Peringati Hari AIDS, Pemkab Bojonegoro Minta Warga Rangkul ODHA

Advertorial - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 21:35 WIB
Foto: dok. Pemkab Bojonegoro
Foto: dok. Pemkab Bojonegoro
Jakarta - Pemkab Bojonegoro memperingati Hari AIDS Sedunia 2019 dengan melakukan berbagai kegiatan yang bekerja sama dengan rumah sakit dan puskesmas Kabupaten Bojonegoro. Ketua Pelaksana, Jhony Noor mengatakan rangkaian peringatan HAS adalah upaya untuk membangun stigma masyarakat terhadap Orang Dengan HIV dan AIDS (ODHA) tidak untuk dijauhi atau dihindari.

"ODHA masih memiliki hak dan kewajiban sosial yang sama seperti kita. Bahkan kita harus dapat men-support yang dicita-citakan," ujar Jhony pada saat acara peringatan HAS 2019 di Ruang Angling Dharma, Bojonegoro, Rabu (4/12/2019).

Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto dalam sambutannya menyampaikan penularan HIV AIDS tidak terjadi melalui kontak sosial, jadi masyarakt tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

"Tidak perlu ada kekhawatiran dalam bersosialisasi dengan ODHA, karena penanggulangan bersama dapat dilakukan oleh kita semua. Dimulai dari penemuan, penanganan, pengobatan dan pendampingan," tuturnya.

Budi juga berpesan agar puskesmas maupun rumah sakit meningkatkan inovasi dalam upaya penemuan dini dan pengobatan HIV. Sehingga penyebaran HIV dapat ditekan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kab. Bojonegoro, Totok Ismanto menjelaskan 36 puskesmas di Kabupaten Bojonegoro sudah dapat melakukan tes HIV AIDS. 2 Puskesmas dan 1 Rumah Sakit di Bojonegoro, di antaranya Puskesmas Baureno dan Puskesmas Kalitidu, serta RS Sosondoro telah memfasilitasi tes gratis, tenaga medis yang terlatih menangani ODHA dan Peralatan yang telah memadai.

Peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) tahun 2019 yang dilaksanakan Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Kesehatan bekerja sama dengan rumah sakit dan puskesmas di Kabupaten Bojonegoro pada Rabu (4/12). Sebelumnya telah diselenggarakan talk show, sosialisasi dan solidaritas oleh ODHA di beberapa radio, sekolah, kampus dan CFD.

Acara yang dilaksanakan di Ruang Angling Darma dihadiri Wakil Bupati Bojonegoro, Forpimda, Yayasan Mahameru Jatim dan ODHA (Orang Dengan HIV dan AIDS) di Bojonegoro. (adv/adv)