Warga Indonesia di Australia Saling Bantu di Tengah Kesulitan Akibat Corona

ABC Australia - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 14:57 WIB
Canberra -

Pandemi COVID-19 telah menyebabkan warga yang ada di Australia, termasuk beberapa warga Indonesia, kehilangan pekerjaan mereka. Sejumlah warga Indonesia pun kini menawarkan bantuan bagi mereka yang terkena dampaknya.

Meliana Schoonens adalah salah satu warga Indonesia yang merasa iba melihat nasib para pemegang visa Work and Holiday Visa (WHV) di Kawasan Australia Utara, khususnya mereka yang kehilangan pekerjaan akibat pembatasan operasional sejumlah tempat.

Sejak pekan lalu, Meliana mengaku telah membagikan 77 kotak makanan Indonesia, yang ia masak sendiri, secara gratis.

"Saya lihat tulisan pemegang WHV di grup Whatsapp yang pusing karena kehilangan pekerjaan. Ini membuat saya berpikir, anak-anak ini waktunya terbatas dan akibat kejadian ini, mereka yang mayoritas casual harus kehilangan pekerjaan," katanya.

"Jadi saya berpikir, apa yang bisa saya lakukan untuk give back [berkontribusi] ke komunitas. Saya tidak punya apa-apa dan yang saya bisa lakukan adalah memasak."

Meliana dan suami

Meliana dan suami. Melalui tindakannya, Meliana berharap dapat menularkan ide untuk menolong sesama di tengah wabah COVID-19. (Supplied: Darwin Tjoea)

Ajakan ini diterima dengan baik oleh Dominic dan juga Konsulat Republik Indonesia (KRI) Darwin yang kini menyediakan layanan distribusi bagi bantuan dalam bentuk belanjaan keperluan sehari-hari ataupun donasi.

"Akhirnya kami putuskan yang mau membantu dengan cara memasak akan kami terima dan kami akan berusaha bantu distribusi kepada WHV dan mahasiswa yang terimbas PHK."

Ikuti perkembangan terkini soal pandemi virus corona di Australia hanya di ABC Indonesia

(ita/ita)