RuangGuru.com Berikan Solusi Pendidikan yang Tepat Untuk Guru dan Murid

Advertorial - detikNews
Senin, 23 Mei 2016 00:00 WIB
Jakarta -

Seringkali masalah pendidikan di Indonesia terpaku pada ketersediaan guru yang berkualitas. Banyak pihak yang berusaha memberikan solusi mengenai pendidikan dengan fokus hanya pada apa yang diberikan kepada pihak yang belajar, seperti murid. Namun, terkadang pihak-pihak tersebut luput dengan memberikan solusi yang seimbang untuk para pengajar atau guru. Maka dari itu, RuangGuru.com hadir memberikan solusi untuk memajukan pendidikan Indonesia dengan cara yang tepat.

Cikal bakal RuangGuru.com didirikan adalah untuk mencari guru yang berkualitas dan meningkatkan pendapatan guru. Salah satu permasalahan pendidikan Indonesia adalah susahnya mencari guru yang berkualitas, terutama untuk specific skills. Maka dari itu, RuangGuru.com hadir dengan menyediakan banyak pilihan kepada masyarakat untuk bisa mencari guru sesuai dengan budget mereka. RuangGuru.com menyediakan tenaga pengajar dengan biaya mulai dari Rp 50 ribu per jam sampai paling mahal sekalipun. Jadi, masyarakat yang kurang mampu untuk ikut bimbingan belajar, bisa tetap belajar sesuai dengan kemampuan mereka.

Kedua, misi RuangGuru.comadalah untuk meningkatkan pendapatan guru Indonesia. Pendidikan Indonesia masih sangat rendah, tetapi mengapa investment untuk para tenaga pengajarnya tidak diberikan sebesar itu. Ini dikarenakan dalam 10 hingga 20 tahun mendatang, penambahan dari pendapatan per bulan (incremental) tidak banyak. Beda jika bekerja di perusahaan profesional.

RuangGuru.com menyediakan beberapa pilihan sistem pengajaran. Pertama adalah private tutor marketplace, di mana hanya mempertemukan guru dan murid, tetapi sistem belajar dilakukan secara offline seperti di rumah murid. Jadi, guru yang akan datang ke rumah murid atau jika murid mau belajar di kafe, belajar mengajar akan diadakan di kafe. Untuk beberapa customer yang ada di luar negeri bisa menggunakan layanan online secara skype call.

Kini, RuangGuru.com sedang melakukan perpanjangan service yaitu aplikasi RuangGuru.com. Fungsinya on demand tutoring, di mana jika murid membutuhkan bantuan secepatnya pada belajar, bisa menggunakan aplikasi tersebut. Fungsinya adalah untuk belajar online.

"Jadi, nantinya ada anak SMA yang mengalami kesulitan mengerjakan soal matematika bisa langsung difoto soalnya, di-upload lewat Android dan secara langsung dihubungkan ke guru yang sedang online dan diajarkan langsung lewat chatting maupun audio call. Kami ada janji siswa, jadi kalau mau register ada janji siswa bahwa saya berjanji ini tidak digunakan untuk menyontek dan segala macam. Sistem gurunya tidak langsung memberi jawaban, jadi dasarnya dulu," tukas Maulana.

Bakti BCA dan Code Margonda mengundang sejumlah entrepreneur muda yang telah sukses menuangkan ide kreatifnya dalam memberikan nilai tambah bagi masyarakat pada Rabu (4/5) di Menara BCA. Di antaranya ada Maulana Muhammad selaku Business Development dari RuangGuru.com dan Winastawan Gora Swajati selaku Director & Founder Kalase dan sharing startup baru, Cozora. Turut hadir dalam acara ini yaitu Inge Setiawati selaku Sekretaris Perusahaan BCA, Sapto Rachmadi selaku Head of CSR BCA, dan Tommy Herdiansyah selaku Founder Code Margonda.

Bakti BCA mendukung penuh seluruh kegiatan yang mendorong lahirnya pebisnis-pebisnis muda, termasuk yang menaruh perhatian pada perkembangan dunia pendidikan. Sudah saatnya generasi muda memberikan nilai tambah melalui usaha yang mereka rintis. Potensi generasi muda sangat besar untuk berkiprah di jalur wirausaha karena bertumpu pada kekuatan kreativitas dan inovasi sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini.

BCA Senantiasa di Sisi Anda



(adv/adv)