corona menjadi pandemi di Tanah Air. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk memutus rantai penyebarannya, salah satunya dengan protokol 5M.

5M merupakan cara paling ampuh dan paling murah yang bisa diterapkan oleh seluruh masyarakat Indonesia untuk menghentikan penyebaran COVID-19. Sejumlah daerah pun telah menerapkan protokol kesehatan 5M untuk warganya.

Lalu, apa saja sih 5M tersebut? berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Memakai Masker

Masker merupakan senjata utama untuk melawan penyebaran COVID-19. Sebab, virus berbahaya tersebut bisa menyebar melalui udara maupun droplet lewat percikan dari mulut orang yang diajak bicara dalam jarak dekat. Masker yang dinilai bagus untuk tangkal COVID-19 di antaranya masker N95, masker bedah, dan masker KN95 atau KF94.

2. Mencuci Tangan

Droplet juga bisa jatuh ke permukaan benda sekitar, ketika kamu menyentuh benda-benda sembarangan, dan tangan tersebut digunakan untuk menyentuh mata, mulut, hingga hidung, virus Corona bisa saja menyebar. Untuk itu, mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer perlu dilakukan lebih sering.

3. Menjaga Jarak

Cara penyebaran virus Corona lewat droplet sebelum menyentuh permukaan bisa terjadi, yaitu ketika terhisap oleh orang yang ada di lingkungan berjarak dekat. Sehingga, menjaga jarak minimal 2 meter juga sangat penting untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

4. Menjauhi Kerumunan

Menjauhi kerumunan juga penting dilakukan, terutama ketika berada di luar rumah. Ingat, semakin banyak dan sering kamu bertemu orang, kemungkinan untuk terinfeksi virus Corona yang tak tampak bisa semakin tinggi.

5. Mengurangi Mobilitas

Bila tidak ada keperluan mendesak, lebih baik tetap berada di rumah. Meskipun sehat dan tak ada gejala penyakit, belum tentu kamu pulang ke rumah dengan keadaan yang masih sama. Ingat selalu virus Corona bisa menyebar dan menginfeksi seseorang dengan cepat.

Selain protokol kesehatan 5M, cara lainnya untuk menangkal virus Corona adalah dengan menjaga daya tahan tubuh tetap prima. Salah satunya dengan mengonsumsi JaeJae yang mengandung ekstrak jahe asli. Jahe asli dipercaya dapat menjaga daya tahan tubuh, mematikan virus flu tertentu, dan manfaat kesehatan lainnya.

adv mayoraFoto: Dok. JaeJae

Kini, kamu bisa merasakan manfaat jahe asli dengan lebih praktis dan mudah dalam produk JaeJae. JaeJae terbuat dari ekstrak jahe asli, bisa langsung dikonsumsi dan dikemas dalam kemasan yang higienis sehingga pas di kantong.

Kamu bisa dapatkan promo spesial JaeJae di Tokopedia yaitu beli 2 gratis 1 cuma Rp 13.400, murahhhh bangetttt! Buruan beli di sini jangan sampai kehabisan, hari ini masih promo lohh!

(adv/adv)