detikNews
Jumat 13 September 2019, 00:00 WIB

Bukan di Luar Negeri, Resort Murah tapi Mewah Ini Ada di Jakarta

Advertorial - detikNews
Bukan di Luar Negeri, Resort Murah tapi Mewah Ini Ada di Jakarta Infinity pool di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu (Foto: detikcom/Akfa Nasrulhak)
Jakarta -

Sebagai Ibu Kota negara, Jakarta memiliki potensi besar di bidang industri pariwisata. Salah satu destinasi wisata yang cukup besar adalah Ancol Taman Impian yang terletak di utara Kota Jakarta.

Berbagai atraksi wisata disuguhkan oleh Ancol Taman Impian antara lain theme park Dunia Fantasi, waterpark Atlantis Water Adventure, edutainment park Ocean Dream Samudra, oceanarium Sea World Ancol dan berbagai atraksi menarik lainnya. Namun selain semua destinasi rekreasi tersebut, Ancol juga menyediakan fasilitas penunjang kegiatan rekreasi yang bisa memenuhi kebutuhan berbagai kegiatan seperti meeting, event, wedding, gathering, exhibition hingga convention.

Masyarakat Indonesia mungkin sudah familiar dengan Putri Duyung Resort Ancol. Memiliki 131 unit cottage dengan berbagai ukuran dan kapasitas, penginapan ini merupakan satu-satunya resort yang berada di tepi laut Jakarta. Selain cottage, Putri Duyung juga memiliki gedung serbaguna (multi purpose hall) menghadap laut dengan kapasitas ribuan orang yang dapat digunakan sebagai tempat pernikahan, workshop, seminar, wisuda dan lainnya. Fasilitas terbaru Putri Duyung Resort adalah infinity pool yang akan menambah pengalaman bermalam di utara Jakarta semakin menyenangkan.

"Kita selalu berinovasi untuk menghasilkan nilai tambah bagi para tamu, contohnya infinity pool ini, baru dua hari nih selesai. Ini kalau senja, foto-foto di sini itu serasa di Bali. Padahal ini Jakarta, jadi kita nggak usah jauh-jauh ke Bali, ini ada di Jakarta, infinity pool," ujar General Manager Resort Ancol, John Ramos Butarbutar kepada wartawan dalam acara Gathering Partner di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Selasa (11/9/2019).

Dalam kegiatan gathering ini, Ramos mengajak seluruh partner baik media maupun agen travel mencicipi kemewahan dari 3 unit bisnis resort di bawah naungan PT Pembangunan Jaya Ancol. Di antaranya ada Allianz Ecopark, sebuah taman terbuka hijau yang merupakan hasil pengalihfungsian lapangan golf seluas 32 hektare. Taman ini memiliki wahana edukasi bernama Learning Farm dan juga sebuah kebun binatang mini bernama Faunaland Ancol sebagai pelengkap atraksi.

Menariknya, kebun binatang mini Faunaland Ancol ini hanya diisi dengan binatang-binatang unik dan langka. Misalnya saja Kura-kura yang berumur 76 tahun, burung cendrawasih, burung bayan, kambing gunung, kuda poni, kuskus putih dan masih banyak lainnya. Selain melihat ragam binatang langka, para pengunjung pun bisa sambil menikmati fasilitas river safari cruiser dengan mengelili kebun binatang di atas perahu. Untuk bisa menikmati fasilitas ini pengunjung dikenakan biaya Rp 25 ribu saja. Jika dengan tiket masuk maka menjadi Rp 90 ribu untuk weekdays dan Rp 100 ribu untuk weekend.

Tak cuma kebun binatang, tempat liburan keluarga atau anak-anak sekolah ini juga menyajikan pengalaman bagaimana bertani, beternak hingga membajak sawah. Secara langsung para pengunjung bisa menikmati suasana seolah di pedesaan dalam area Learning Farm. Paket pembelajaran ini dibanderol mulai dari Rp 75 ribu -125 ribu per orang, tergantung dari pembelajaran apa saja yang diinginkan.

Selain itu, di Allianz Ecopark juga menjadi pilihan tempat untuk menggelar berbagai event karena terdapat 6 venue dengan kapasitas mulai dari 150 hingga 30 ribu orang. Biasanya venue tersebut mampu mengakomodir event-event konser musik.

Beranjak sedikit dari daratan Jakarta, Ancol Taman Impian juga mengelola sebuah resort di salah satu pulau di Kepulauan Seribu yaitu Pulau Bidadari Resort. Pulau seluas 6 hektare ini merupakan salah satu gugusan pulau yang terdekat dengan Teluk Jakarta dan dapat ditempuh selama 15-20 menit saja.

Saat ini Pulau Bidadari memiliki 43 Cottage dengan konsep 'Gateway To Batavia' yang kental dengan unsur budaya Jakarta tempo dulu dan dipadukan dengan teknologi. Saat memasuki pulau Bidadari, para pengunjung akan disambut dengan tarian khas betawi dari para bidadari yang mengenakan pakaian adat Jakarta. Semakin lengkap dengan adat, adanya petasan sesaat ketika tamu mulai berjalan ke gerbang utama.

