DetikNews
Kamis 09 Mei 2019, 00:00 WIB

Menghitung Hari, Kapan Ya Waktu yang Pas Untuk Mudik?

Advertorial - detikNews
Menghitung Hari, Kapan Ya Waktu yang Pas Untuk Mudik? Ilustrasi keluarga yang sedang merencanakan waktu yang tepat untuk mudik (Foto: dok. Shutterstock)
Jakarta -

Mudik menjadi tradisi yang dilakukan setiap tahunnya oleh sebagian masyarakat, bahkan tak sedikit yang beranggapan bahwa mudik identik dengan kata ramai, macet, dan tiket mahal. Anggapan seperti itulah yang membuat sebagian masyarakat bingung dalam menentukan kapan waktu terbaik untuk mudik. Walaupun penuh dengan perjuangan, mudik menjadi momen yang paling ditunggu untuk berkumpul bersama keluarga.

Nah, waktu terbaik mudik bisa ditentukan dari bagaimana menjalani mudik, apakah menggunakan transportasi umum atau menggunakan kendaraan pribadi. Untuk itu waktu tepat untuk mudik juga dapat dilihat dari faktor penunjang tersebut.

Pertama, jika Anda tergolong sebagai pengguna transportasi umum untuk mudik, ada baiknya memilih waktu saat pagi atau siang hari. Hal tersebut mengurangi kemungkinan terburuk yang akan terjadi, seperti kecopetan atau kehilangan kesadaran saat menjaga barang bawaan saat ramai.

Namun, jika Anda lebih senang menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya juga memilih waktu saat pagi atau siang hari, apalagi jika Anda menggunakan motor bersama keluarga. Selain itu, penglihatan juga lebih maksimal, selain itu beberapa bantuan darurat juga masih tersedia seperti posko kesehatan dan lain-lain.

Bahkan tingkat kejahatan juga lebih rendah dibanding berkendara saat malam hari. Walaupun ada beberapa masyarakat yang memilih berkendara di malam hari untuk menghindari macet saat mudik, namun tetap harus menjaga stamina dulu sebelumnya seperti cukup makan, mineral, dan cukup istirahat.

Kedua, waktu yang baik saat mudik yaitu tidak memilih saat puncak arus mudik. Puncak arus mudik biasanya hingga H-4 hingga H-2 sebelum lebaran. Untuk itu lebih baik Anda mempersiapkan jauh-jauh hari memesan tiket jika menggunakan transportasi umum. Selain itu juga mempersiapkan kesehatan terlebih jika menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, mungkin arus puncak mudik tidak begitu menjadi persoalan karena terdapat beberapa rest area dan posko kesehatan yang biasanya tersedia di beberapa titik perjalanan mudik. Selain itu, tak harus memikirkan atau pusing jauh-jauh hari dalam mencari tiket transportasi yang sewaktu-waktu bisa mengalami lonjakan harga yang signifikan.

Namun, bagi Anda yang belum mampu membeli mobil dan berniat mencari kendaraan pribadi khususnya untuk mudik lebaran, masih ada waktu. Memiliki mobil tidak harus membelinya secara tunai. Kredit menjadi salah satu solusi terbaik bagi Anda yang menginginkan kendaraan pribadi. Apalagi menjelang bulan Ramadan ini, BCA Finance memberikan promo gratis asuransi tahun pertama, untuk setiap pengajuan kredit mobil baru yang disetujui pada periode 25 April hingga 31 Mei 2019.

Untuk ketentuannya, BCA Finance menerapkan pengajuan kredit fix & cap tenor 5 dan 6 tahun. Kredit mobil gratis asuransi tahun pertama ini berlaku di Jabodetabek dan 18 kota lainnya, serta berlaku untuk mobil penumpang baru. Info lebih lanjut dapat menghubungi halo BCA di 1500888 atau Instagram @mybcaf.


(adv/adv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed