detikNews
Minggu 21 Juli 2019, 00:00 WIB

4 Tips Ampuh Berburu Mobil Baru dan Berkualitas Saat Pameran

Advertorial - detikNews
4 Tips Ampuh Berburu Mobil Baru dan Berkualitas Saat Pameran Foto: Shutterstock
Jakarta -

Promosi besar-besaran dengan iming-iming hadiah yang lebih banyak, membuat setiap pameran otomotif menjadi salah satu pilihan tepat untuk memilih kendaraan baru.

Membeli kendaraan saat pameran memang lebih menarik dibanding mengunjungi showroom. Karena biasanya, beberapa produsen berlomba-lomba menyediakan beragam promo dan hadiah untuk menggaet konsumen.

Salah satu event pameran mobil yang paling ditunggu-tunggu adalah Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 (GIIAS), yang akan segera digelar pada 18-28 Juli 2019 di ICE BSD City, Tangerang. Pameran otomotif berskala internasional ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk dapat memilih kendaraan baru.

Namun, membeli mobil di pameran harus memiliki persiapan yang matang. Untuk itu, ada beberapa strategi yang harus dipersiapkan sebagai konsumen, agar waktu Anda mengunjungi pameran tersebut tidak malah membuat Anda rugi.

1. Cari Mobil Sesuai Kebutuhan

Membeli mobil tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila mobil menjadi suatu keputusan yang bulat, berikutnya adalah memperhatikan tipe mobil yang yang memang sesuai kebutuhan.

Seiring perkembangan kebutuhan masyarakat, tentu setiap orang memiliki kebutuhan berbeda. Para produsen mobil pun terus berupaya mengeluarkan model sesuai kebutuhan, baik itu untuk keperluan sehari-hari, bertualang, atau pun untuk gaya.

Pada dasarnya, untuk memilih mobil yang tepat, maka tentukan terlebih dulu tujuan penggunaan mobil yang akan Anda pergunakan. Setelah itu, barulah Anda mesti mencari informasi mengenai kendaraan yang Anda butuhkan tersebut, sebelum mendatangi pameran. Agar semakin matang, datanglah bersama keluarga, agar mendapat keputusan bulat untuk membeli kendaraan yang sesuai.

Selain itu, yang paling penting adalah membeli mobil juga harus berdasarkan kemampuan finansial Anda. Pastikan bahwa Anda telah menyusun anggaran keuangan terlebih dahulu. Jangan sampai harga mobil yang Anda beli di luar batas kesanggupan. Agar ke depannya Anda mampu membayar cicilan setiap bulannya, atau biaya bahan bakar hingga pajak tahunan.

2. Cek Diskon dan Promo

Saat datang ke pameran, manfaatkanlah promo atau diskon terhadap mobil idaman Anda. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang diskon atau promo mobil idaman Anda.

Agar lebih matang lagi, sebelum datang ke pameran, Anda harus berbekal informasi produk yang cukup, agar Anda juga bisa lebih menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, jika sudah mengetahui informasi promo yang berlaku selama pameran, Anda punya lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan diskon besar.

Tak kalah penting juga, Anda harus selektif memilih tenaga penjual. Pasalnya, hal itu berpengaruh terhadap kesempatan Anda mendapatkan diskon besar. Tenaga penjual senior biasanya lebih leluasa untuk memberikan diskon yang lebih besar ketimbang tenaga penjual yang masih muda atau junior.

Jadi, cobalah untuk mencari tenaga penjual yang terlihat lebih senior ketika Anda akan bertanya tentang mobil incaran di booth merek mobil tersebut. Pastikan Anda mendapat hadiah lebih dibandingkan Anda membeli di dalam showroom. Siapa tahu Anda beruntung dan bisa bawa pulang mobil impian dengan harga miring.

3. Cek Tipe Mobil yang Mirip/Sekelas, Bandingkan Fiturnya

Saat membeli mobil di pameran, Anda tak perlu terburu-buru memilih salah satu mobil incaran. Bandingkanlah lebih dari satu produk, karena para konsumen dapat melihat fisik produk secara langsung di pameran. Bahkan, Anda juga bisa memanfaatkan test ride saat pameran, sehingga bisa betul-betul merasakan kondisi kendaraan sesuai yang Anda harapkan.

Selain itu, hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli kendaraan baru adalah suku cadang. Pilih juga kendaraan yang memiliki after sales atau bengkel resmi. Agar memudahkan Anda merawat kendaraan.

4. Cek Pembiayaan dan Promonya

Terakhir, jika Anda akan membeli mobil secara kredit, cek pula pembiayaan dan promonya. Salah satunya melalui PT BCA Finance, selaku anak perusahaan PT Bank Central Asia (BCA) yang bergerak dibidang pembiayaan.

Selain menawarkan suku bunga yang sangat kompetitif, BCA Finance juga memberikan promo yang sangat menarik untuk calon konsumen dengan Program Kredit Mobil Gratis Asuransi 1 Tahun.

Pada program ini, BCA Finance memberikan gratis asuransi comprehensive di tahun pertama, sehingga konsumen cukup melakukan penutupan asuransi untuk tahun ke-2 dan selanjutnya. Dengan demikian, konsumen diberikan kemudahan untuk mewujudkan mobil impian dengan keringanan biaya asuransi.

Benefit yang akan dirasakan langsung oleh konsumen yaitu konsumen dapat berhemat senilai Rp 5,2 juta apabila membeli kendaraan dengan harga Rp 250 juta di wilayah Jakarta. Program ini dikhususkan untuk tenor 5 dan 6 tahun yang dikenal dengan nama fix and cap, untuk jenis kendaraan penumpang, dan berlaku untuk periode Juli-Agustus 2019.

Selain promo gratis asuransi, terdapat juga promo gratis penalty untuk konsumen yang melakukan pelunasan di percepat/Early Termination (ET) apabila mengambil program fix and cap 5 dan 6 tahun. Gratis biaya penalty ET akan berlaku apabila konsumen sudah melewati angsuran ke-36 untuk fix and cap 5 tahun dan angsuran ke-48 untuk fix and cap 6 tahun.

Dengan adanya beragam promo tersebut, ayo segera berburu mobil di event otomotif internasional yang sedang berlangsung di bulan Juli ini. Jangan lupa, lakukan transaksi kredit menggunakan BCA Finance.


(adv/adv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com