Selain itu, mereka juga akan dijamu layaknya tamu istimewa dengan minuman khas Jakarta, yakni bir pletok. Bir tersebut memang sangat aman dan tidak beralkohol karena dibuat dari campuran jahe. Usai disambut dengan gaya khas betawi tempo dulu, pengunjung sudah merasa seperti di Jakarta zaman dulu saat memasuki gerbangnya. Bangunan-bangunan yang khas dengan gaya Belanda, Batavia hingga Tionghoa menjadi cottage andalan dari pulau tersebut.

Bukan di Luar Negeri, Resort Murah tapi Mewah Ini Ada di JakartaSalah satu cottage bernuansa Tionghoa tempo dulu (Foto: detikcom/Akfa Nasrulhak)

"Kita bangun cottage-cottage di pulau tersebut, ada yang satu cluster dengan gaya Belanda, ada yang gaya Betawi, ada yang gaya Tionghoa. Itu gayanya lama, tapi bangunannya tentu modern," ujarnya.

Berkeliling sedikit ke arah area timur pulau, pengunjung akan menemukan bangunan bersejarah, yakni Benteng Martello. Tersusun dari bata-bata merah, benteng ini dibangun sekitar tahun 1600-an oleh Belanda. Benteng ini dibangun untuk memantau pergerakan musuh sekaligus untuk mempertahankan diri dari serangan musuh. Maklum, saat itu Belanda sedang tidak akur dengan Inggris.

Sejarah mencatat, Inggris pernah menyerang pulau ini pada tahun 1800 dan menghancurkan semua bangunan, termasuk Benteng Martello. Namun benteng ini ternyata tak sepenuhnya luluh lantak. Masih ada dinding yang tegak berdiri hingga saat ini.

"Pulau Bidadari itu bulan Maret kita buka, itu bikin konsepnya batavia lama. Di situ ada ruang meeting, restoran kemudian ada peninggalan sejarah di situ berupa benteng, jadi umpanya kalau masyarakat ke sana, selain untuk berlibur, mereka juga bisa belajar sejarah juga," ujar Ramos.

Tak cuma benteng bersejarah, dekat area tersebut juga terdapat sarang burung elang bondol. Burung ini merupakan maskot dari DKI Jakarta, dan memang sudah mulai terancam punah.

"Ini untuk segala usia, bisa untuk anak-anak sekolah yang ingin mengenal sejarah, bagi orang tua yang ingin mengenang masa lampau, ataupun pasangan baru yang di pulau makin mesra," tambahnya.

Pulau Bidadari juga terdapat sarana dan prasarana penunjang aktivitas seperti futsal mini, basket, tenis meja hingga tempat karaoke. Selain itu, sama seperti di Putri Duyung Resort, juga terdapat infinity pool yang akan membuat suasana seperti berada di Bali.

Tak cuma untuk liburan keluarga dan pasangan muda, Pulau Bidadari juga bisa menjadi pilihan bagi perusahaan yang ingin mengadakan meeting atau berbagai acara. Karena dilengkapi dengan ruang meeting yang mampu menampung hingga ratusan orang.

Bukan di Luar Negeri, Resort Murah tapi Mewah Ini Ada di JakartaSalah satu aktivitas sport water di Pulau Bidadari (Foto: detikcom/Akfa Nasrulhak)

Untuk atraksinya, Pulau Bidadari juga menyajikan banyak paket perjalanan wisata yang tentunya memanjakan wisatawan di antaranya adalah One Day Tour, Island Hopping, Snorkeling, hingga staycation.

"Untuk atraksinya kita ada watersport, itu ada banana boat, flying dutch. Kemudian kita juga bisa sambil wisata ke pulau-pulau di sekitar Pulau Bidadari. Jadi nginapnya di pulau kita, terus jalan-jalannya ke pulau-pulau lain, itu bisa kita siapkan," ujarnya.

"Jadi ini paket lengkap, wisatawan tinggal tunggu di gerbang Ancol lalu kita antar ke Pulau Bidadari, Habis itu mereka menginap, bermain nanti kita akan antar kembali lagi ke Marina Ancol," tambahnya.

Menuju Pulau Bidadari maupun pulau di Kepulauan Seribu lainnya juga bisa dilakukan melalui Dermaga Marina Ancol. Memiliki 22 dermaga, Marina Ancol selain menjadi tempat sandar kapal pribadi maupun instansi, juga melayani penyebrangan menuju Kepulauan Seribu setiap hari.

Tak lupa memanjakan kaum milenial yang hobinya update status di Instagram, dengan backgrond foto unik, di pulau ini juga terdapat banyak spot foto instagramable.

"Soal instagramable kita akan terus berinovasi, khususnya untuk menyasar kaum milenial yang suka foto dan upload. Rencananya strategi kita untuk menarik wisatawan itu kita tahun depan akan membuat restoran terapung di tengah laut," ujarnya.

Melalui berbagai fasilitas tersebut, Ramos berharap Ancol Taman Impian dapat memenuhi kebutuhan kegiatan maupun aktivitas bisnis seluruh masyarakat Jakarta, Indonesia dan mancanegara.


(adv/adv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com