Kekerasan Finansial Kian Marak, Kenali Apa Itu dan Cara Menanganinya

ABC Australia - detikNews
Kamis, 20 Agu 2020 14:30 WIB
Jakarta -

Pelecehan dan kekerasan finansial semakin banyak terjadi di tengah pandemi virus corona, apalagi jika Anda tinggal di Australia dan berikut penjelasannya.

Selama lima tahun hidup bersama, Rosie, bukan nama sebenarnya, tidak memiliki kendali atas pengelolaan keuangan keluarganya.

"Saya harus mempertanggungjawabkan uang yang pernah saya belanjakan dan secara teratur dicaci-maki dan diinterogasi," katanya.

Ini dialaminya sejak ia pindah untuk tinggal bersama pasangannya dan malah pasangannya yang menguasai pendapatan Rosie.

"Beberapa hari setelah saya pindah bersamanya, dia bersikeras agar saya menutup rekening bank saya dan hanya memiliki rekening bersama dengannya," katanya.

Situasi menjadi semakin parah ketika Rosie hamil anak pertama mereka.

"Dia sangat terobsesi untuk mengecek rekening kami, dia juga menggunakannya untuk mengetahui kemana saya pergi," jelasnya.

Baru setelah Rosie menghubungi layanan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), dia menyadari apa yang dilakukan pasangannya adalah sebuah pelecehan finansial.

Kehidupan warga Indonesia di tengah lockdown Melbourne

"Saya juga mulai melihat perilaku pada anak laki-laki saya yang mengkhawatirkan. Saya berpikir, 'Dia terkena dampak negatif dari apa yang dilihatnya.'"

Rosie senang bisa hidup mandiri lagi dan memilih berfokus membesarkan kedua anaknya yang masih kecil.

Namun sayangnya, mantan pasangannya terus menyiksanya secara finansial, dengan tidak memberikan kontribusi untuk biaya medis, gigi, dan sekolah anak-anak.

Ada pertanyaan tentang mengelola uang Anda?

Untuk Anda yang tinggal di Australia, jika Anda memerlukan tips mengatur anggaran, sedang menjalani hidup dengan pendapatan yang berkurang atau hanya sekedar ingin memahami apa yang terjadi dengan asuransi atau super Anda, kami siap membantu.

Beri tahu kami apa yang pertanyaan Anda dan kami akan melakukan yang terbaik untuk memberikan jawabannya.

Untuk mengajukan pertanyaan, cukup isi formulir di bawah ini dan tekan 'submit' atau kirim.

Jika Anda masalah yang dihadapi kemudian dipilih oleh jurnalis kami untuk diselidiki atau dijelaskan lebih lanjut, kami akan memberi tahu Anda.

Kami hanya memberikan informasi umum. Jika Anda membutuhkan nasihat selanjutnya, harap hubungi langsung agen pajak.

Diproduksi oleh Hellena Souisa dari artikel dalam Bahasa Inggris yang bisa baca di sini

(ita/ita)